Resep Makanan Sehat untuk Anak

Resep Makanan Sehat untuk Anak

loading...
Resep Makanan Sehat untuk Anak - Memberikan asupan makanan bergizi dari balita hingga dewasa sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak Anda. Untuk itu mereka harus mendapatkan makanan teratur yang mengandung vitamin, mineral dan kandungan nutrisi lainnya.

Namun, ketika seorang anak sudah bisa memilih makanan kesukaan, biasanya sulit untuk diminta memakan sayuran atau makanan bergizi lainnya. Mereka lebih cenderung suka mengkonsumsi makanan kurang sehat dan berbahaya untuk kesehatan juga tumbuh kembangnya.

Untuk itu ibu perlu menerapkan strategi jitu membujuk dan membuat anak mau mengkonsumsi makanan sehat. Selain itu, ibu juga harus tahu daftar makanan kaya gizi yang diperlukan dan wajib dikonsumsi anak-anak.

Resep Makanan Sehat untuk Anak

Daftar Makanan Bergizi yang Diperlukan Anak


1. Padi-padian

Nasi, roti, gandum, jagung dan sejumlah padi-padian mengandung banyak karbohidrat yang jadi sumber energi utama tubuh. Anda juga bisa menyajikannya dengan variasi lain seperti kentang misalnya, agar anak tidak bosan.

2. Susu

Susu mengandung banyak sekali nutrisi, termasuk kalsium, vitamin dan mineral. Susu juga baik untuk pertumbuhan tulang, gigi dan menjaga kesehatan mata. Umumnya, anak-anak kurang menyukai susu, namun bisa datasi dengan memberikan varian rasa atau di mix dengan buah-buahan.

3. Makanan laut

Ikan laut memiliki kandungan protein yang tinggi dan sangat baik untuk perkembangan otak. Salmon merupakan salah satu jenis ikan yang disarankan karena rendah merkuri dan baik juga untuk kesehatan jantung.

4. Telur dan Daging

Telur sangat dianjurkan untuk kebutuhan protein anak, namun disarankan tidak diberikan setiap hari karena bisa menyebabkan kolesterol. Daging ayam atau sapi juga disarankan untuk dikonsumsi anak.

5. Buah dan Sayur-sayuran

Buah dan sayur merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Menu makanan ini juga bermanfaat untuk menurunkan atau menambah berat badan anak.

Resep makanan sehat untuk anak haruslah seimbang tiap harinya dan mengandung beberapa daftar makanan bergizi yang dibutuhkan tubuhnya. Agar mengunggah selera makan si kecil dan membuatnya tidak plih-pilih makanan memang diperlukan kebiasaan dan keaktifan ibu berkreasi dengan makanannya.

Ibu bisa membuat masakan sehat, praktis dan mudah yang mengandung banyak nutrisi. Kreasi dan resepnya pun bisa didapatkan dari berbagai sumber seperti majalah dan internet.

Untuk menjaga kebutuhan nutrisinya diluar rumah (sekolah misalnya), ibu bisa membawakan bekal makanan dengan menu yang bervariasi setiap hari. Dengan demikian, anak akan terhindar dari makanan berbahaya yang mungkin di jual di sekolahan.

Resep Makanan Sehat untuk Anak

Resep dan menu makanan sehat untuk anak bukan hanya untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembang fisiknya. Makanan sehat juga sangat berguna untuk meningkatkan intelektualitas, kekuatan fisik dan mental yang semuanya dapat berguna untuk pertumbuhan dan aktivitas kesehariannya.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top