6 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan

6 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan

loading...
Beras hitam saat ini telah terjual bebas di pasaran mulai dari toko, swalayan, supermarket. Namun tidak sedikit orang yang mengetahui beras merah, karena meskipun terjual marak di pasaran umumnya orang mengkonsumsi beras putih maupun beras merah untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari – hari. 

6 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan


Pada dasarnya beras hitam berasal dari keluarga yang sama dari jenis beras seperti yang kita ketahui pada umumnya. Akan tetapi menurut para ahli kesehatan yang didukung oleh berbagai hasil penelitian telah menyatakan bahwa beras hitam memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan jenis beras lainnya, khususnya dari kandungan nutrisinya sangatlah berbeda. Untuk lebih jelasnya berikut manfaat beras hitam bagi kesehatan

6 Manfaat Beras Hitam untuk Kesehatan



Sebagai Antioksidan yang efektif

Beras hitam mempunyai kandungan antioksidan yang cukup tinggi seperti halnya dengan buah yang terdapat pada buah berry, seperti stroberry, blueberry, cranberry dan yang lainnya. 

Pada bagian terluar gabah mempunyai kandungan antosianin antioksidan yang sangat tinggi. Bahkan kandungan nutrisi tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan biji-bijian seperti pada beras merah maupun jenis gandum. 

Pewarna Alami Pada Makanan

Bagi para produsen makanan sering memanfaatkan warna hitam dari beras hitam ini untuk dijadikan pewarna makanan yang alami. Oleh karena itu hal ini membuat makanan yang diwarnai dengan bahan alami ini menjadikan lebih sehat jika dibandingkan dengan pewarna buatan yang mempunyai resiko terhadap kesehatan seperti alergi, kanker dan kemampuan fisiologis seseorang. 

Pelindung bagi Kesehatan Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian terbesar untuk akhir – akhir ini. Hal inilah yang menjadi alasan sebagian orang untuk mengkonsumsi beras hitam, karena beras hitam ini dipercaya dapat menjaga kesehatan organ jantung, hal ini dikarenakan beras hitam mempunyai kandungan antosianin fitokimia yang dapat menjaga kadar kolesterol sehat dan mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah.

Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Seperti yang kita ketahui bahwa beras hitam mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Fitonutrient sangat berfungsi untuk membantu mengurangi peradangan dan membantu membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya atau yang biasa dikenal dengan istilah detoksifikasi tubuh yang nantinya bisa berperan terhadap berbagai macam keadaan. 

Membangun Sistem Pencernaan yang Sehat

Beras hitam mempunyai kandungan serat alami yang sama dengan jenis beras pada umumnya seperti beras merah, beras putih dan gandum. Hal yang sangat penting untuk anda ketahui yaitu bahwa setengah cangkir dari beras hitam mampu memberikan dua sampai 3 gram kandungan serat. 

Oleh karena itu kandungan serat tersebut dapat membantu kondisi sistem pencernaan dalam tubuh kita agar tetap sehat. 

Mencegah Obesitas (Kegemukan)

Bagi anda yang sedang menjalankan diet, beras hitam dapat membantu proses diet anda, hal ini dikarenakan ketika anda mengkonsumsi beras hitam maka akan merasa kenyang dalam waktu yang lama. 

Serat yang terkandung dalam beras hitam bisa membersihkan tubuh dari racun, mengurangi peradangan, dan membersihkan arteri dari plak dengan cara menghilangkan limbah dan wabah yang masih bersarang dalam tubuh. 

Oleh karena itu anda dapat terlindungi dari kegemukan, penyakit jantung dan gangguan pada sistem pencernaan.

Menurunkan Resiko Diabetes

Beras hitam mempunyai kandungan akan antioksidan dan nutrisi yang bisa membantu memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah. Kandungan serat yang terdapat dalam beras hitam dapat membantu penyerapan glukosa oleh tubuh kita dalam waktu yang lebih lama. Oleh karena itu beras hitam sangat bermanfaat untuk menurunan risiko diabetes.

Demikian artikel terkait dengan manfaat beras hitam untuk kesehatan, agar dijadikan referensi untuk anda. Semoga bermanfaat. 


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top