by Penyebab Kulit Kering dan Gatal Beserta Cara Mencegahnya ~ Perawatan Kecantikan Kesehatan Kulit Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template

Penyebab Kulit Kering dan Gatal Beserta Cara Mencegahnya

Penyebab Kulit Kering dan Gatal Beserta Cara Mencegahnya - Kulit kering bisa membuat tubuh kita merasa tidak nyaman , mungkin suatu kali sista pernah mengalami ketika melangkah keluar dari kamar mandi kulit sista terasa menyusut. Atau mungkin saat malam hari kulit tiba-tiba terasa sangat gatal dan perih sehingga membuat sista kesulitan tidur.

Pada dasarnya kulit terasa gatal ketika kondisinya kering atau terjadi iritasi kulit, Namun perlu diingat bahwa kulit gatal-gatal bisa disebabkan oleh berbagai sebab.


Penyebab kulit kering

1. Lapisan terluar dari kulit disebut stratum korneum, terdiri dari sel-sel kulit mati dan minyak yang membantu menjaga kulit tetap dalam kondisi lembab.

lapisan ini berperan untuk menahan air, menjaga kulit tetap sehat dan lembab. tapi jika stratum korneum-nya rusak dan tidak mampu bekerja menahan air, yang terjadi adalah kulit yang kering.

2. Kebiasaan mandi dengan air panas dan penggunaan sabun tertentu bisa menghilangkan minyak alami dari kulit, membuat tingkat kelembaban kian berkurang. Rendahnya tingkat kelembaban ini sering disebabkan oleh cuaca dingin, panas atau iklim kering maupun kondisi lingkungan rumah Anda yang ber-AC juga bisa menjadi penyebabnya.

3. Kadang-kadang konsumsi obat-obatan tertentu sepeti obat jerawat,obat bebas alergi dan obat hipertensi bisa menjadi penyebab rasa gata dan kulit mengelupas.

4. Penyakit kulit seperti eksim juga bisa mengurangi tingkat kelembapan kulit, bahkan memicu timbulnya bercak kering pada tubuh.

Penyebab Kulit Kering dan Gatal Beserta Cara Mencegahnya
By Ser Amantio di Nicolao at en.wikipedia [CC-BY-SA-3.0], from Wikimedia Commons
Bagaimana cara mencegah kulit kering?.

Kulit kering biasanya dapat dicegah dengan menggunakan pelembab, tetapi jika sista menggunakan satu produk dan kondisi kulit tak kunjung membaik, sist mungkin perlu mencoba pelembab yang berbeda.

Hindari krim pelembab yang mengandung parfum, pilih pelembab yang lembut dan terdapat humektan dan emolien. Humektan adalah zat yang berfungsi menarik air dari udara dan menyimpannya pada kulit. Sedangkan emolien bertindak sebagai pelumas dan menghaluskan kulit.

Demikian sedikit informasi tentang penyebab kulit kering dan gatal beserta cara mencegahnya.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Penyebab Kulit Kering dan Gatal Beserta Cara Mencegahnya di blog Perawatan Kecantikan Kesehatan Kulit jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template