Menambah Berat Badan Anak dengan Jus Buah

Menambah Berat Badan Anak dengan Jus Buah

loading...
Menambah berat badan anak – Anak balita yang susah makan kerap kali menimbulkan kekhawatiran, apalagi bila berat badannya tidak meningkat dan normal pada umumnya. Bisa dikatakan, anak tumbuh sangat kurus. Untuk menambah berat badan anak, orang tua baiknya mengetahui penyebab berat badan anak yang di bawah normal. Bisa jadi karena memang kurang gizi atau ada gangguan pada fisiknya yakni pada saluran pencernaan.

Umumnya, yang dilakukan untuk menambah berat badan anak adalah dengan memberikannya makanan pelengkap dengan nutrisi seimbang. Salah satu makanan yang bisa bunda berikan adalah jus atau smoothies buah yang dikombinasi sehingga mengandung asupan nutrisi untuk menambah berat badan anak dari tambahan kalori. Resep-resep jus di bawah ini dapat bunda coba sebagai penambah berat badan anak sekaligus mencukupi asupan gizinya lebih lengkap.

Pada anak dalam usia 1 hingga 3 tahun, kebutuhan gizinya sebanyak

  • 8 mg zat besi
  • 25 gr protein
  • 1000 kkal energi, dan
  • 500 mg kalsium

Asupan gizi tersebut dapat dipenuhi dengan makanan berupa sayur, buah, nasi, telur, susu dan lainnya. Resep jus oleh Ayu Bulan Febry K.D, S.Km. dan dr. Zulfito Mahendra ini diambil dari buku karangannya untuk menaikkan berat badan anak.


Berikut resep jus untuk menambah berat badan anak:


Menambah berat badan anak


Di dalamnya terdapat kandungan energi sebesar 228,2 kkal; 1,9 gr protein; 1,1 gr lemak serta 55,8 gr karbohidrat. Pisang dan kurma kaya akan vitamin A, vitamin B1, fosfor serta kalsium yang baik untuk tulang dan menambah berat badan anak. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

  1. 100 gr pisang ambon matang
  2. 2 buah kurma, buang bijinya atau bisa gunakan 2 sdm sari kurma
  3. ¼ gelas air matang
Cukup campur semua bahan lalu blender hingga halus, kemudian sajikan dalam gelas yang menarik untuk si kecil.

2. Jus alpukat gula merah

Jus ini mengandung 321,9 kkal; 3,28 gr protein; 11,19 gr lemak serta 50,05 gr karbohidrat dalam satu porsinya. Kaya akan kandungan kalsium, zat besi, vitamin A dan fosfor yang baik bagi pertumbuhan si kecil dan menambah berat badan anak. Bahan yang dibutuhkan antara lain:

  1. 100 gr alpukat matang
  2. 250 ml susu sapi atau susu kedelai
  3. 2 buah kurma, buang bijinya
  4. 2 sdm gula merah cair.

Campur semua bahan kecuali cairan gula merah. Haluskan dengan blender secara sempurna. Tuangkan cairan gula merah di atasnya, dan sajikan dalam gelas yang menarik.

3. Jus Coco Wortel

Sedikit berbeda dari kedua jus sebelumnya, kali ini jus untuk menambah berat badan anak menggunakan sayur wortel dan kelapa. Lebih lengkapnya, bahan yang dibutuhkan diantaranya:

  1. 100 gr wortel segar yang telah dikupas dan dicuci bersih
  2. 100 gram daging kelapa agak tua, jangan lupa bersihkan kulit arinya
  3. sesendok symple sirup (larutan gula pasir dalam air dengan perbandingan 1:1)

Cara membuatnya, terlebih dahulu proses wortel dan kelapa menggunakan juice extractor dan tampung terlebih dahulu jus tersebut dalam gelas. Selanjutnya, tambahkan symple sirup lalu aduk sampai rata. Lebih menyenangkan bila disajikan dalam keadaan dingin.

Sebagai jus untuk menambah berat badan anak, coco wortel ini mengandung 258,4 kkal; 5,2 gr protein; 15,3 gr lemak serta 28,7 gr karbohidrat yang kaya akan vitamin A, vitamin C, fosfor dan juga kalsium.

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top