6 Bahan Alami Obat Herbal Asam Urat Tinggi

6 Bahan Alami Obat Herbal Asam Urat Tinggi

Obat herbal asam urat tinggi mengatasi secara alami sebagai penyembuhan alternatif yang tidak mengandung obat-obatan kimia. Biasanya, asam urat mulai bereaksi ketika makan makanan yang kurang tepat. Asam urat merupakan penyakit yang umum diderita oleh masyarakat Indonesi pada usia yang mulai beranjak senja.Oleh karena itu, makanan yang tepat sangatlah perlu diketahui untuk meminimalisir asam urat tinggi yang menyerang persendian.

Obat Herbal Asam Urat Tinggi

Penumpukan zat purin pada persendian merupakan faktor penyakit asam urat yang disebabkan oleh makanan yang kurang tepat, baik itu berasal dari hewan maupun makanan yang berupa tetumbuhan. Gejala yang umum terjadi adalah nyeri yang luar biasa di persendian, buang air kecil yang berkurang, pembengkakan hingga sakit ginjal. Oleh karena itu, penanganan asam urat tinggi perlu diperhatikan baik dengan mengkonsumsi obat herbal asam urat tinggi maupun membatasi makanan yang mengandung zat purin.

Asam urat yang tinggi biasanya disebabkan oleh makanan-makanan yang mengandung zat purin secara berlebihan. Zat-zat purin dalam jumlah yang cukup banyak berubah menjadi penumpukan ketika masuk ke dalam tubuh, sehingga meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh yang menyebabkan kerja ginjal kurang optimal. Akibatnya banyak kristal berlebih yang menumpuk di persendian dan menyebabkan nyeri sendi yang luar biasa dengan efeknya berupa panas, kaku, meradang dan membengkak.Baca: Obat Alami Asam Urat Dengan Herbal

Sidaguri
Sidaguri merupakan semacam tanaman yang bisa dimanfaatkan akarnya sebagai obat herbal asam urat tinggi. Memiliki nama lain Sida Rhombifolia, otok-otok, sadagori, kahindu serta siliguri, sidaguri mengandung banyak senyawa bermanfaat bagi penyembuhan penyakit asam urat tinggi. Akar sidaguri memiliki kandungan steroid dan aphredine yang mampu berfungsi sebagai anti-radang, peluruh kencing serta pembasmi rasa sakit yang biasa menyerang persendian pada penderita penyakit asam urat. 

Buah Ceri
Kandungan zat anti-inflamasi dan antosianin dalam buah ceri mampu mengurangi kadar asam urat berlebih dalam tubuh dengan cara kerja antosianin yang mampu mencegah pengkristalan asam urat pada persendian. Buah ceri mampu menetralkan zat asam dan mencegah peradangan maupun nyeri pada sendi. Sebagai obat herbal asam urat tinggi, buah ceri dapat dikonsumsi sebanyak 200 gram dalam sehari. Baca: Cara Mengetahui Gejala Asam Urat

Buah Apel
Apel mampu menetralkan asam urat dengan senyawa asam malat yang dimilikinya. Oleh karena itu, buah yang satu ini bermanfaat bagi penderita penyakit asam urat untuk dapat mengatasi kadar asam urat berlebih dalam tubuh. Mengkonsumsi minimal satu buah apel setiap hari merupakan obat herbal asam urat dan kolesterol yang cukup baik setelah makan. 

Kacang Pinto
Kacang pinto mengandung asam folat yang berkhasiat sebagai makanan atau obat herbal asam urat dan kolesterol. Kacang pinto bisa menjadi tambahan dalam asupan menu makanan. Baca: Diet Untuk Kurangi Asam Urat

Kacang panjang
Bila kacang pinto sulit ditemukan, kacang panjang masih bisa diandalkan sebagai obat herbal asam urat tinggi. Sebenarnya yang lebih efektif sebagai pengobatan asam urat adalah jus kacang panjang Perancis. Jus ini dikonsumsi dua kali sehari untuk menyembuhkan asam urat secara alami.

Obat Herbal Asam Urat Tinggi

Jeruk Nipis
Jeruk nipis mengandung asam sitrat yang mampu menjadi pelarut asam urat alami. Sebagai obat herbal asam urat, minum segelas air perasan jeruk nipis paling tidak dua kali sehari agar tubuh tetap sehat.


Demikian beberapa makanan maupun bahan alami sebagai obat herbal asam urat tinggi. Semoga bermanfaat.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top