Perkuat Sistem Imun Agar Terhindar Dari DBD

Perkuat Sistem Imun Agar Terhindar Dari DBD

Demam berdarah dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit mematikan penduduk negara-negara yang ada di kawasan Asia termasuk didalamnya Indonesia.  Sebenarnya untuk mencegah penyakit ini tidaklah sulit. Selain menjaga kebersihan lingkungan, meningkatkan imunitas tubuh merupakan langkah yang bisa meminimalkan serangan penyakit DBD.

Perkuat Sistem Imun Agar Terhindar Dari DBD


DBD sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bisa disebarkan oleh salah satu jenis nyamuk melalui gigitan. Apabila tidak ditangani dengan cepat, penyakit ini bisa berujug pada kematian.

Gejala Penyakit Demam Berdarah

Gejala paling ringan yang dialami oleh seseorang yang terjangkit penyakit demam berdarah akan berlangsung selama emat hari hingga dua minggu setelah digigit nyamuk  Aedes aegepti dan akan berlangsung selama dua hingga tujuh hari.

Adapun gejala paling umum yang dialami oleh penderita demam berdarah adalah rasa sakit pada bagian otot, tulang, mata maupun sendi. Demam tinggi hingga mencapai 40 derajat celcius dan munculnya ruam jug akaan dialami oleh penderita demam berdarah.Selain itu tubuh anda akan mudah memar serta pendarahan ringan pada gusi dan mulut.

Hal Yang Harus Dilakukan Apabila Terjangkit DBD

Apabila anda atau keluarga mengalami gejala demam berdarah, jangan panik namun langsung lakukan beberapa langkah sederhana agar tidak semakin fatal. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah beristirahat sambil meminum banyak air mineral agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Selanjutnya pergilah ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Biasanya dokter akan memebrikan paracetamol dan acetaminopen agar rasa nyeri dan demam berkurang. Dokter juga akan memberikan terapi sebagai bagian dari proses perawatan.

Sebaiknya hindari obat-obatan seperti aspirin atau ibuprofen karena bisa berdampak buruk terhadap jumlah trombosit darah. Jika selama 24 jam pasien mengalami muntah disertai dengan penurunan kondisi kesehatan, segera bawa kembali ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Buah Yang Bisa Meningkatkan Sistem Imun

Agar tubuh anda tidak mudah terserang penyakit demam berdarah, konsumsi buah naga dipercaya mampu meningkatkan sistem imun tubuh sehingga  beberapa masalah kesehatan termasuk penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk aides aegypti. Selain mengandung vitamin yang lengap, buah naga juga mengandung mineral kalium yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Apel dan jeruk merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C sangat tinggi. Dengan mengkonsumsi buah apel dan jeruk anda akan merasakan manfaat yang sangat banyak karena buah ini mengandung antioksidan. Antioksidan sangat penting bagi tubuh untuk menghidari berbagai penyakit masuk.

Buah yang sudah tidak diragukan lagi sangat ampuh mengatasi penyakit demam berdah adalah jambu biji. Dibandingkan jeruk, jambu biji memiliki kandungan vitamin C 4 kali lebih banyak.

Dalam proses penyembuhan demam berdarah, doketer sering menganjurkan pasiennya untuk mengkonsumsi jus jambu merah agar jumlah trombosit dalam tubuh tidak menurun akibat virus dengue.

Selain itu, rebusan daun jambu biji mengandung quercetin yang mampu melawan virus dengue dengan cara memperlambat pembentukan enzim selnya. 

Entah itu anak, remaja ataupun orang dewasa yang terserang demam berdarah memiliki resiko yang sama yaitu kematian. Untuk itu, memperkuat sistem imun agar tidak terserang penyakit ini jauh lebih baik dari pada mengobati setelah terjangkit.  

Jika anda atau keluarga mengalami gejala-gejala di atas segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pola makan dan gaya hidup sehat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi dan mencegah penyakit demam berdarah dengan memperkuat sistem imun. Semoga bermanfaat


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top