Vitamin untuk anak 1 tahun susah makan

Vitamin untuk anak 1 tahun susah makan

loading...
Vitamin untuk Anak Susah Makan – Anak yang susah makan memang menjadi masalah umum yang kerap dihadapi orang tua, apalagi bila anak masih balita. Apalagi, anak 1 tahun susah makan memang butuh taktik ekstra oleh para orang tua agar ia mau melahap asupan gizi yang tersedia dalam makanannya. 
Baca juga: Tips Agar Anak Mau Makan Sayur

Anak 1 tahun susah makan, ada beberapa penyebab yang membuat anak hilang nafsu makannya atau berkurang, coba ibu perhatikan pola makannya, misal dengan memperhatikan bahan dan cara memasakanya, karena kandungan gizi akan berkurang jika cara mengolahnyapun salah. Jadi perhatikan cara pengolahannya selain juga memperhatikan bahan yang digunakan.

anak 1 tahun susah makan
Anak 1 tahun susah makan


Penyebab anak susah makan rata-rata hampir sama, seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan ringan atau camilan, sedang sakit atau tidak enak badan, bosan dengan menu yang dihidangkan, merasa tidak nyaman saat sedang makan hingga terlalu banyak susu yang ia minum. Selain itu, bisa jadi sang anak 1 tahun susah makan karena terlalu banyak kalori dalam makanannya. Nah, untuk yang satu ini ayah dan bunda perlu lebih pintar dalam menyajikan makanan agar tetap memenuhi gizi namun juga tidak berlebihan. Jika penyebabnya sulit ditemukan, maka vitamin untuk anak susah makan tidak ada salahnya untuk dicoba, namun tetap memperhatikan aturan agar sesuai takaran.

Vitamin yang paling sering dipergunakan ialah yang mengandung minyak ikan. Kali ini, kita akan membahas kandungan minyak ikan, manfaatnya serta penggunaannya pada anak 1 tahun susah makan.

Berikut penjelasan Minyak Ikan sebagai Vitamin untuk Anak Susah Makan


Minyak ikan sudah kerap kita dengar dan populer, apalagi bagi Anda yang memiliki anak balita. Di beberapa iklan di televisi maupun di pasaran. Sejak lama pula sebagian orang tua mengenal dan mempergunakan minyak ikan. Namun kadang banyak dari kita yang belum mengetahui, manfaat yang terkandung dalam minyak ikan bagi anak 1 tahun susah makan. Tak hanya itu, minyak ikan juga membuat anak lebih cerdas karena kandungan berbagai vitamin dan omega-3 di dalamnya.

Dari beberapa penelitian, minyak ikan diketahui mengandung omega-3 yang kerap kita ketahui terutama DHA yang bermanfaat untuk mendukung kecerdasan anak. Apalagi sampai hari ini, minyak ikan yang sejak dulu sudah digunakan, kini masih bertahan dan masih banyak dipakai para orang tua yang memiliki anak 1 tahun susah makan.

Vitamin untuk anak susah makan dari minyak ikan ini memiliki 2 unsur asam lemak esensial panjang, yang telah diteliti dari bagian Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi IPB Bogor. Yakni EPA (Eico Pentanoic Acid) atau asam lemak omega rantai panjang C 20 dan DHA (Doxoca Hexanoic Acid) atau asam lemak omega rantai panjang C 22. Asam lemak dari Omega-3 tersebut juga disebut asam linoleat.

Lalu, apa fungsi EPA dan DHA itu sendiri?
Sebagaimana yang sering kita dengar selain omega-3 yang berperan sebagai vitamin untuk anak susah makan, DHA merupakan pendukung kecerdasan otak anak. DHA cukup berperan dalam meningkatkan ketajaman retina mata, dan juga meningkatkan kecerdasan otak terlebih pada anak. Indera penglihatan berupa mata ialah organ penting yang membantu kita melihat segala sesuatu dan diteruskan ke stimulus ke otak. Maka ketajaman mata dalam menangkap suatu objek atau benda, dan meneruskannya agar respon di otak inilah yang dipengaruhi oleh unsur DHA. Sebab itu, mengapa DHA amat berperan terhadap kecerdasan otak selain suplemen anak 1 tahun susah makan. Selain DHA, ada juga EPA yang tidak kalah manfaatnya. Yakni berperan terhadap kesehatan jantung dan juga pembuluh darah.

Dimana terdapat kandungan omega-3?
Omega-3 tertinggi terkandung pada ikan laut dalam, seperti ikan cod. Minyak hati dari ikan cod inilah yang kerap disebut dengan cod liver oil dan kerap kita dengar sebagai vitamin anak susah makan. Sedangkan pada ikan-ikan yang ada di permukaan, kandungan omega-3 di dalamnya tidak sebanyak ikan laut dalam. Bahkan selain kecil, bisa dikatakan bahwa kandungan omega-3 pada ikan di permukaan laut hampir tidak ada. Hal ini disebabkan karena ikan-ikan laut yang dalam harus bertahan dengan lingkungannya berupa suhu dan tekanan yang tinggi, maka ikan-ikan tersebut membutuhkan timbunan lemak yang juga tinggi. Di samping itu, ikan laut bagian dalam juga mengkonsumsi phytoplankton berupa tanaman yang hidup di dasar laut. Omega-3 rantai pendek terkandung dalam phytoplankton tersebut. Selain itu, omega-3 rantai pendek juga dapat ditemukan pada tumbuhan jagung.

Vitamin Anak Susah Makan lainnya dalam Minyak Ikan
Selain Omega-3 berupa DHA dan EPA, dalam minyak ikan juga terkandung vitamin yang bermanfaat bagi pertumbuhan anak. Minyak ikan yang diambil dari hati ikan kaya vitamin A, vitamin D dan kalsium. Maka baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Ditambah juga kandungan vitamin B kompleks yang dominan sebagai penambah dan pembangkit nafsu makan. Sehingga sangat cocok bagi anak 1 tahun susah makan sebagai suplemen atau vitamin anak susah makan.

Sebagian minyak ikan memang dikemas tanpa menggunakan tambahan apapun, sehingga baunya terasa amis. Maka sebagian vitamin dengan kandungan minyak ikan biasanya menggunakan jus jeruk sebagai pengurang rasa amis pada minyak ikan. Bila jus jeruk ini asli alias benar-benar sari pati jeruk, dan bukan hanya sebagai perasa, maka kandungan asam folat dalam jeruk cukup baik bagi tumbuh kembang anak.

Penggunaan Minyak Ikan sebagai Vitamin anak susah makan
Minyak ikan memiliki kandungan lemak yang tinggi. Berkaitan dengan kandungan lemak tinggi ini, vitamin anak susah makan dari minyak ikan sangat bagus bagi anak yang kurus. Meskipun banyak manfaatnya, namun pemakaian minyak ikan juga harus tetap diperhatikan. Dan bukan berarti konsumsinya pada anak yang kurus juga berlebihan atau diperbanyak, namun juga disesuaikan takaran dan hanya bila anak susah makan, apalagi pada anak 1 tahun susah makan.

Minyak ikan berfungsi sebagai zat gizi tambahan atau suplemen. Prinsipnya, hanya perlu dikonsumsi individu atau anak yang memang kekurangan zat gizi, atau memang bahan makanan tak bisa masuk ke dalam tubuhnya karena sakit atau tidak nafsu makan. Bila anak sudah memiliki nafsu makan dan pola makan yang baik, maka sebaiknya tidak perlu mengkonsumsi suplemen. Hal ini penting diperhatikan agar tidak terjadi kelebihan zat gizi pada anak 1 tahun susah makan.

Apalagi jika anak masih minum susu, kandungan kalsium dalam susu sebenarnya juga sudah cukup tanpa kandungan kalsium dari minyak ikan. Jika ditambah dengan masuknya minyak ikan berlebihan, anak bisa kelebihan kalsium dan justru menjadi racun. Apalagi, pencernaan bayi masih belum sekuat pencernaan orang dewasa, sehingga bisa memperberat sistem pencernaannya. Maka, vitamin untuk anak susah makan ini baiknya diberikan hanya bila anak Anda tidak nafsu makan.

vitamin untuk anak susah makan
Vitamin untuk anak susah makan

Selain itu, konsumsi minyak ikan ini akan lebih baik jika anak 1 tahun susah makan mengkonsumsinya secara langsung dari ikan. Maka bukan hanya kandungan omega-3 saja, namun peridoksin, yodium dan niasinnya juga bisa didapat. Mengolahnyapun sebaiknya tidak digoreng, karena omega-3 bisa rudak dengan panas yang tinggi. Cara lain untuk mengolahnya bisa dengan dipanggang atau dipepes sebagai vitamin untuk anak susah makan.

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top