Cara Membuat Makanan Sehat Dengan Mudah

Cara Membuat Makanan Sehat Dengan Mudah

loading...
Cara Membuat Makanan Sehat Dengan Mudah - Pola hidup sehat di jaman modern ini teramat sangat diperlukan , termasuk asupan makanan yang masuk ke tubuh kita. Alasan utamanya ialah untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari beragam penyakit.

Namun, penerapannya kerap terhalang oleh paradigma lama yang beranggapan bahwa hidup sehat itu sulit apalagi membuat makanan sehat. Alhasil masyarakat umumnya lebih memilih makanan berbahaya yang dinilai simple, pratis alias nggak ribet. Selain itu, makanan sehat juga kerap dipandang sebagai makanan mahal.

Faktanya, pemikiran tersebut tak terbukti kebenarannya. Percayalah bahwa cara membuat makanan sehat sangat mudah dan hemat, tidak sesulit dan semahal yang dibayangkan banyak orang selama ini.

Untuk membuat makanan sehat tidak melulu harus digoreng, karena ada cara praktis lainnya seperti direbus, dipanggang, dikukus atau dibakar. Sebagian makanan sehat bahkan bisa tersaji hanya dengan dicuci dan diiris tanpa proses memasak.

Nah, cara membuat makanan sehat untuk keluarga dan Anda sendiri umumnya melalui tiga tahap yakni persiapan, memasak dan penyajian. Simak cara simple membuat hidangan bergizi berikut ini.

1. Persiapan
Layaknya memasak pada umumnya, langkah awal ialah menyiapkan bahan makanan sehat seperti sayuran segar. Pastikan seluruh peralatan dan bahan sudah di cuci dan dalam kondisi bersih. Jika menggoreng makanan, siapkan tisu untuk menyerap minyak setelah digoreng. Selain itu, bila membuat kue pastikan takarannya sesuai dengan resep yang Anda ikuti.

2. Memasak
Memasak yang baik ialah tidak terlalu lama waktunya. Hal ini agar kandungan nutrisi yang terdapat dalam bahan makanan tetap terjaga kondisinya. Mengkukus makanan lebih dianjurkan karena lebih sehat.

Untuk sayuran, jika sudah selesai direbus matang ada baiknya direndam dengan air dingin untuk menghentikan proses pematangan dan membuatnya tetap segar.

Cara Membuat Makanan Sehat
Menu Makanan Sehat


3. Penyajian
Agar kandungan nutrisi tidak berkurang sangat baik makanan langsung disajikan dan disantap bersama keluarga.

Makanan sehat tentu mengandung unsur 4 sehat 5 sempurna dan untuk membuatnya ada 3 hal utama yang harus diperhatikan. Diantaranya, batasi penggunaan garam dan gula berlebih, hindari bahan makanan berlemak tinggi dan seimbangkan menu makanan sehat dengan sayuran juga buah-buahan yang baik.

Kemudian, untuk tetap berhemat dan bisa membuat makanan sehat diperlukan strategi jitu seperti:

- Perencanaan
Anda bisa membuat makanan sehat dengan membeli bahan dalam jumlah besar sekaligus, apalagi jika ada diskonan. Bahan tersebut bisa disimpan dengan baik di freezer dan digunakan sesuai kebutuhan.

Untuk lebih praktis, saat ini banyak bumbu dan bahan jadi yang tinggal diolah secara mudah di rumah. Resikonya tentu harga lebih mahal dan biasanya kurang sehat.

Jauh lebih baik Anda membuat bumbu dan bahan sendiri dalam jumlah tertentu yang bisa dipakai beberapa kali memasak. Misalnya membuat kaldu dari tulang ayam yang Anda beli dan masih banyak lagi. Banyak resep sehat yang murah dan mudah untuk membuat menu idaman keluarga seperti menu makanan anak 1 tahun, jadi tak perlu khawatir jadi ribet.

Selain itu, banyak strategi jitu yang bisa diterapkan untuk membuat makanan sehat. Mulailah hidup sehat dan membuat makanan sehat untuk Anda dan Keluarga. Membuat makanan sehat sendiri jauh lebih banyak manfaatnya ketimbang membeli.

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top