4 Obat Herbal untuk Asma yang Mudah Dijumpai

4 Obat Herbal untuk Asma yang Mudah Dijumpai

Obat herbal asma - Salah satu penyakit yang mengganggu pernapasan adalah asma. Penyakit yang sering menimpa anak-anak ini juga kerap menimpa orang dewasa, sehingga terkadang mengganggu aktivitas karena penderita asma tak ammpu melakukan beberapa aktivitas yang cukup berat. Penyakit ini berupa peradangan dan penyempitan pada saluran pernapasan, yang akibatnya penderita susah bernapas, batuk-batuk dan dada terasa sesak. Baca: Redakan Sesak Napas dengan Obat Herbal Ini
Obat Herbal untuk Asma
Obat Herbal untuk Asma

Selain menghindari asap rokok, serbuk bunga, aktivitas berat maupun alergi lainnya. Pengobatan asma dapat dilakukan melalui berbagai cara. Diantaranya melalui jalan medis, obat herbal untuk asma, melalui terapi dan pencegahan lainnya. Penggunaan obat-obatan kimia yang harus terus dikonsumsi terkadang menimbulkan kekhawatiran berupa adanya efek samping. Namun kini obat herbal lebih banyak digunakan untuk mengatasi penyakit gangguan pernapasan ini karena lebih aman dan alami.

Berikut Beberapa Obat Herbal untuk Asma yang dapat Ditemukan di Sekitar Anda.


Susu kambing

Susu kambing merupakan salah satu obat herbal untuk asma yang telah banyak digunakan. Kandungan flourine dan betakasein di dalamnya sangat baik bagi penderita penyakit paru-paru seperti asma maupun TBC pneunomia. Senyawa flourine dapat berfungsi sebagai antiseptik alami yang menekan pertumbuhan bakteri dan memacu imunitas dalam tubuh menjadi lebih aktif. Apalagi, flourine dalam susu kambing lebih besar dari susu sapi sehingga sangat baik untuk melancarkan saluran pencernaan.

Apel

Buah juga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk asma, yaitu apel. Senyawa quercetin di dalamnya mampu melegakan pernapasan, yakni berfungsi sebagai antihistamin dan antiinflamasi alami pelawan asma. Bahkan, tak ada buah atau sayuran yang mampu melawan asma sebaik apel. 

Kecubung

Kecubung sering dipakai dalam hal yang negatif. Akan tetapi, kecubung ternyata berkhasiat sebagai obat herbal untuk asma yang cukup ampuh meringankannya. Menurut seorang ahli tanaman obat, zat aktif berupa hipocamin dan skopolamin inilah yang dapat melebarkan saluran pernapasan yang menyempit akibat asma. Senyawa tersebut tidak hanya pada daun kecubung, tapi juga pada tangkai, akar, buah, bunga hingga bijinya. Akan tetapi akar dan bijinyalah yang mengandung senyawa tersebut paling besar. Namun, obat asma menggunakan bagian bunga dan daunnya sebanyak 10 lembar yang keringkan di bawah matahari

Cara membuat:
  • ·         lembaran daun atau bunga yang telah kering digulung menjadi lintingan kecil menyerupai rokok
  • ·         bakar sedikit ujung lintingannya, jangan bakar semuanya
  • ·         hirup asap yang keluar dari bakaran tersebut


Daun Sirih

Sirih merupakan salah satu tanaman obat yang dapat digunakan sebagai bahan dasar perawatan asma. Apalagi, sirih yang mudah dijumpai ini juga tidak sulit dalam meraciknya sendiri. Obat ini bukan untuk dikonsumsi, melainkan sebagai pengobatan dari luar. Minyak atsiri yang terkandung dalam sirih tergolong cukup tinggi, dan mampu menimbulkan sensasi hangat pada tubuh. Ditambah lada dan minyak kayu putih, racikan tersebut dapat bertahan lebih lama dan membuat pernapasan menjadi lebih lancar.

Bahan-bahan:
  • ·         7 lembar daun sirih
  • ·         1  sdt lada putih
  • ·         Minyak kayu putih secukupnya


Cara meracik:
Tumbuk lada putih dengan disertai daun sirih sampai halus. Lalu tambahkan campuran bahan yang telah halus tadi dengan beberapa tetes minyak kayu putih, kemudian lumatkan dengan sendok sampai tercampur dengan rata. Gunakan racikan ini untuk dioleskan pada dada dan leher.


Obat Herbal untuk Asma
Obat Herbal untuk Asma

Demikian tadi ulasan mengenai obat herbal untuk asma yang bisa diracik sendiri. semoga bermanfaat.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top