Cara Mengatasi Balita Susah Makan | Sehat Bergizi

Cara Mengatasi Balita Susah Makan | Sehat Bergizi

loading...
Cara mengatasi balita susah makan – Anda memiliki anak umur 2 tahun susah makan? Memang, ada saatnya si kecil mengalami masa-masa susah makan terutama di masa balita. Maka cara mengatasi balita susah makan bisa berbeda-beda. Ketika balita atau di bawah lima tahun, anak sedang giat-giatnya bermain. Di samping itu, rasa ingin tahuannya sedang besar sehingga mengalahkan nafsu makannya. Banyak orang tua yang khawatir akan masalah ini kemudian mencari cara mengatasi balita susah makan. Mulai dari membelikannya susu, vitamin penambah nafsu makan, dan lainnya.

Yang perlu ayah dan bunda ketahui, usia balita merupakan masa-masa peralihan makanan si kecil dari ASI ke makanan yang lebih keras teksturnya serta kompleks gizinya. Cara mengatasi balita susah makan perlu disesuaikan dengan penyebabnya, apakah memang karena sedang berusaha beradaptasi dengan makanan barunya, atau ada sesuatu yang lain. Bisa jadi, bila Anda memiliki anak umur 2 tahun susah makan, ia mungkin sedang mengalami permasalahan yang khusus misalnya gangguan pada fisiknya. Entah itu pada pencernaan, maupun pada organ lainnya seperti sariawan maupun sakit gigi.

Pada masa balita, di masa itulah makanan anak sedang mengalami penyesuaian, sehingga orang tua perlu menyesuaikan pula cara mengatasi balita susah makan bagi si kecil. Peralihan makanan pendamping ASI ke makanan orang dewasa, sehingga kerap ditemui masalah anak umur 2 tahun susah makan. Dalam memberikan makanan, orang tua sebaiknya benar-benar memperhatikan pemberian makanan kepada si kecil. Bunda perlu memperhitungkan porsi, jenis makanan serta kandungan gizinya karena si anak belumlah sempurna sistem pencernaannya. Apalagi pemberian makanan dengan bumbu yang terlalu tajam, dapat mengganggu pencernaan anak.

Berkaitan dengan cara mengatasi balita susah makan, anak susah makan mungkin memang wajar pada masa-masanya. Akan tetapi hal ini tidak boleh dibiarkan dalam waktu berkepanjangan, sebab akan berpengaruh pada asupan gizi sang anak. Tentunya, masalah anak umur 2 tahun susah makan ini akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya yang sedang masa-masanya tumbuh.
Cara mengatasi balita susah makan

Berikut cara mengatasi balita susah makan dari yang umum hingga paling efektif:



Penting untuk memberikan makanan kepada si kecil secara bertahap, dan memberikan makanan padat di usia yang tepat. Hal ini akan mempengaruhi cara makannya dan menjadi cara mengatasi balita susah makan sebagai pencegahan sejak awal agar ia tak termasuk anak 2 tahun susah makan. Mulai umur 6 bulan, baiknya bunda memberikan makanan halus berupa sayur dan buah. Kemudian mulai berikan makanan yang agak padat dan bertekstur, sampai makanan padat. Dengan demikian sistem pencernaan akan terlatih dan mengenali makanan-makanan tersebut. 

Ketahui porsi ideal si kecil

Karena sistem pencernaan anak belum bisa disamakan dengan orang dewasa, maka cara mengatasi balita susah makan satu ini adalah dengan menakar porsinya. Menurut seorang dokter anak dari Amerika Serikat, porsi makan untuk anak bisa diukur berdasarkan ukuran tangannya. Anak 2 tahun susah makan memang harus disesuaikan demikian. Sebagai contoh, sumber protein berupa ayam atau sapi baiknya diberikan sebesar ukuran telapak tangan. Lalu sumber karbohidrat, sayur dan buah sebesar kepalan tangan per sekali makan. Nah, sedangkan untuk camilan bisa diberikan seukuran genggaman tangannya.

Mengontrol pemberian kudapan dan susu

Bunda, dalam memberikan makanan kudapan dan susu pada si kecil apalagi pada anak umur 2 tahun susah makan sebaiknya diatur, yakni di antara jam makan. Sebaiknya juga tidak berlebihan, sebagai cara mengatasi balita susah makan agar ia tidak mudah kenyang saat jam makan makanan utamanya. Bila ia sudah merasa kenyang duluan, maka makanan utamanya sudah pasti enggan dilahapnya.

Jadwalkan makan si kecil secara teratur

Cara mengatasi balita susah makan selanjutnya adalah mengatur jadwal makan anak secara teratur, yakni 3 kali makanan utama dan 2 kali makan camilan dalam sehari. Tentu berikan camilan yang sehat ya bunda. Dalam hal ini orang tua juga dituntut disiplin, agar saat si kecil makan bundanya juga sudah bersiap untuk memberikan makanan.

Sedikit tapi sering

Nah, bunda yang sering mengeluhkan jika anak umur 2 tahun susah makan, ada baiknya melakukan cara mengatasi balita susah makan ini agar anak bisa terlatih makan. Yakni berikan makanan secara sedikit demi sedikit, namun dalam frekuensi yang sering. Namun sebaiknya, dalam memberikan makanan tersebut tidak perlu memaksakan anak. Justru hal itu bisa menimbulkan trauma pada psikisnya dan 

membuatnya tidak menyukai makanan itu seterusnya.


Libatkan si kecil dalam mengolah makanan

Anak umur 2 tahun susah makan biasanya disebabkan karena ia sedang memiliki rasa ingin tahu yang besar di masa-masa demikian. cara mengatasi balita susah makan selanjutnya adalah dengan melibatkan si kecil dalam mengolah maupun menyiapkan makanan. Bisa dengan mengajaknya membeli makanan, atau menyiapkan makanannya sendiri. Sambil menyiapkan makanan, kenalkan makanan apa saja yang dimakannya serta apa manfaatnya.

Sajikan makanan agar menarik

Nah, cara mengatasi balita susah makan yang paling sering digunakan adalah dengan menyajikan makanan bagi si kecil agar tampil menarik. Tentu saja, anak-anak apalagi balita memang suka hal-hal yang menarik. Kerapkali anak umur 2 tahun susah makan disebabkan karena ia bosan dengan makanan yang disajikan. Bunda bisa menyisipkan sayur dan sumber protein lainnya dengan mengolah makanan menjadi rasa yang berbeda, tampilan yang sedikit diubah atau plating yang bisa menarik minat makan si kecil. Bisa dengan piranti saji yang warnanya menarik, tentunya tetap perhatikan label food gradenya agar aman bagi si kecil. Bagi anak umur 2 tahun susah makan sayur, ada cara mengatasi balita susah makan agar ia bisa tetap makan sayur. Yakni dengan menyelipkan sayur secara tersembunyi dalam makanannya.

Cara mengatasi balita susah makan

Kondisikan suasana makan yang nyaman

Tips selanjutnya, cara mengatasi balita susah makan yang paling penting adalah menjaga kondisi psikisnya terutama saat makan. Salah satunya adalah dengan menciptakan suasana makan yang menyenangkan, seperti makan bersama keluarga dengan suasana yang menyenangkan dan menghindari kekerasan psikis, seperti memaksa atau mengancamnya.

Demikian beberapa uraian tentang anak 2 tahun susah makan dan bagaimana cara mengatasi balita susah makan. Karena anak adalah harta kedua orang tua yang berharga, maka sudah wajib bagi ayah dan bunda untuk memberikan yang terbaik termasuk asupan gizinya. Agar ia tak kekurangan gizi, masalahnya yang susah makan memang perlu dicarikan solusi. Kuncinya memang pada orang tua, agar sabar dalam melatih dan membersamai si kecil saat belajar makan dan melahap sumber gizinya dengan baik. Semoga artikel mengenai tips cara mengatasi balita susah makan kali ini bermanfaat bagi putra-putri ayah dan bunda.

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top