Jadwal Makan Anak 1 Tahun | Pola Makan Sehat

Jadwal Makan Anak 1 Tahun | Pola Makan Sehat

Jadwal makan anak 1 tahun – memasuki tahap makan anak yang mulai lanjut, biasanya butuh penyesuaian pada tubuh dan pola makannya. Termasuk jadwal makan anak 1 tahun, setelah usia anak memasuki usia ke-6 bulan biasanya perubahan makanan mulai diterapkan. MPASI mulai diberikan setelah 6 bulan, setelah itu memasuki usia 1 tahun dan butuh makanan dengan nutrisi yang lebih kompleks. Lalu bagaimana mengatur jadwal makan anak 1 tahun?

ASI sebagai makanan awal bagi si kecil memang diutamakan sebagai makanan awalnya, kemudian lambat laun seiring pertumbuhan si kecil maka ASI menjadi makanan sekunder dan terganti. Hal ini sebagai tahapan makannya, agar anak bisa mengenali makanannya dengan baik dan mendukung proses pertumbuhannya serta pola makan yang teratur. Memberikan jadwal makan anak 1 tahun dirasa cukup penting, mengingat banyak anak susah makan nasi karena kurangnya pembiasaan dan pola makan yang terkontrol. Selain untuk menambah berat badan anak juga sebagai pencegahan cara agar anak mau makan. 

Jadwal makan anak 1 tahun sudah bisa mengikuti menu orang dewasa atau menu makan keluarganya, namun tetap memperhatikan porsi dan kebutuhan makan si kecil. Umumnya, makan bagi si kecil bisa dibagi menjadi 3 kali dalam sehari ditambah makan selingan, yakni pagi (sarapan), makan siang, selingan dan makan malam. Ketika ia tumbuh memasuki tahap selanjutnya yakni pada usia 2 tahun, si kecil mulai dikenalkan makanan sehat untuk anak 2 tahun. 

Berikut jadwal makan anak 1 tahun


1. Sarapan

Makan pagi si kecil saat bersama keluarga bisa bunda hidangkan berupa nasi lengkap dengan lauk dan sayurannya. Tidak hanya nasi, sebagai alternatif lain dalam jadwal makan anak 1 tahun pada saat sarapan yang sama kandungannya, bunda bisa memberikan pasta, kentang maupun roti yang juga dihidangkan bersama lauk dan sayuran. Resep lain misalnya bubur makaron juga dapat dihidangkan yakni dengan perpaduan makaroni, susu, telur serta sayuran.


Jadwal makan anak 1 tahun


2. Selingan

Biasanya sebelum makan siang dan setelah sarapan, maupun pada sore harinya terdapat makanan selingan bagi si kecil. Jadwal makan anak 1 tahun pada pukul 10.00 pagi maupun 16.00 sore bunda bisa memberikannya buah maupun kue yang divariasikan dalam sehari atau setiap harinya.

3. Makan siang

Jadwal makan anak 1 tahun pada siang hari masih berupa nasi yang lengkap dengan lauk pauk serta sayurannya. Sebagai pilihan, sajikan nasi tim dengan lauk yang lengkap berupa ayam giling, wortel iris kecil, tempe iris kecil dan tomat yang dimasak dalam bumbu semur sebagai resep makan anak. 

4. Makan malam

Sama halnya dengan makan siang, jadwal makan anak 1 tahun pada malam harinya juga bisa dihidangkan nasi lengkap. Selain itu, pilihan lain makan malam anak ialah opor, sup, dan soto. Pilihan menu juga dapat menyesuaikan menu makanan keluarga dengan porsi yang sesuai untuk si kecil.

5. Pemberian susu

Susu baiknya diberikan ketika anak bangun tidur di pagi hari maupun sebelum si kecil akan tidur pada malam harinya. Pemberian susu berikut agar tidak mengganggu jadwal makan anak 1 tahun yang sudah teratur dan berpola.

Demikian artikel seputar jadwal makan, agar tidak terjadi anak 1 tahun susah makan. Semoga bermanfaat bagi bunda dalam menjaga tumbuh kembang si kecil seputar jadwal makan anak 1 tahun.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top