10 Jenis Daun Yang Bagus Untuk Kesehatan

10 Jenis Daun Yang Bagus Untuk Kesehatan

Daun termasuk bagian dari setiap tumbuhan yang ada, pada daunlah tumbuhan melakukan proses memasak atau mengolah makanan mereka. Dalam proses mengolah makanan daun juga membutuhkan bantuan dari air, sinar matahari dan zat hijau daun. Tidak sedikit dari daun memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan manusia.

 10 Jenis Daun Yang Bagus Untuk Kesehatan


Bahan dasar dari obat herbal berupa daun dan tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat alternatif. Banyak yang percaya obat herbal dapat lebih efektif menyembuhkan penyakit dibandingkan dengan obat medis. Tapi banyak juga yang cocok dengan obat medis yang diberikan oleh dokter atau rumah sakit.

10 Jenis Daun Untuk Kesehatan


Kesehatan merupakan sesuatu yang harus dijaga setiap saat, diupayakan baik dengan obat herbal sebagai alternatifnya atau dengan pengobatan medis. 10 daun yang memiliki manfaat bagus untuk badan seperti daun sirih, daun salam, daun seledri, daun dewa, daun sirsak, daun kemangi, daun miana, daun katuk, daun kelor dan daun bidara.

Daun sirih

Daun sirih merupakan tanaman yang tumbuh dengan cara merambat, pada zaman dulu masih banyak dari kakek atau nenek kita yang suka mengunyah daun sirih sebagai alternatif membersihkan gigi. Tapi ternyata daun sirih ini memiliki manfaat untuk menghilangkan bau badan, kanker, batuk, dan bronkitis. Daun tersebut dapat anda rebus dan air rebusan dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

Tapi jika anda menumbuk daun sirih, maka daun ini akan menjadi obat luar seperti salep yang bagus digunakan untuk obat gatal, luka bakar, koreng dan bisul. Dapat juga digunakan untuk menyembuhkan diare dan mimisan pada hidung.

Daun salam

Daun salam dapat membantu anda mengobati asam urat, hipertensi, kolesterol, diare dan sembelit. Air rebusan daun salam yang dioleskan pada mata dapat mengobati sakit mata. Daun seledri yang merupakan sayuran hijau ini mengandung vitamin B1, zat besi, Vitamin A, Vitamin C, kalsium dan mineral.

Daun ini mampu mencegah pembentukan batu kuning pada kantung empedu, mengobati tekanan darah tinggi, menenangkan saraf, menghindarkan dari penyakit kanker dan mampu mengembalikan nafsu makan anda yang hilang. Selain itu dapat mula menjaga kecantikan wajah dan mencegah timbulnya kerutan.

Daun dewa

Daun dewa juga sejenis tanaman herbal dapat membantu mengobati stroke, diabetes, rematik, hipertensi, wasir, kanker, batuk dan gangguan haid. Daun sirsak ternyata juga dapat anda manfaatkan untuk kesehatan, tidak hanya buahnya saja. Penyakit asam urat, wasir, rematik, sakit pinggang, diabetes dan hipertensi dapat disembuhkan dengan meminum air rebusan daun sirsak.

Daun kemangi

Daun kemangi banyak tumbuh pada musim hujan, daun ini memiliki aroma dan rasa yang khas dan digunakan sebagai lalap pada makanan. Selain untuk lalap daun kemangi ini bermanfaat untuk mengatasi bau mulut, menjaga kesehatan mata, mengobati keputihan, megobati batuk pilek dan sebagai anti radang.

Daun miana

Daun miana ini tumbuh pada daerah dataran tinggi yang ketinggiannya mencapai 1500m diatas permukaan laut. Daun miana memiliki manfaat yang bagus jika diolah dengan tambahan kunyit, dapat mengobati penyakit wasir.

Daun katuk

Daun katuk sejenis dengan tumbuhan sayuran yang banyak tumbuh di Asia Tenggara, daun ini berfungsi untuk mencegah osteoporosis, mengatasi influnza, menyehatkan mata dan mencegah osteoporosis. Sedangkan daun kelor air rebusannya dapat menyembuhkan alergi, daun kelor yang ditumbuk digunakan untuk obat herpes, rematik dan pegel linu.

Daun bidara

Untuk daun bidara yang memiliki pohon kecil ini memiliki khasiat yang bagus untuk mencegah diabetes, merawat kulit kering, mengatasi gejala depresi, mengeringkan luka bakar dan menambah nafsu makan. Disarankan untuk anda yang ingin mengkonsumsinya supaya beli dalam bentuk kapsul karena daun ini dapat dibilang cukup sulit untuk meraciknya menjadi obat.

Daun kelor

Daun kelor ini memiliki kandungan potasium, kalsium, vitamin C dan protein. Jika anda menggunakan gagang daun kelor yang direbus anda dapat mengatasi alaregi, herpes, kurap, sakit mata, rematik dan mampu menghilangkan flek diwajah anda.

Daun seledri

Daun seledri merupakan sayuran yang memiliki kandungan kalsium, vitamin B1, B2, A,B6 dan vitamin C. Dengan adanya kandungan tersebut daun seledri dapat mengobati penyaki rematik, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mengobati anemia, mata kering, meningkatkan imunitas dan mengobati batuk.

Daun sirsak

Dengan adanya kandungan gizi yang lengkap pada daun sirsak, daun ini bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda. Daun sirsak ini dapat mengobati diabetes, melawan kanker, asam urat, meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati sakit pinggang, mengatasi rematik dan bisul.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top