Tips Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Tepat

Tips Mengatasi Anak Susah Makan Dengan Tepat

loading...
Tips Mengatasi Anak Susah MakanSetiap orang tua pasti khawatir jika mendapati anaknya susah makan. Sewajar apapun masalah ini bila dilihat dari psikologi anak balita, tentu menjadi hal yang ditanyakan setiap orang tua dan dicari solusinya guna melihat tumbuh kembang buah hatinya agar tumbuh sehat dengan nutrisi seimbang. Maka asupan gizi yang tepat dari makanan sangatlah dibutuhkan pada masa-masa balita, dimana anak sedang masa-masanya berkembang.


Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Maka dari itu, anak susah makan tentu menjadi masalah tersendiri bagi setiap orang tua. Berbagai artikel seputar tips mengatasi anak susah makan digunakan sebagai solusi agar anak mau makan dan tumbuh kembangnya normal. Apalagi di usianya yang mulai beranjak 5 bulan, anak mulai beradaptasi dengan makanan dalam bentuk baru. Bila sebelumnya ia menikmati ASI yang bentuknya cair, maka ia mulai belajar mengkonsumsi makanan yang lebih keras dengan gizi lebih kompleks, sebagai tahap makan yang harus dilewatinya. Dalam hal ini, cukup sering menemui anak yang susah makan karena ia harus mulai beradaptasi. Namun, dalam mencari solusinya, tips mengatasi anak susah makan perlu disesuaikan dengan kondisi psikologi anak balita dan penyebabnya mengapa susah makan. Nah, ayah dan bunda, lalu apa saja yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi anak susah makan? Sebelum beranjak ke tips mengatasi anak susah makan, psikologi anak balita dijabarkan berikut ini.
baca  juga : 5 Makanan untuk Anak Balita 2 Tahun yang Menarik

• Anak dilanda cemas

Tidak jarang kebanyakan balita mengalami kecemasan yang disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya saja merasa cemas ketika berpisah dari orang tua. Ia berpikir bila akan terjadi sesuatu yang menimpa orang tuanya. Atau, cemas ketika si kecil berada di lingkungan baru. Maka hal itu berpengaruh pada perilakunya, seperti susah tidur, berkeringat dingin, gelisah, berdebar-debar dan lainnya. Sehingga hal itu cukup mempengaruhi pola makan anak, sehingga perlu tips mengatasi anak susah makan yang tepat untuknya.

• Anak sedang mengalami Depresi

Psikologi anak balita selanjutnya ialah anak mungkin mengalami depresi, sehingga menyebabkannya susah makan. Penyebab anak depresipun bisa bermacam-macam, seperti menjadi bahan bully, diejek misalnya, kerap mendapat kekerasan, dan sebagainya. Hal inilah yang mengurangi nafsu makannya. Sehingga tips mengatasi anak susah makan yang tepat adalah dengan mencari tau seluk beluk penyebabnya depresi dan memberikan stimulan terbaik sebagai orang tua.

• Suasana tak nyaman

Psikologi anak balita selanjutnya adalah suasana makan yang tak nyaman pada anak. Bisa jadi, saat anak sedang rewel maka orang tua merespon dengan tidak sabar dan memaksa anak untuk makan. Hal ini akan berkesan kurang menyenangkan pada diri anak. Hal inipun mempengaruhinya sehingga susah makan. Selain karena paksaan, iapun merasakan suasana tak nyaman saat makan karena sajian makanan yang itu-itu saja, sehingga selera makannya perlahan berkurang. Maka tips mengatasi anak susah makan yang berhubungan dengan psikologis anak balita ini adalah dengan memperbaiki hubungan orang tua dengan anak, serta sajian makanan yang divariasi.

Tak hanya ketiga kondisi tersebut, kondisi psikologis anak balita yang menyebabkannya susah makan bisa jadi lebih kompleks. Seperti hubungan kedua orang tua yang bermasalah, suasana saat makan yang tidak menyenangkan serta tidak pernah bersama orang tua, dan sebagainya.

Berikut Selengkapnya Tips Mengatasi Anak Susah Makan menurut psikologi anak balita:


Tips Mengatasi anak susah makan yang perlu dilakukan


1. Mencari tahu penyebab anak susah makan

Terlebih dahulu, ayah dan bunda memang perlu mencari penyebab pasti kenapa anak susah makan sebagai tips Mengatasi Anak Susah Makan yang pertama. Karena setiap penyebab memiliki solusi yang berbeda-beda. Bisa jadi karena kondisi psikologisnya yang bermasalah sehingga membutuhkan penanganan berupa psikologi anak balita, atau justru sedang mengalami sakit yang berupa penyebab fisik, sehingga hanya bisa ditangani dengan pemberian obat agar sakitnya sembuh.

2. Menyajikan makanan yang bervariasi

Dalam menciptakan suasana makan yang menyenangkan, Tips Mengatasi Anak Susah Makan selanjutnya adalah menyajikan makanan yang bervariasi pada anak setiap harinya. Namun tetap mengandung gizi yang utuh sebagai asupan nutrisi dalam tumbuh kembangnya. mMisalnya, nasi yang divariasi menjadi tampilan yang berbeda seperti lontong, nasi uduk, nasi goreng dan sebagainya. Laukpun juga demikian, misalnya hari ini sayur dalam bentuk sup, hari berikutnya dalam bentuk lainnya. Menurut Psikologi anak balita, anak memang mudah bosan apalagi dengan makanannya.

3. Menciptakan Suasana nyaman saat anak makan

Nah, suasana yang nyaman sangatlah mempengaruhi selera dan nafsu makan anak. Misalnya, orang tua yang dengan sabar mengajari dan menemani anak ketika makan serta menjaga agar kondisi makan tetap kondusif dan nyaman ialah Tips Mengatasi Anak Susah Makan yang sangat penting.

4. Anak makan bersama orang tua

Anak yang makan bersama orang tuanya akan cukup terlatih untuk bisa makan teratur dan terjaga kondisi psikologisnya. Sebagai Tips Mengatasi Anak Susah Makan, maka orang tua memang perlu membersamai dan ikut makan bersama dengan si kecil sebagai solusi bila ditinjau dari psiikologi anak balita.

5. Libatkan anak ketika mengolah makanan

Mulai dari membeli bahan makanan hingga menyajikannya, libatkan anak Anda dalam mengolahnya. Misalnya mengajaknya membeli bahan-bahan makanan di pasar, lalu memintanya untuk mengambilkan bahan-bahan tersebut dan sedikit membantu mengolah ketika sudah berada di rumah. Tips Mengatasi Anak Susah Makan ini akan dapat mempengaruhinya untuk menikmati makanannya.

6. Buat sajian atau resep makanan yang menarik

Tips Mengatasi Anak Susah Makan selanjutnya adalah membuat sajian yang menarik. Hal ini bisa Anda lihat dengan menggunakan resep-resep menarik untuk anak di blog ini.

Tips-Mengatasi-Anak-Susah-Makan

Sebaliknya, tips mengatasi anak susah makan yang tidak boleh dilakukan adalah:

1. Jangan paksa anak saat makan

Tips Mengatasi Anak Susah Makan justru tidak memaksanya saat makan. Dalam psikologi anak balita, ketika dipaksa makan maka anak justru akan merasa tak nyaman dan kehilangan selera makan, sebab ia berada dalam kondisi yang kurang nyaman. Hal ini mempengaruhi kondisi psikologisnya.

2. Tak perlu berikan iming-iming hadiah agar ia mau makan

Memang, memberikan hadiah atau iming-iming jika anak mau makan akan dapat memotivasinya. Namun hal ini justru akan memberikan kesan dan menanamkan mindset dalam dirinya, bahwa setiap makan harus ada imbalannya. Sehingga mereka tak mau makan jika tak ada hadiah. Maka sebagai tips Mengatasi Anak Susah Makan yang efektif adalah dengan tidak memberikan iming-iming pada anak saat makan.

Nah, itu tadi beberapa penjelasan dan Tips Mengatasi Anak Susah Makan dan tinjauannya dari psikologi anak balita. Anak susah makan memang menjadi kekhawatiran tersendiri, namun ayah dan bunda tak perlu cemas lagi karena telah menemukan beberapa solusi yang bisa diterapkan agar anak mau makan. Demikian artikel tentang Tips Mengatasi Anak Susah Makan, semoga bermanfaat.

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top