Penambah Berat Badan Anak Dengan Makanan Sehat

Penambah Berat Badan Anak Dengan Makanan Sehat

Penambah berat badan anak – Anak yang kurang gizi kerap kali disebabkan karena susah makan. Banyak orang tua yang khawatir melihat buah hatinya terlalu kurus. Pada dasarnya memang setiap anak dilahirkan dengan memiliki berat badan yang berbeda, sedangkan bayi baru lahir umumnya memiliki berat 2500 hingga 4500 gram. Lalu, apa yang bisa digunakan sebagai penambah berat badan anak? Apakah dengan vitamin maupun suplemen tertentu untuk menggemukkan si kecil atau sebagai penambah nafsu makan anak yang susah makan?

Sebelum memasuki bahasan utama seputar penambah berat badan anak, ada yang perlu orang tua ketahui tentang penyebab mengapa anak terlalu kurus, diantaranya:

1. Kurang asupan nutrisi yang seimbang. Bunda sebaiknya memperhatikan pemberian makanan pendamping ASI atau MPASI pada bayi. Asupan nutrisi yang seimbang sangat dibutuhkan pada buah hati dalam masa-masa pertembuhannya seperti saat ini.

2. Bisa jadi si kecil sedang mengalami gangguan kesehatan, khususnya pada pencernaannya. Hal tersebut bisa saja mempengaruhi penyerapan makanannya yang tidak sempurna dan kemudian mempengaruhi berat badan si kecil. Maka penambah berat badan anak yang efektif soal ini tentunya juga lebih dikhususkan.

3. Si kecil berusia lebih dari 6 bulan sedang memasuki masa pertumbuhan tinggi badan, yang menyebabkan aktivitasnya teramat aktif. Yang menyebabkan berat badannya turun, namun tetap dalam jumlah yang wajar.

Bila demikian halnya, bunda perlu mengetahui lebih dulu penyebab kurangnya berat badan anak. Mungkin memang pada asupan nutrisinya, atau ada gangguan lainnya. Maka penambah berat badan anak harus disesuaikan dengan kondisi si kecil berkaitan dengan makanannya. Selengkapnya, di bawah ini akan dibahas lebih lanjut mengenai hal-hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi berat badan anak yang kurang.

Penambah berat badan anak

Berikut penambah berat badan anak :


Tingkatkan ASI berkualitas

Di usianya yang amsih di bawah 6 bulan, ada baiknya bunda mengawali si kecil dengan meningkatkan ASI berkualitas. Kualitas ASI bisa ditingkatkan dari asupan gizi bunda yang menyusui. Selain dari kebutuhan nutrisi harian, ibu menyusui juga sebaiknya menjaga kondisi psikologisnya dengan menghindari stres yang bisa mempengaruhi kualitas ASI. Karena ASI yang berkualitas termasuk penambah berat badan anak.

Menjadwal pemberian MPASI

Masih pada bayi yang mengkonsumsi ASI, ketika masuk usia 6 bulan maka pemberian ASI mulai dikurangi. Sebagai penambah berat badan anak, bunda sebaiknya menjadwal pemberian MPASI pada si kecil sebanyak 2 hingga 3 kali dalam satu hari dengan porsi yang sesuai dengan bayi. Perhatikan pula kandungan gizi di dalamnya agar lebih kompleks namun tetap sesuai porsinya. Komposisi layuk dan sayurnyapun baiknya sebanding, misalnya 4 sendok nasi tim, 2 sendok lauk dan 2 sendok sayuran. Selingi pula dengan camulan sehat dua kali sehari.


Pada si kecil yang mulai beranjak besar, bunda bisa memberikan suplemen alami dengan kandungan lemak sehat sebagai penambah berat badan anak. Misalnya kacang-kacangan, alpukat, minyak zaitun dan lain-lain. Makanan tersebut bisa divariasikan, misalnya sandwich campuran alpukat atau tuna.

Jus penambah berat badan anak 

Makanan yang mengandung kalori akan menambah berat badan anak, sehingga baik untuk disajikan. Biasanya minuman berkalori terdapat pada jus atau smoothies. MIsalnya saja jus alpukat dan susu, jus pisang kurma atau buah lainnya seperti stoberi, blueberi dengan tambahan yoghurt sebagai penambah berat badan anak.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top