5 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka

5 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka

5 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka - Bekas luka tentunya akan sangat mengganggu penampilan kita. Perawatan ke dokter memang dapat membantu namun tentunya memerlukan banyak biaya. Bagi Anda yang tidak ingin biaya mahal dan tetap aman, bahan herbal dapat menjadi solusi. Bahan-bahan apakah yang dapat membantu mengatasi bekas luka pada kulit?

5 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka
5 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka

Berikut ini  5 bahan alami untuk menghilangkan bekas luka pada kulit.

1. Mentimun
Buah yang bahasa latinnya Cucumis Sativus ini bukan hanya mengandung vitamin C dan potasium yang baik untuk menangkal radikal bebas, namun  juga memiliki kandungan  air yang cukup tinggi dan menyegarkan. Buh Mentimun juga memiliki kandungan silika yang dapat meningkatkan produksi kolagen guna mencegah munculnya keriput.Untuk menghilangkan bekas luka dengan mentimun, cuci bersih mentimun, kemudian potong mentimun menjadi kecil-kecil lalu haluskan dengan blender atau ditumbuk. Setelah halus, oleskan pada bekas luka dan biarkan sepanjang malam. Jika perawatan dilakukan dengan rutin maka bekas luka akan berangsur-angsur menjadi samar kemudian hilang.

2. Madu
Siapa yang ta kenal Madu?  Cairan manis yang dihasilkan lebah ini dikenal banyak manfaat  khusus untuk menghilangkan bekas luka dengan madu, oleskan madu secara merata pada luka. Diamkan selama kurang lebih 20-30 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin beberapa kali sehari.

3. Teh Hijau
Para ahli kesehatan menyimpulkan bahwa daun teh hijau memiliki kandungan antioksidan  bernama Epigallocatechin Gallate (EGCG). Kandungan antioksidan ini memiliki kekuatan 200 kali lebih hebat dari vitamin E dan sudah terbukti dapat mengurangi aktivitas hormon penyebab jerawat, mengurangi peradangan pada kulit, mengontrol produksi minyak serta menghilangkan bekas luka yang ditimbulkan akibat jerawat. Selain dikonsumsi sebagai minuman, daun teh hijau dapat juga dijadikan toner. Caranya, basahkan kapas atau handuk kecil dengan air daun teh hijau yang sudah diseduh. Lalu, usapkan kapas atau handuk kecil tersebut pada bagian luka yang sudah dibersihkan.

4. Daun Pare
Tanaman yang terkenal dengan rasa buahnya yang pahit ini merupakan salah satu tanaman herbal yang telah banyak dikenal manfaatnya untuk kesehatan. Selain buahnya, daunnya pun dapat kita gunakan untuk menyamarkan bekas luka. Cuci sampai bersih segenggam daun Pare yang masih segar, remas-remas sampai halus. Kemudian tambahkan sedikit air hangat, lalu peras. Lalu campurkan air perasan tersebut dengan 2 sendok makan tepung beras hingga teksturnya seperti lotion. Kemudian, aduk sampai merata. Balurkan pada bagian bekas luka. Biarkan sampai kering dan kemudian bilas sampai bersih.

5. Lidah Buaya
Tanaman ini biasa dikenal sebagai tanaman penumbuh rambut secara alami. Akhir-akhir ini Lidah Buaya juga digunakan untuk perawatan kulit. Tak heran, karena kandungan lignin dan asam amino yang terdapat pada tanaman ini dapat melembabkan kulit dan meregenerasi sel kulit.  Selain itu, Lidah Buaya juga memiliki anti-radang yang dapat mengurangi radang pada kulit dan menghilangkan bekas luka. Caranya, cukup oleskan lendir lidah buaya pada bekas luka dengan rutin. Namun perlu hati-hati agar tidak kena cairan getah pada Lidah Buaya, karena getah tersebut dapat menjadikan kulit terasa gatal.

Itulah 5 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bekas Luka. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba...!

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top