5 Jenis Makanan Untuk Mengurangi Radang Kulit (Inflamasi)

5 Jenis Makanan Untuk Mengurangi Radang Kulit (Inflamasi) - Ketika mengalami luka atau terserang infeksi, jaringan tubuh akan merespon dengan membengkak atau mengalami peradangan (inflamasi). Pembengkakan atau peradangan merupakan bagian dari proses penyembuhan sekaligus melindungi tubuh dari serangan infeksi lebih lanjut. Jika tidak mengalami peradangan, luka tidak akan pernah sembuh.Tetapi jika pembengkakan tidak kunjung reda, maka hal itu bisa menjadi tanda timbulnya masalah.Peradangan kronis terjadi ketika bengkak berlangsung berkepanjangan dan tidak kunjung reda selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Hal ini dapat menyebabkan gangguan seperti alergi, asma, dan radang sendi.

5 Jenis Makanan Untuk Mengurangi Radang Kulit (Inflamasi)
 Radang Kulit (Inflamasi)

Daftar Makanan Untuk Mengurangi Radang Kulit
Peradangan kronis disebabkan oleh respons tubuh yang lambat saat melakukan proses penyembuhan. Respon tubuh melambat antara lain akibat pola makan yang buruk. Makanan menyediakan nutrisi untuk membangun sel dan jaringan. Itu sebab, makanan yang tepat bisa mencegah peradangan pada tubuh.
Di bawah ini makanan-makanan yang dapat mengurangi peradangan :

1.Sayuran
Sayuran tinggi akan serat, rendah lemak dan merupakan sumber antioksidan yang baik sehingga efektif mengurangi peradangan.
Pilihlah sayuran berwarna hijau dan berwarna cerah. Brokoli, bayam, dan kembang kol adalah contoh sayuran dengan sifat anti-inflamasi.
Berikut adalah daftar sayuran lain yang memiliki sifat anti-inflamasi:
Brokoli,Kubis, Buncis,Daun bawang, Zaitun, Lobak, Bayam, Ubi jalar.

2. Buah
Berbagai buah dikenal memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan berbagai nutrisi lain. Ketika memakan apel, misalnya, tidak perlu dikupas kulitnya. Kulit apel dikenal mengandung quercetin yang membantu mengurangi peradangan. Warna buah-buahan yang semakin cerah berarti semakin baik. Hindari buah-buahan kering dan yang mengandung bahan pengawet.
Beberapa buah-buahan yang memiliki sifat anti-inflamasi diantaranya:
Apel,Pir,Melon,Jeruk bali,Bluberi,Ceri,Jambu,Jeruk,Pepaya
  
3.Rempah-rempah
Rempah-rempah tidak hanya memperkaya rasa masakan melainkan juga berguna untuk meredakan peradangan. Berikut adalah berbagai macam rempah-rempah yang berfungsi mengatasi peradangan:
Cengkeh,Peterseli,Jahe,Bawang putih,Kunyit,Lada hitam,Kayu manis dan Kemangi
  
4.Ikan
Ikan kaya akan asama lemak omega 3 yang berfungsi menyembuhkan peradangan. Disarankan memasukkan ikan dalam diet setidaknya dua kali dalam seminggu. Kurangi asupan daging merah dan ganti dengan ikan yang lebih sehat.
Beberapa jenis ikan yang direkomendasikan antara lain:
Salmon ,Teri,Sarden,Ikan kod,Ikan lele 

5.Kacang-kacangan dan biji-bijian
Berbagai macam kacang-kacangan dan biji-bijian sarat dengan vitamin, mineral, dan nutrisi lain. Hindari mengkonsumsi kacang-kacangan yang dicampur dengan garam dan bahan pengawet.
Berbagai jenis kacang dan biji yang efektif meredakan peradangan antara lain:
Biji wijen ,Kacang tanah,Hazelnut,Biji bunga matahari

Subscribe to receive free email updates: