Cara Agar Anak Mau Makan Dengan Teratur

Cara Agar Anak Mau Makan Dengan Teratur

Cara agar anak mau makan – Seringkali problema anak susah makan menjadi permasalahan yang kerap dihadapi oleh para orang tua, apalagi di usia si kecil yang masih balita. Ketika masa pertumbuhan si kecil, banyak ditemui anak tidak mau makan. Padahal di masa-masa itulah anak sedang tumbuh dan membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang bagi tumbuh kembangnya.

Orang tua tentu khawatir dan mencari cara agar anak mau makan, agar ia tak kekurangan gizi di saat-saat pertumbuhannya kini. Bisa jadi karena ia sedang sakit, atau karena hal lain. Bila karena hal lain, maka perlu kiat ekstra mengatasinya. Lalu bagaimana kiat-kiat yang perlu diterapkan pada anak tidak mau makan sebagai cara agar anak mau makan ? Artikel kali ini akan membahas 15 tips yang bisa dicoba agar anak tak lagi susah makan.

Berikut 15 cara agar anak mau makan yang bisa dicoba:


1. Tak perlu berikan susu sebelum jam makan

Bunda, memberikan susu sebelum jam makannya dikhawatirkan bisa membat si kecil sudah kenyang sebelum waktunya makan. Maka, cara agar anak mau makan yang pertama adalah cukup menyediakan air putih saat ia makan.

2. Jangan berikan camilan sebelum makanan utama

Anak tidak mau makan bisa jadi memang karena kelebihan kalori dalam asupan makanannya. Sederhananya, ia memang sudah kenyang sehingga kerap tak melahap makanan utamanya berupa nasi atau sayur. Sebagai cara agar anak mau makan, baiknya bunda memang tidak memberikan camilan atau makanan manis sebelum makanan utamanya. Misalnya coklat, atau makanan manis lainnya. Anak memang menyukai makanan manis, lalu setelah kenyang dengan camilannya ia jadi enggan melahap nasi atau makanan utamanya.

3. Sajikan pada si kecil makanan dalam porsi kecil

Porsi kecil perlu disediakan pada si kecil, mengingat sistem pencernaannya belumlah sekuat dan sesempurna orang dewasa. Pemberian porsi kecil sebagai cara agar anak mau makan bisa dilakukan secara sering. Maksudnya, tidak apa-apa porsinya kecil asalkan sering. Meski kadang anak tidak langsung menghabiskan makanannya, namun janganlah memaksa anak tidak mau makan untuk menghabiskan makanannya. Sebaliknya berikan pujian pada anak saat ia menghabiskan makanannya.


Cara agar anak mau makan


4. Buat suasana menyenangkan

Cara agar anak mau makan yang paling penting adalah memperhatikan psikologis anak, yakni dengan membuat suasana makan agar menyenangkan. Bunda bisa sambil berinteraksi dengan si kecil, misalnya menanyakan warna makanannya. Anak tidak mau makan bisa jadi karena ia merasa tak nyaman setiap kali makan. Tak perlu membuat anak makan terburu-buru, apalagi ketika ia masih belajar makan sendiri.

5. Selipkan sayuran tersembunyi

Jika anak tidak mau makan sayur, bunda bisa menyelipkan sayuran dalam makanannya. Atau makanan lain yang tak disukainya, namun mengandung nutrisi yang ia butuhkan. Misalnya menyelipkan irisan wortel di dalam telur atau makanan lainnya sebagai cara agar anak mau makan.

6. Sajikan makanan menarik

Sudah menjadi kewajaran bila anak memang menyukai sesuatu yang menarik dan mudah bosan. Maka dari itu, cara agar anak mau makan yang efektif adalah dengan menyajikan makanan secara menarik. Misalnya piring maupun gelas yang bergambar lucu atau berwarna menarik. Atau, plating makanan yang berbeda dari biasanya. Misalnya nasi dan sayur yang dibentuk-bentuk. Anak tidak mau makan perlahan akan memiliki minat untuk melahap makanannya.

7. Variasikan resep

Untuk resep makanan, bunda bisa memberikan variasi agar anak tak mudah bosan. Sebagai cara agar anak mau makan, usahakan setiap harinya berikan menu makanan yang berbeda dengan tetap memperhatikan kandungan nutrisinya. Bunda bisa mencoba resep-resep makanan yang menarik, namun tetap disesuaikan dengan porsi dan kebutuhan nutrisi anak. Dengan demikian anak akan lebih semangat saat makan.

8. Jangan paksa si kecil saat makan

Meskipun anak tidak mau makan, baiknya orang tua tidak memaksanya saat sedang makan. Seperti menghabiskan makanannya, atau mengancamnya. Pemaksaan itu justru akan memberikan kesan tak nyaman pada si kecil saat makan. Bahkan bisa menimbulkan trauma, sehingga ia jadi anak tidak mau makan. Maka cara agar anak mau makan adalah tidak memaksanya ketika makan.

9. Buat jadwal makan

Buatlah jadwal makan anak secara teratur setiap harinya sebagai cara agar anak mau makan. Dengan demikian akan melatih si kecil agar patuh saat jam makan, dan membuatnya mengenal rasa lapar saat waktu makannya tiba. Dengan demikian, bunda juga lebih mudah saat memberikan makanan.

10. Pastikan ia duduk dengan nyaman saat makan

Cara agar anak mau makan pada balita adalah dengan mendudukkannya secara nyaman saat makan. Dudukkan bayi Anda di kursi makan khusus bagi bayi atau high chair apabila si kecil sudah bisa duduk tanpa bantuan. Sediakan makanan dan biarkan ia makan sendiri. Habis atau tidak, hal itu sudah melatihnya untuk ketrampilannya dan makan secara teratur. Ia akan bereksplorasi sendiri,

11. Ajak si kecil makan bersama keluarga

Kebiasaan anak kecil adalah suka meniru. Makan bersama keluarga bisa menjadi kesempatan bagi bunda untuk mengajarkan anak dan memberikan contoh yang baik saat makan. Makan bersama juga bisa dijadikan agar suasana lebih kondusif dan nyaman sebagai cara agar anak mau makan.

12. Ubah makanan agar disukainya

Bunda bisa mengubah makanan yang tak disukai pada anak tidak mau makan. Misalnya ia tak suka buah dalam bentuk asli, sedangkan ia lebih suka minuman. Maka bunda bisa membuat jus buah atau sari buah. Misalnya jus stoberi atau sari kacang hijau. Dengan demikian nutrisi dalam makanan akan tetap terserap. Namun tetap kenalkan makanan lain agar ia juga terlatih untuk makan dengan teratur.

13. Berikan si kecil kesempatan tuk membantu bunda menyiapkan makanan

Dengan melibatkan anak saat menyiapkan makanan, ini bisa menjadi cara agar anak mau makan. Sambil membantu Anda, biarkan si kecil belajar dan mengerti pentingnya makanan tersebut baginya dan ia bisa menyukai makanannya.

14. Menanam sayur dan buah sendiri

Bila Anda memiliki kebun sendiri di rumah, cara agar anak mau makan satu ini bisa menjadi cara yang efektif dan menarik bagi si kecil, yakni dengan menanam sayur dan buah sendiri. Tentunya dengan melibatkan anak.

Cara agar anak mau makan

15. Kesabaran dari orang tua

Dari sekian cara agar anak mau makan di atas, tidak akan bisa berhasil jika tidak diimbangi dengan kesabaran dari orang tua. Dalam melatih anak makan, atau menyiapkan makanan bagi si kecil. Anak tidak mau makan memang membutuhkan perhatian khusus, dan kesabaran dari orang tuanya agar ia terlatih makan dengan baik.

Nah, itu tadi beragam cara agar anak mau makan. Semoga artikel tentang anak tidak mau makan kali ini bermanfaat sebagai cara agar anak mau makan

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top