Solusi Anak Susah Makan Agar Lebih Lahap

Solusi Anak Susah Makan Agar Lebih Lahap

Solusi anak susah makan – Ayah dan bunda, masalah anak susah makan sudah banyak orang tua yang mengalaminya. Meskipun umum dan wajar, tapi tetap saja hal ini mengkhawatirkan bagi para orang tua apabila anaknya enggan makan. Solusi anak susah makan biasanya diikuti dari penyebabnya, mengapa si kecil enggan melahap makanannya. Untuk itu, mari kita simak bagaimana mengatasi anak susah makan yang lebih ampuh lagi. Berikut 3 solusi anak susah makan. Baca juga:  Penyebab Anak Tidak Mau Makan

Solusi anak susah makan
3 Solusi Anak Susah Makan agar Lahap

Ketahui penyebab anak susah makan

Nah ayah dan bunda, penting lho mengetahui terlebih dahulu kenapa anak susah makan. Sebab solusinya akan berbeda sesuai dengan penyebabnya. Namun tak menutup kemungkinan ada beberapa penyebab yang membutuhkan solusi anak susah makan yang sama pada permasalahan anak susah makan. Seringnya, anak susah makan diakibatkan oleh beberapa penyebab, diantaranya.


  1. Sedang sakit, baik pada organ pencernaan maupun lainnya
  2. Terlalu banyak mengkonsumsi camilan
  3. Minum susu sebelum makan
  4. Bosan dengan menu makanan
  5. Situasi yang kurang nyaman saat makan
  6. Kegagalan pemberian MP-ASI
  7. Trauma psikologis yang dialaminya, dan sebagainya.

Perhatikan pemberian MP-ASI

Solusi anak susah makan memang beragam. Namun ternyata, satu hal yang perlu diperhatikan dan kerap menjadi penyebab pastinya adalah kegagalan dalam pemberian MP-ASI. Umumnya, anak mulai dikenalkan dengan makanan pendamping ASI atau MP-ASI di usia 6 bulan. Pemberian MP-ASI juga harus bertahap, sehingga anak bisa menyesuaikan makanannya dengan baik. Solusi anak susah makan dari MP-ASI yang bertahap dimulai dari susu, lalu seiring bertambah usia dan pada saat yang tepat berikan ia makanan yang masih sangat halus, kemudian beralih ke makanan dengan tekstur lebih kasar namun tetap lembut, dan kemudian jika sudah cukup dewasa berikan ia makanan yang agak kasar seperti nasi, sayur maupun lauk pauk.

Bunda, solusi anak susah makan dari pemberian MP-ASI ini memang harus benar-benar diperhatikan. Sebaiknya memang tidak memberikan makanan dengan tekstur kasar secara terburu-buru, karena dikhawatirkan pencernaannya akan sulit menerima dan beradaptasi. Maka seringnya terjadi kegagalan pemberian MP-ASI adalah pemberiannya yang tidak bertahap. Bisa jadi timbul luka pada lambung anak karena kerap dipaksa dengan makanan bertekstur kasar, yang tanpa disadari membuat anak enggan makan karena organ pencernaannya terganggu. Maka solusi anak susah makan sebelum terlambat adalah memperhatikan pemberian MP-ASI si kecil. Baca juga: Tips Membuat Vitamin Penambah Berat Badan

Ciptakan suasana makan yang nyaman

Solusi anak susah makan selanjutnya adalah menciptakan suasana makan yang nyaman, yakni tanpa paksaan, tanpa hukuman saat makan dan dengan menyajikan variasi makanan sehingga si kecil tak bosan. Biarkan anak berlatih makan sendiri, dan Anda bisa menyediakan high chair atau kursi makan khusus baginya. Biarkan ia makan sendiri, sebagai cara Anda melatihnya. Jangan dipaksa atau dimarahi jika si kecil tak menghabiskan makanannya. Ia akan belajar mengenali makanan dengan baik, juga tetapkan jadwal makan yang tepat sehingga ia menyadari waktu-waktu makan dan menyesuaikan saat lapar. Solusi anak susah makan yang lain, sediakan piranti makan yang menarik seperti piring atau gelas bergambar yang membuat anak betah. Selain itu, variasikan pula menu makanannya dalam resep menarik agar tak bosan.

Demikian 3 solusi anak susah makan yang dipercaya ampuh untuk mengatasi anak susah makan. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi ayah dan bunda tentang solusi anak susah makan.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top