Tips Agar Anak Mau Makan Sayur

Tips Agar Anak Mau Makan Sayur

loading...
Tips Agar Anak Mau Makan – Ayah dan Bunda, sedang kesulitan menghadapi si kecil yang susah makan sayur? Memang, sudah menjadi kebiasaan umum jika anak-anak memang kurang menyukai makan sayur, dan lebih suka makanan lain yang lebih manisa dan beraneka rasanya. Agar anak mau makan saja, terkadang cukup sulit dan butuh langkah-langkah ekstra. Mengejarnya agar mau menghabiskan makanannya, atau sekedar membujuk si anak agar mau melahap makanannya. Apalagi jika anak-anak justru menjadi lebih menyukai makanan-makanan junk food ketimbang sayuran yang lebih bermanfaat dan bergizi. Padahal nutrisi seimbang sangat dibutuhkan oleh anak berupa sayur dan buah sebagai makanan pelengkap ASI. Lalu, bagaimana ya langkah-langkah yang harus dilakukan oleh setiap orang tua sebagai tips agar anak mau makan sayur? Lebih lengkapnya, simak ulasan beberapa tips di bawah ini.
Baca Juga : 5 Makanan Untuk Anak balita 2 Tahun

Tips Agar Anak Mau Makan
                 Tips Agar Anak Mau Makan


1. Kenalkan makan sayur sejak masih kecil

Selagi masih kecil, ketika bayi misalnya, ada baiknya jika Anda sebagai orang tua memberikan si kecil makanan berupa sayur agar anak mau makan ketika tumbuh agak besar nanti. Jika buah hati sudah dikenalkan dengan sayur dan terbiasa makan sayur sejak kecil, maka cukup mudah bagi ayah dan bunda untuk memberikan menu sayuran yang akan dilahap habis olehnya. Maka sebelum terlambat, kenalkan dulu si kecil dengan sayur-sayuran lebih banyak dari buah-buahan sebagai awalan tips agar anak mau makan. Kecenderungan anak kecil memang suka makan yang manis-manis, maka utamakan sayur terlebih dahulu sebagai pembiasaan. Jika si anak sudah cukup terbiasa makan sayur, maka setelah itu ayah dan bunda bisa memberikan makanan lain yang lebih manis dan bervariasi, misalnya roti marie, ayam, dan sebagainya.

2. Utamakan ASI daripada susu formula

Tips agar anak mau makan sayur yang kedua adalah mengutamakan pemberian ASI dibanding dengan susu formula sejak masih bayi. Mengapa perlu demikian? Sebab, susu formula yang rasanya lebih manis akan mempengaruhi selera makannya. Selain ASI mengandung nutrisi dan gizi yang lebih banyak dan sempurna dari susu formula, ASI tidak memiliki rasa semanis susu formula. Bila anak terbiasa dengan susu formula yang mengandung pemanis buatan sehingga membuatnya terasa manis, maka akan cukup sulit bagi si kecil untuk akrab dengan sayuran. Oleh sebab itu, agar anak mau makan makanan yang penting sebagai asupan nutrisinya berupa sayuran, sebaiknya biasakan dan utamakan ASI sejak kecil agar anak menyukai sayuran. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa anak memang menyukai makanan manis dan perlu dibiasakan terlebih dahulu.

3. Buat kegiatan menyenangkan dengan libatkan anak dan sayuran

Apabila anak belum terbiasa dengan sayuran sejak kecil, ayah dan bunda tidak perlu berkecil hati mencari ide agar anak mau makan. Anda bisa membuat kegiatan yang menarik dan menyenangkan berupa memasak sayuran yang melibatkan si anak. Sebagai tips agar anak mau makan, cara ini bisa diterapkan dengan cukup mudah. Tak perlu melakukan aktivitas yang berat atau sulit bagi anak, Anda bisa melakukan cara-cara mudah dan ringan seperti mengajaknya belanja sayur ke pasar, mengajaknya untuk melihat cara mengolah atau memasak sayur sebagai menu hidangan dan membentuk sayur agar terlihat lebih menarik.

4. Pastikan ada sayur saat makan besar

Anak Anda kerap makan dengan anggota keluarga yang lain? Tak perlu khawatir, Anda bisa mengantisipasinya agar anak mau makan. Bila si kecil kerap makan dengan orang tua atau keluarga Anda yang lain, pastikan mereka mengkonsumsi sayuran juga. Selain menjadi pembiasaan bagi si buah hati, tips agar anak mau makan ini juga akan membuatnya tertarik untuk makan sayur dengan mengikuti orang-orang di sekitarnya. Maka dari hal tersebut, si anak akan terbiasa mengenal bermacam sayuran yang ada di meja makan dan tidak menolak jika diberikan sayuran sebagai menu makanan utamanya. Agar anak mau makan, cara ini bisa cukup diandalkan sebagai pembangun minat anak untuk memperbanyak makan sayur sebagai asupan gizi dan nutrisinya.

5. Olah sayur agar lebih menarik

Agar anak mau makan, ayah dan bunda bisa lebih berkreasi dengan sayur untuk membuatnya lebih menarik dan diminati oleh si kecil. Bagi anak-anak yang sudah terlanjur tidak suka dengan sayuran, cara ini menjadi tips agar anak mau makan sayur yang cukup ampuh dan bisa diandalkan. Coba saja olah makanan yang bentuknya bukan sayuran, namun mengandung sayur di dalamnya. Seperti misalnya nasi tim sayur, nuget sayur atau olahan menarik lainnya. Selain itu, Anda juga bisa membentuk makanan dengan bentuk-bentuk yang lebih menarik. Melalui cara ini, orang tua memang dituntut untuk berkreasi lebih banyak demi si anak. Selain itu, sebagai tips agar anak mau makan secara umum, Anda perlu membuat suasana makan yang kondusif. Suasana yang menyenangkan dan tidak membebani psikologis sang anak akan membuatnya lebih betah makan. Kesan pertama anak bila menemui menu baru akan menentukan, apakah selanjutnya si anak menyukai menu itu sampai ia dewasa nanti atau tidak.

6. Kenalkan manfaat sayuran

Bila di kecil sudah mulai bisa belajar, alangkah baiknya jika ayah dan bunda mengenalkan kepadanya manfaat beragam sayuran sebagai tips agar anak mau makan. Agar lebih menaraik, Anda bisa memanfaatkan permainan yang berisi tentang manfaat sayur sehingga ia lebih bisa mengenali manfaatnya dengan mudah dan dari cara yang menyenangkan. Lalu berikan penjelasan tentang manfaat masing-masing sayur dengan contoh sederhana, bahasa dan perumpamaan yang dimengertinya. Lakukan permainan tersebut dengan cara yang mudah dan tetap memberikan pengetahuan sayurnya.

7. Suplemen sayuran

Nah, agar anak mau makan sayuran, ada tips terakhir yang bisa Anda lakukan sebagai salah satu langkah praktis. Kini telah banyak suplemen-suplemen yang bermanfaat bagi anak-anak. Kenalkan buah hati Anda untuk mengkonsumsi suplemen sayuran yang kini cukup banyak beredar di pasaran. Misalnya saja sumplemen dengan kandungan vitamin, nutrisi sayuran, atau suplemen penambah nafsu makan anak dengan kandungan gizi yang mencukupi. Tidak ada salahnya mencoba tips agar anak mau makan ini sebagai penambah nafsu makannya, apalagi bila tips-tips di atas telah dicoba namun belum terlihat hasilnya.

Tips Agar Anak Mau Makan
Tips Agar Anak Mau Makan

Nah ayah dan bunda, itu tadi ketujuh tips agar anak mau makan sayuran. Kunci utamanya adalah pada pembiasaan, maka sebelum terlambat ada baiknya si kecil dibiasakan untuk senang dan mengkonsumsi sayuran sejak dini. Selain itu, berikan tambahan-tambahan ekstra yang akan membantu mendongkrak minat makannnya dan kesukaannya pada sayur. Demikian ketujuh tips agar anak mau makan, semoga bermanfaat. Karena buah hati adalah kekayaan yang paling berharga, maka sudah sepantasnya memberikan yang terbaik untuk pertumbuhannya. Selamat mencoba ketujuh tips ini agar anak mau makan.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top