Beberapa Gejala Gagal Ginjal

Beberapa Gejala Gagal Ginjal

Beberapa Gejala Gagal Ginjal
Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit yang banyak menghantui masyarakat Indonesia. Terlebih kita kenal bersama, konsumsi makanan orang Indonesia tidak sedikit yang kurang sehat, ditambah oknum-oknum nakal yang memasukkan bahan-bahan berbahaya pada makanan. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan. Salah satunya dengan mengetahui beberapa gejala gagal ginjal, sehingga kita bisa melakukan antisipasi dengan tepat dan cepat.

1.Perubahan pada air kemih
Gejala gagal ginjal yang pertama berhubungan dengan air kemih atau air kencing. Ini adalah salah satu ciri yang bisa dilihat secara kasat mata, yaitu perubahan dari mulai jumlah, frekuensi, hingga warna dari air kencing. Perubahan terjadi karena ginjal yang bermasalah akan sangat mempengaruhi proses pengolahan limbah, khususnya dalam hal penyaringan. Bahkan, bisa jadi air kemih berwarna merah karena tercampur dengan darah. Bila hal tersebut terjadi, maka penanganan medis yang tepat perlu dilakukan.

2.Mudah lelah
Gagal ginjal akan mempengaruhi kinerja sel darah merah, sehingga membuat oksigen tidak dapat dengan efisien tersalurkan ke seluruh bagian tubuh, termasuk otak. Hal tersebut sedikit banyak dapat membuat tubuh kelelahan dalam waktu yang tidak nomal. Hal ini juga bersangkutan dengan menurunnya produksi hormon erythropoietin.

3.Terasa mual
Mual merupakan salah satu dari beberapa gejala gagal ginjal yang mesti Anda ketahui. Mual terjadi salah satunya karena mulut akan merasakan rasa logam yang disebut dengan gejala amoniak breath. Rasa logam muncul diakibatkan karena adanya berbagai macam senyawa yang terdapat di mulut, seperti nitrogen, karbon dioksida, oksigen, dan lain sebagainya yang bercampur. Selain itu, mual juga muncul akibat adanya penumpukan limbah pada aliran darah akibat kinerja ginjal dalam penyaringan dan pengolahan yang menurun drastis.

4.Nyeri pada punggung
Penderita gagal ginjal juga umumnya akan merasakan sakit pada beberapa bagian tubuh dan ini merupakan gejala umum dari penyakit ginjal kronis. Biasanya, rasa nyeri muncul pada bagian punggung serta kaki, bisa pula pada tangan dan wajah. Rasa sakit diakibatkan ginjal yang tidak mampu melakukan sekresi cairan, sehingga menyebabkan timbulnya bengkak pada banyak bagian tubuh.

5.Iritasi pada kulit
Gagal ginjal menyebabkan fungsi organ ginjal mengalami kerusakan. Walhasil, efisiensi kerjanya tentu akan sangat terganggu. Terutama dalam hal pengolahan limbah dan racun di dalam tubuh. Ginjal yang tidak bekerja dengan baik akan menyebabkan limbah serta racun-racun tersebut tidak tersaring dengan benar, sehingga sebagian di antaranya melekat dan mengiritasi kulit. Hal tersebut bisa membuat kulit menjadi sangat rentan terkena berbagai macam penyakit kulit, mulai dari kemerahan, gatal-gatal, jerawat, hingga kering dan ruam.

Ginjal merupakan salah satu organ terpenting yang ada di dalam tubuh manusia. Jadi, sangat disayangkan bila kita tidak menjaganya dengan baik sejak muda. Oleh sebab itu, selain mengetahui beberapa gejala gagal ginjal di atas, ada baiknya Anda imbangi juga dengan makan makanan bergizi, olahraga cukup, dan hal-hal positif lainnya.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top