3 Racikan Obat Herbal Kencing Manis

3 Racikan Obat Herbal Kencing Manis

Obat herbal kencing manis – Kencing manis merupakan sebutan lain dari penyakit diabetes. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang timbul akibat pengaruh makanan yang kita konsumsi. Banyaknya kadar gula dalam tubuh dari asupan makanan menimbulkan hormon insulin pada ginjal tak mampu menahan kadar gula berlebih tersebut, sehingga zat gulapun akan mengalir ke sistem pembuangan, maka penyakit inipun kerap disebut dengan kencing manis. Baca: Tips Pencegah Penyakit Diabetes Mudah dan Efektif

Obat Herbal Kencing Manis
Obat Herbal Kencing Manis | Daun Sambiloto

Selain itu, diabetes atau kencing manis juga memiliki faktor lainnya seperti seringnya minum teh manis, mengkonsumsi gorengan, kurang berolahraga dan aktivitas merokok. Untuk mencegah datangnya penyakit tersebut, untuk itu sebisa mungkin kita menghindari hal-hal tersebut. Namun apabila penyakit diabetes atau kencing manis sudah melanda, maka tak ada jalan lain selain mengobatinya. Pengobatan secara herbal kini lebih banyak dilirik karena lebih alami dan minim efek samping. Seperti mengkonsumsi tanaman obat yang dapat membantu mengobati diabetes atau kencing manis.

Berikut Beberapa Tanaman Obat dan Cara Meraciknya sebagai Obat Herbal Kencing Manis Alami :


Daun Sambiloto

Daun ini telah banyak digunakan sebagai tanaman obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit dari yang ringan sampai berat, termasuk gejala kencing manis. Daun sambiloto memiliki senyawa androgapholide sehingga membuatnya cukup pahit. Akan tetapi meskipun pahit, sambiloto bermanfaat melindungi hati dan menurunkan enzim CDK4 yang dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Apalagi, sambiloto juga bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh bagi penderita diabetes.

Untuk meracik obat herbal kencing manis dari daun sambiloto, Anda juga membutuhkan tanaman kumis kucing serta batang brotowali. Caranya, siapkan 7 lembar daun sambiloto, 7 lembar kumis kucing dan 6 cm brotowali. Cuci bersih semua bahan, lalu potong-potong. Rebus kesemua bahan menggunakan 3 gelas air, tunggu hingga mendidih dan tersisa dua gelas air saja. Ramuan tersebut diminum secara rutin sebanyak 2 gelas dalam sehari. Lebih baik jika diminum setelah makan.

Pare

Rasanya yang pahit membuat tanaman ini sering dihindari dalam sajian makanan, namun justru bermanfaat untuk mencegah diabetes bahkan cukup ampuh. Pare dapat menutrisi sel hati dan memperkuat hormon insulin dalam tubuh, juga memperbaiki dan membangun sel beta pankreas yang terdapat pada hati. Sehingga, pare dapat meningkatkan perlindungan terhadap diabetes.

Untuk meracik obat herbal kencing manis dengan pare, cukup gunakan tanamana pare dan air sebanyak 1 gelas. Dua buah pare dicampur ke dalam air dan diperas hingga airnya keluar. Air pare tersebut diminum secara rutin dalam setiap hari.

Daun salam

Tanaman ini sering juga disebut dengan manting di daerah Jawa, dan disebut dengan meselengan di Sumatera. Daun ini ternyata memiliki sejumlah kansungan yang berkhasiat bagi penderita diabetes atau kencing manis. Apalagi, kandungan ekstraknya bisa menurunkan gula darah tinggi.

Untuk meracik obat herbal kencing manis dengan daun salam, cukup merebus 75 hingga 100 gram daun salam dalam tiga gelas air lalu tunggu hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Setelah mendidih, tunggu sampai dingin dan saring. Minuman tersebut bisa diminum tiga kali dalam sehari, masing-masing setengah gelas. Di hari berikutnya, daun salam yang telah direbus ditambahkan air sama banyak lalu direbus lagi agar tinggal setengahnya seperti sebelumnya. Hari selanjutnya, ganti dengan daun yang baru.

Obat Herbal Kencing Manis
Obat Herbal Kencing Manis | Pare

Demikian info mengenai obat herbal kencing manis yang dapat Anda racik sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top