Menu Makanan Sehat Balita Usia 1 Tahun

Menu Makanan Sehat Balita Usia 1 Tahun

loading...
Menu Makanan Sehat Balita Usia 1 Tahun - Layaknya manusia pada umumnya, seorang balita juga memerlukan makanan yang sehat untuk tumbuh kembang dan kesehatannya. Bagi balita dibawah setahun, makanan yang paling dianjurkan ialah bubur dan ASI. Namun, untuk balita yang sudah menginjak usia setahun, ibu harus pandai-pandai megatur pola dan menu makanan sehat bagi buah hatinya.

Usia setahun dinilai sebagai fase produktif dan baik dalam mengembangkan kecerdasan, karakter dan kesehatan anak. Untuk itu ibu perlu aktif mencari informasi dan memenuhi kebutuhan nutrisi juga asupan gizi si kecil agar pertumbuhannya baik dan maksimal.

Menu Makanan Sehat Balita Usia 1 Tahun


Lalu bagaimana menu yang baik dan sehat untuk anak usia 1 tahun? Berikut beberapa menu makanan anak 1 tahun yang disarankan Secara umum terbagi dalam makanan pagi, makanan siang dan makanana malam.

Menu Pagi

Menu sarapan yang cocok untuk anak 1 tahun ialah nasi tim ayam cincang atau tahu cincang. Bahan dan pengolahannya sangat mudah. Untuk nasi tim ayam cincang, siapkan nasi lembek sekitar setengah piring, 1 cawan kecil ayam giling lembut, sebutir kuning telur untuk tambahan protein, air dan garam secukupnya. Bisa ditambahkan sayuran dicincang kecil untuk memberi tambahan mineral juga zat besi.

Campurkan semua bahan dan aduk rata. Lalu tim beberapa menit dalam panci kecil yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Makanan pun siap disajikan.

Untu tim tahu cincang, bahannya tahu cincang, wortel diparut, tomat iris tipis dan tepung beras dengan takaran masing-masing 50 gr, lalu 20 gr bayam, 500cc air dan garam secukupnya. Caranya campurkan tahu, wortel dan tepung beras dalam mangkuk tahan panas, lalu aduk rata dan tim hingga matang. Setelahnya masukkan sisa bahan lainnya. Kemudian rendam tomat dengan air mendidih hingga hancur. Ambil airnya dan campurkan sedikit gula lalu saring dan siramkan pada tim tahu.

Menu Siang

Siapkan makanan untuk membantu perkembangan otak dengan makanan kaya omega 3 dan protein. Bahannya 2 potong tahu sutera, 1 siung bawang putih (dicincang halus), 1 ruas jahe cincang, daun salam, perasan jeruk nipis, fillet ikan setengah lembar dan secangkir air. Caranya lumuri fillet ikan dengan perasan jeruk dan dan jahe lalu sisihkan. Rebus air, masukkan daun salam dan bawang. Masukkan ikan setelah mendidih dan masak hingga setengah matang. Lalu masukkan tahu dan tunggu hingg matang untuk disajikan.

Menu Malam

Bahannya udang (cincang halus), lada, bawang putih dihaluskan, sayuran dipotong kecil dan garam secukupnya. Caranya, lumuri udang dengan bawang lada dan garam. Lalu buat telur dadar tipis dan letakkan adonan udang dan sayuran ke atas telur. Kemudian gulung, ikat dan kukus hingga matang. Potong jadi beberapa bagian dan hidangkan dengan nasi tim.

Anak 1 tahun sebenarnya sudah bisa mengkonsumi makanan padat namun harus dibatasi karena penceranaan belum sempurna dan kapasitasnya masih sedikit. Hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membuat menu resep makanan sehat untuk anak adalah tidak menggunakan penyedap, memakai garam dan gula secukupnya juga tidak ada alergi makanan tertentu.

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top