Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

loading...
loading...
Setiap akhir tahun sampai dengan awal tahun baru, iklim atau cuaca di Indonesia akan turun hujan secara terus menerus. Hawa dingin pada cuaca hujan sepert ini juga tidak dapat terhindarkan. Hujan yang turun dari pagi sampai malam terkadang mengganggu aktifitas banyak orang tapi walaupun begitu banyak orang juga yang harus menghadapi cuaca saat pergantian musim tersebut.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan


Tidak jarang turunnya hujan yang terus menerus dapat mengganggu kesehatan anda, kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk anda jaga. Oleh karena itu jika anda tidak ingin kesehatannya terganggun tentunya anda juga harus memaksa tubuh anda tetap beradaptasi dengan perubahan musim.

Mencegah Gangguan Kesehatan

Untuk mencegah gangguan kesehatan selama musim hujan, anda harus mengetahui tips atau cara dalam menjaga kesehatan saat musim hujan sudah mulai turun. Diantaranya seperti mengkonsumsi vitamin, saat tubuh sedang menyesuaikan perubahan musim sistem kekebalan tubuh juga sedang lemah.

Saat kekebalan tubuh melemah tentunya penyakit mudah sekali masuk kedalam tubuh anda, maka dari itu anda perlu mengkonsumsi vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh anda tetap stabil dan terhindar dari penyakit. Tidak hanya vitamin saja yang anda butuhkan, tapi anda juga perlu menjaga kebersihan hidup anda.

Saat musim hujan bakteri dan kuman akan berkembang lebih cepat pada tingkat kelembaban yang tinggi. Pastikan anda untuk hidup dengan kebersihan dan menjaga tubuh dan rumah tetap higenis setiap hari. Anda dapat memulai dengan mencuci tangan setiap sampai rumah, setelah menyentuh barang, menyentuh toilet, sebelum dan sesudah makan.

Hujan yang turun secara terus menerus akan membuat lingkungan anda menjadi lebih kotor dari biasanya, sampah dan limbah lebih mudah membusuk. Bersihkan lingkungan sekitar rumah anda dan tempat yang memiliki potemsi menjadi sarang bakteri untuk berkembang. Kubur atau bakar sampah yang mudah busuk, tutupi lubang yang dapat membuat air hujan menjadi tergenang.

Hal Penting Untuk Menjaga Kesehatan Dengan Baik

Saat musim hujan anda juga perlu mengkonsumsi air putih yang banyak, tidak hanya saat musim kemarau saja. Musim hujan atau musim kemarau tetap membutuhkan air putih yang banyak untuk menjaga kesetabilan cairan dalam tubuh anda. Anda juga perlu menjaga asupan makanan yang masuk dalam tubuh, pebanyak makanan hangat dan berkuah untuk mempertahankan tubuh tetap hangat.

Konsumsi makanan secara seimbang karena saat musim dingin proses pencernaan akan lebih lambat dari biasanya. Makan saat sudah lapar dan dengan takaran yang sesuai. Makanlah sayuran, buah dan hidangan yang mengandung rempah-rempah untuk menghangatkan tubuh anda.

Yang paling penting anda juga harus menyediakan alat atau payung untuk melindungi tubuh anda dari hujan. Pakailah jaket untuk menghindari masuk angin, pakai jas hujan jika anda mengendarai motor karena air hujan tidak selalu berasal dari air bersih. Segera mandi setelah anda terkena air hujan, ada baiknya jika anda keramas saat sudah terkena air hujan.

Jauhi sumber penyakit saat musim hujan turun, banyak air menggenang maka nyamuk juga akan banyak yang berkembang biak disana. Basmi jentik nyamuk pada lingkungan sekitar rumah anda dan jaga pakaian tetap kering dan bersih setiap saat.

Kurangi begadang terlalu sering, karena tidur yang teratur akan membantu anda menjaga kesehatan tubuh dan daya tahannya. Selain itu tidur juga akan membuat anda terhindar dari setres dan memperbaiki sistem kekebalan pada tubuh anda. Pastikan untuk menyediakan waktu dengan kualitas tidur yang baik karena waktu tidur malam tidak bisa anda gantikan dengan tidur saat siang hari.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top