Penyebab Anak Tidak Mau Makan

Penyebab Anak Tidak Mau Makan

Penyebab anak tidak mau makan – Waktu makan anak kerap kali menjadi momok bagi sebagian besar orang tua. Wajar saja, sebab anak susah makan adalah kondisi yang kerap menimpa sebagian besar buah hati dan menjadi masalah yang cukup mengkhawatirkan bagi orang tua. Lalu ayah bunda bertanya-tanya, sebenarnya apa yang menjadi penyebab anak tidak mau makan? Apalagi jika semua hal yang berkaitan dengan solusi anak susah makan sudah dicoba, namun tetap saja belum maksimal.

Penyebab anak tidak mau makan memang beragam. Mulai dari penyebab umum hingga penyebab-penyebab yang khusus dan untuk mengatasinya perlu penanganan ekstra. Kondisi ketika anak tidak mau makan seperti menghamburkan makanannya, enggan membuka mulut maupun hanya mengemut makanan tanpa segera menelannya juga kadang menjadi masalah bagi orang tua sehingga perlu juga disesuaikan dengan penyebab anak susah makan.

Berikut beragam penyebab anak tidak mau makan


Secara garis besar, penyebab anak susah makan dibagi menjadi dua kondisi, yakni kondisi anak susah makan karena faktor fisik serta kondisi anak susah makan karena faktor psikologis. Untuk penjabaran lebih lengkapnya tentang penyebab anak tidak mau makan, di bawah ini akan dijelaskan lebih lengkap.

Kondisi psikologis penyebab anak susah makan

1. Depresi

Penyebab anak tidak mau makan bisa jadi karena si kecil sedang mengalami depresi. Anak kecil bisa saja depresi, mungkin saja karena cara orang tua yang terlalu keras atau kasar sehingga membuatnya merasa terlalu tertekan. Mungkin bila bukan karena orang tua, si anak juga bisa depresi lantaran menjadi objek bully-ing di antara teman-temannya.


Penyebab anak tidak mau makan
Penyebab anak tidak mau makan


2. Cemas

Kondisi anak yang cemas bisa menjadi salah satu penyebab anak tidak mau makan. Misalnya cemas jika tidak diperhatikan atau takut bila ditinggal orang tuanya, kadang enggan makan adalah salah satu cara protesnya pada orang tua.

3. Kerap dipaksa

Nah, kadang sebagian orang tua yang pusing pada anak susah makan kerap mengambil jalan pintas yang salah, berupa memaksa dan menekan anak untuk menghabiskan makanannya. Padahal hal ini justru merupakan penyebab anak tidak mau makan yang mengakibatkan psikologis anak menjadi trauma ketika makan.

4. Trauma

Anak juga kerap mengalami trauma disebabkan karena kesan pada makanan yang mungkin rasanya tidak enak, membuatnya sakit dan sebagainya. Trauma juga melanda anak jika suasana makan tak menyenangkan atau membuatnya di sisi tak nyaman sehingga penyebab anak tidak mau makan yang satu ini perlu lebih diperhatikan oleh orang tua.

Kondisi fisik penyebab anak susah makan


1. Sariawan

Jika si kecil enggan mengunyah makanan atau bahkan membuka mulutnya, bisa jadi ia sedang terkena sariawan. Luka yang menganga di daerah mulutnya terasa semakin menyiksa jika sedang makan. Alhasil, penyebab anak tidak mau makan yang satu ini perlu disembuhkan dulu dari akarnya.

2. Diare

Selain itu, penyebab anak tidak mau makan selanjutnya adalah sistem pencernaannya yang terganggu, salah satunya diare. Sementara diarenya sembuh, berikan ia makanan lunak dan kurangi makanan asam.

3. Amandel

Nah bunda, bisa jadi si anak juga sedang mengalami masalah yang cukup serius berupa amandel. Jika memang penyebab anak tidak mau makan adalah amandel, proses makannya menjadi cukup menyakitkan dan sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Selain itu, penyebab anak tidak mau makan bisa jadi berupa radang tenggorokan atau cacingan.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top