Anak Usia 1 Tahun Susah Makan | Begini Solusinya

Anak Usia 1 Tahun Susah Makan | Begini Solusinya

Anak usia 1 tahun susah makan kerap menjadi sebab kekhawatiran tiap orang tua. Bagaimana tidak? Buah hati yang sudah disiapkan makanannya, enggan membuka mulut atau  berlarian kemana-mana saat jadwal makannya tiba. Di samping itu, kadang si kecil suka memilih-milih makanan saat disediakan. Lalu, bagaimana cara yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi Anak usia 1 tahun susah makan? Apakah ada cara khusus seperti memberikannya susu untuk anak susah makan? Atau dengan vitamin anak susah makan?
Anak Usia 1 Tahun Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Usia 1 Tahun Susah Makan


Sebenarnya para orang tua tidak perlu terlalu khawatir karena masalah anak susah makan ini adalah masalah yang juga dialami oleh sebagian besar orang tua lainnya, apalagi pada Anak usia 1 tahun susah makan. Namun tetap saja, perlu ada penanganan untuk mengatasi anak susah makan agar tumbuh kembangnya bisa lancar dan membuatnya sehat.

Penyebab Anak usia 1 tahun susah makan
Pada anak usia 1 tahun, anak mulai dapat membeda-bedakan rasa sehingga ia kerap memilih makanan. Apalagi, anak sudah muai aktif dengan mainan di sekelilingnya, dan memiliki rasa keingintahuan yang cukup besar di masa-masanya. Ia lebih sibuk dengan mainannya atau hal lain yang membuatnya lebih tertarik, sehingga fokusnya pada makanan menjadi berkurang.

Selain itu, Anak usia 1 tahun susah makan juga sedang ingin berlatih berjalan dan membuatnya merasa lebih baik berjalan daripada makan.  Bahkan, bisa dikatakan bahwa pada saat usianya menginjak keduabelas bulan ini, si kecil sedang berusaha menunjukkan pada orang tuanya bahwa ia sedang belajar mandiri. Pemberian susu atau camilan sebelum makan terkadang menjadi penyebab umum kenapa anak sulit makan. Bisa jadi ia menjadi kenyang sebelum Anda memberikan nasi atau makanan utama, dari susu atau camilan yang dimakannya seperti coklat, snack atau makanan ringan lainnya. Baiknya, makanan tersebut diberikan setelah ia memakan makanan utamanya.

Anak Usia 1 Tahun Susah Makan


Cara mengatasi Anak usia 1 tahun susah makan
Setelah mengetahui beberapa hal tentang masalah Anak usia 1 tahun susah makan, ada beberapa cara yang bisa bunda terapkan agar pertumbuhan si kecil bisa berjalan dengan baik dan ia mendapatkan nutrisi yang seimbang bagi tubuhnya.

1. Jangan memarahinya
Pada Anak usia 1 tahun susah makan, memarahi dan mengancam anak merupakan suatu pantangan yang sebaiknya tidak perlu dilakukan oleh orang tua. Meskipun si kecil bermain-main dan mengacuhkan makanannya, ancaman atau perasaan marah yang Anda tujukan pada si kecil bisa membuatnya trauma pada jam makan. Jika si kecil sudah mau makan, maka tak mengapa jika ia tak menghabiskan makanannya atau makan dengan berantakan. Hal itu menjadi caranya berlatih meskipun belum sempurna saat jam makan. Demi mengatasinya, Anda bisa menyediakan porsi kecil untuk buah hati agar ia bisa melahap makanannya dengan baik.

2. Ajak makan dengan keluarga
Bunda, sudah menjadi pengetahuan umum bila anak kerap memperhatikan dan meniru perilaku orang di sekitarnya apalagi orang dewasa. Anak usia 1 tahun susah makan baiknya diajak makan bersama dengan keluarga, yang dengan demikian akan melatihnya dan memberikan contoh pada buah hati. Tentunya, keluarga juga harus mencontohkan makan makanan yang sehat seperti sayur, lauk pauk berupa protein dan juga karbohidrat. Dengan pembiasaan makan bersama keluarga, Anak usia 1 tahun susah makan dapat terlatih untuk makan dengan baik agar kebutuhan nutrisinya tercukupi.
Demikian artikel seputar Anak usia 1 tahun susah makan.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top