5 Kebiasaan yang dapat Merusak Rambut

5 Kebiasaan yang dapat Merusak Rambut

loading...
5 Kebiasaan yang dapat Merusak Rambut
Baik perempuan maupun lelaki tentunya menginginkan rambut yang sehat dan indah. Namun sayangnya, sebagian dari mereka tidak tahu bahwa ada banyak kebiasaan sehari-hari yang ternyata malah merusak rambut. Tentunya ini sangat disayangkan, karena bukannya rambut menjadi lebih sehat, namun malah semakin rusak. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi Anda mengetahui beberapa kebiasaan yang dapat merusak rambut pada pembahasan di bawah ini, sehingga Anda bisa lebih berhati-hati.

1.Stres
Kebiasaan pertama yang sering kita alami, terlebih oleh masyarakat perkotaan yang sehari-hari terkena radikal bebas, kemacetan, polusi suara, dan lain sebagainya adalah stres. Kita bahkan sering membuat diri berada dalam keadaan stres, seperti menumpuk tugas, melakukan pelanggaran, dan hal-hal bodoh lainnya. Padahal, menurut penelitian, stres dikaitkan dengan rontoknya rambut.

Bahkan, rontoknya rambut ini bisa saja terjadi setelah tiga bulan dari peristiwa stres tersebut. Stres sendiri menyebabkan munculnya neuropeptida, neurohormon, dan neurotransmitter yang secara signifikan dapat mempengaruhi kualitas folikel rambut.

2.Alat penata rambut
Pernahkan Anda melihat gaya-gaya rambut yang unik dan dengan bentuk yang beragam? Hal tersebut sedikit banyak didapat dengan menggunakan berbagai macam alat penata rambut, seperti sisir, penjepit, hair dryer, catok, dan lain sebagainya. Namun disayangkan, alat-alat penata rambut tersebut sangat mungkin merusak rambut secara signifikan. Pengering rambut dapat merusak permukaan kepala, sedangkan alat untuk meluruskan ataupun membuat rambut keriting dapat menyebabkan rambut rontok.

3.Kekurangan gizi
Kurang gizi bukan berarti kurang makan. Karena ada banyak makanan saat ini yang mengenyangkan karena tinggi karbo dan gula, namun sangat rendah nutrisi-nutrisi penting bagi tubuh. Padahal, menurut penelitian rambut membutuhkan asam amino esensial, protein, zinc, zat besi, serta serum-serum lainnya dalam proses pertumbuhan. Bila rambut kekurangan nutrisi, maka kesehatannya akan sangat terganggu. Oleh sebab itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan vitamin dan mineral untuk menjaganya tetap sehat.

4.Menggunakan produk kimia
Selain menggunakan alat penata rambut, produk kimia juga dapat sangat mungkin merusak rambut. Produk kimia seperti shampoo, pewarna rambut, serum, gel, dan berbagai macam produk styling rambut memang digadang-gadang dapat mempercantik rambut. Namun, tidak sedikit produk-produk komersial tersebut dapat berbahaya karena tidak reversibelnya dengan rambut.

Bahan kimia semisal hidrogen peroksida dan amonia banyak ditemukan pada pewarna rambut. Kedua senyawa tersebut dipercaya dapat membuat rambut menipis dan rontok. DHT (dihidrotestosteron) ada pada shampoo yang dipercaya bisa membuat rambut rontok. Ada pula relaxers rambut yang mengandung natrium hidroksida yang dapat melemahkan rambut, bahkan juga menyebabkan infeksi kulit kepala.

5.Berenang
Kebiasaan yang dapat merusak rambut yang terakhir pada pembahasan kali ini adalah berenang. Memang, berenang dapat membuat tubuh lebih sehat dan fit. Namun umumnya air kolam renang mengandung diklorinasi yang tidak baik untuk rambut. Menurut penelitian, ada 100 lebih lagi bahan kimia yang ada di dalam kolam renang dan desinfektannya adalah klorin. Desinfektan tersebut dapat merusak kesehatan rambut, seperti membuat rapuh dan keriting. Sebaiknya anda baca juga : Cara Mencegah Kerontokan Rambut Alami

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top