5 Tanaman Obat Herbal Paru-Paru TBC

5 Tanaman Obat Herbal Paru-Paru TBC

loading...
Obat herbal paru-paru - Penyakit Tuberculosis atau TBC diakibatkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang, dan tergolong sebagai penyakit menular. Untuk mengatasinya, maka perlu menyingkirkan bakteri dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila terdapat bahan alami yang bisa digunakan sebagai alternatif penyembuhan, mengapa tidak dicoba? Berikut ini 5 jenis bahan alami sebagai penyembuhan TBC. Baca: Obat Herbal Bronkitis Anak dan Dewasa

Obat Herbal Paru-Paru
Obat Herbal Paru-Paru TBC

Berikut ini Obat Herbal Paru-paru TBC yang dapat Anda racik sendiri di rumah :


Daun Drumstick

Daun drumstick merupakan salah satu tanaman obat yang bermanfaat mengatasi penyakit TBC. Sifat antibakteri dan antiinflamasi yang terkandung di dalamnya berperan menghilangkan bakteri dari paru-paru. Di samping itu, daun drumstick juga membantu mengurangi peradangan paru-paru oleh infeksi dan batuk. Daun ini kaya akan zat besi, kalium dan juga karoten yang bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh. Daun drumstick dapat diracik sendiri sebagai obat herbal paru-paru, yakni dengan merebus segenggam daun dengan segelas air selama lima menit. Setelah mendidih, biarkan sampai dingin dan tambahkan garam, merica serta sesendok teh air jeruk nipis. Racikan ini diminum ketika perut kosong di setiap paginya. Selain itu, drumstick yang direbus juga dapat dikonsumsi  setiap hari untuk membersihkan infeksi.

Lada hitam

Selain menjadi pelengkap dalam masakan, lada hitam juga efektif untuk membersihkan paru-paru dan mengurangi produksi lendir. Hal ini akan dapat membantu meringankan nyeri di dada yang disebabkan oleh Mycobacterium. Lada hitam atau pepper juga bersifat antiinflamasi sehingga membantu mengurangi peradangan yang disebabkan infeksi dan batuk. Lada hitam dapat diracik menjadi obat herbal paru-paru TBC, yakni dengan menyangrai 8 hingga 10 lada hitam dengan mentega, dan menjadi pasta. Kemudian tambahkan bubuk asafetida dalam pasta tersebut. Ambil setengah sendok teh dari racikan tersebut sebagai obat pada setiap beberapa jam.

Bawang putih

Bawang putih yang biasa kita jumpai di dapur memiliki sifat antibakteri properti karena kandungan belerangnya. Inilah yang dapat membantu menghancurkan bakteri penyebab tuberculosis. Bawang putih juga memiliki kandungan allicin dan ajoene yang menghambat pertumbuhan bakteri. Selain itu, bawang putih juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, apalagi penderita tuberculosis kerap mengalami kelelahan. Selain dimasak seperti biasa, bawang putih juga dapat dimakan mentah sebagai obat. Atau, diracik secara khusus untuk mengobati TB. Caranya adalah dengan mencincang bawang putih terlebih dahulu. Kemudian rebus 4 cangkir air dan secangkir susu bersama-sama, lalu tambahkan ½ sdt bawang putih cincang dan mengurangi ke satu. Racikan ini dapat diminum tiga kali dalam sehari. Atau, minum segelas susu dengan tambahan 10 tetes jus bawang putih sebelum tidur, namun hindari minum air setelah konsumsi obat herbal paru-paru tersebut agar hasilnya maksimal.

Teh hijau

Teh hijaukaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh, termasuk meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaganya agar tidak mudah terserang bakteri. Polifenol yang terkandung di dalamnya mampu melawan bakteri yang menyebabkan TB. Rebus daun teh hijau dengan air seperti biasa untuk membuat teh, dan konsumsi dua hingga tiga kali dalam sehari. Atau bila perlu, Anda juga bisa mengkonsumsi pil teh hijau yang biasa dijual di pasaran.

Kacang walnut

Kacang walnut dinilai efektif untuk meningkatkan respon kekebalan tubuh bagi penderita TBC. Apalagi, nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat mempercepat penyembuhan jaringan. Kacang dapat dimakan seperti biasa untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Serta cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencampur dua sdt bubuk kenari hancur dengan 1 sdt pasta bawang putih dan 1 sdt mentega.
Obat Herbal Paru-Paru
Obat Herbal Paru-Paru TBC | Kacang Walnut

Demikian jenis tanaman obat herbal paru-paru TBC. Semoga bermanfaat.



loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top