Atasi Anak Susah Makan dan Solusinya

Atasi Anak Susah Makan dan Solusinya

loading...
Atasi anak susah makan – Problema anak susah makan memang kerap kali mengkhawatirkan. Di usia si kecil yang seharusnya mendapat asupan gizi yang seimbang dalam pertumbuhannya, anak justru sering bermasalah saat jam makan. Masalah ini juga menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi para orang tua. Cara atasi anak susah makan memang beragam, tinggal bagaimana ayah dan bunda mengetahui kondisi si kecil dan penyebab kenapa anak susah makan sehingga dapat ditemukan solusi yang tepat. Atasi anak susah makan juga gampang-gampang sulit, jadi butuh kesabaran dari tiap orang tua untuk menyiasati anak susah makan ini. Lebih lengkapnya, di bawah ini akan diulas bagaimana tips ampuh sebagai cara mengatasi anak yang susah makan. Baca juga : Anak Susah Makan Nasi, Penyebab hingga Solusinya

Atasi Anak Susah Makan
Atasi anak susah makan

Berikut cara atasi anak susah makan :


1. Perhatikan jadwal

Yang pertama dari cara untuk atasi anak susah makan adalah memperhatikan jadwal makannya. Oleh karena itu, buatlah jadwal makan si kecil sesuai dengan kondisinya. Hal ini akan melatih sang anak yang membuatnya mengenal rasa lapar saat waktunya makan. Pemberian makananpun jadi lebih mudah dan mengurangi kondisi anak susah makan.

2. Jangan sediakan makanan itu-itu saja

Anak-anak sangat suka hal yang menarik, dan sebaliknya ia juga mudah bosan. Oleh karena itu, atasi anak susah makan dengan memvariasikan makanan untuknya. Baik itu dari resep makanan maupun jenis dan kandungan gizinya. Misalnya dengan membuat variasi buah yang dibentuk atau diberi sirup dan hiasan tertentu. Juga pada kotak makan siangnya, bunda bisa membuat bentuk yang lucu yang menarik namun tetap mengandung asupan gizi yang utuh.

3. Ciptakan suasana rileks

Hal ini juga penting untuk atasi anak susah makan, yakni dengan membuat suasana makan yang nyaman saat si kecil melahap makanannya. Sebagian penyebab anak susah makan dikarenakan suasana makan yang kurang nyaman sehingga mempengaruhi psikologis anak susah makan, maka wajar jika ia kehilangan selera makannya.

4. Tak perlu paksa anak makan

Nah para orang tua perlu menyadari pentingnya melatih anak dengan kesabaran, termasuk saat makan. Memaksa anak saat makan juga tidak dianjurkan, sebab hanya akan membuat nafsu makannya berkurang dan membuatnya trauma di saat jam makan. Atasi anak susah makan tidak perlu dengan memaksanya menghabiskan makanannya. Sebab ia sedang berlatih, maka biarkan si anak memakan makanannya dengan tangannya sendiri. Mau habis atau tidak, hal itu lama-lama akan melatihnya untuk makan dan mengurangi gejala anak susah makan.

5. Sediakan piranti makan menarik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, anak memang menyukai hal-hal yang menarik. Bunda bisa menyediakan piranti makan seperti piring, sendok maupun gelas dari plastik yang berwarna menarik maupun bergambar lucu untuk atasi anak susah makan. Baca juga : Solusi Anak Susah Makan Agar Lebih Lahap

6. Ajak si kecil makan bersama keluarga

Cara atasi anak susah makan selanjutnya adalah dengan melibatkan si kecil makan bersama keluarga. Setiap anak memiliki kebiasaan meniru, maka biarkan ia memperhatikan bagaimana orang dewasa makan dan meniru hal tersebut. Keluarga bisa mencontohkan makan yang baik dengan sayuran, buah-buahan dan lauk pauk yang penting gizinya bagi tubuh.

Demikian penjelasan tentang 6 cara menyiasati anak susah makan. Jangan lupa, yang paling penting adalah kesabaran orang tua dalam melatih si kecil saat makan. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi ayah dan bunda untuk atasi anak susah makan.

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top