Khasiat Alami Bayam Untuk Kesehatan

Khasiat Alami Bayam Untuk Kesehatan

loading...

Manfaat Daun Bayam Untuk Kesehatan – amaranthus tricolor atau lebih dikenal dengan tumbuhan bayam ini berasal dari suku amaranthaceae. Bayam  tersebar di seluruh wilayah di dunia, di indonesia bayam dibagi menjadi 2 jenis yaitu bayam berdaun hijau dan berdaun merah. Manfaat daun bayam untuk kesehatan diantaranya merupakan sumber zat besi yang sangat penting untuk tubuh manusia.
manfaat daun bayam untuk kesehatan ini tidak terlepas dari kandungan – kandungan penting didalamnya. Di dalam 100 gram bayam, mengandung Energi 36 kal, protein 3.5 g, lemak 0.5 g, serat 0,8g, karbohidrat 6.5 g, kalsium 267 mg, air 86,9 g, Vitamin C 80 mg, Vitamin B1 0.08 mg, Vitamin A 6.9 IU, dan zat besi 3.9 mg. karena berbagai kandungan – kandungan itulah yang menjadi alasan mengapa bayam sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat daun bayam untuk kesehatan, diantaranya :

manfaat daun bayam untuk rambut

Manfaat Bayam Untuk Kesehatan


Manfaat Daun Bayam Atasi Kanker
manfaat daun bayam untuk kesehatan salah satunya adalah sebagai dinding yang memerangi sel kanker dan mengurangi risiko kanker sebesar 34% khususnya pada kanker payudara, kanker rahim, kanker prostat, kanker kulit dan kanker perut. Hal ini di karenakan bayam mengandung Vitamin A dan C serta serat, asam folat dan 13 flavonoidyang berguna dalam memerangi dan mengurangi sel kanker pada tubuh manusia.
Bayam Kurangi Resiko Penyakit Kardiovaskular
Bayam mengandung sumber folat yang baik. Sehingga dapat mengurangi homosistein (asam amino) yang ada di dalam darah. Jika kadar homosistein di dalam darah terlalu tinggi, maka dapat menyebabkan risiko penyakit jantung. Selain itu bayam juga mengandung choline dan inositol, yang bermanfaat membantu pengerasan di pembuluh darah. [ baca juga : manfaat lidah buaya untuk wajah ]
Bayam Turunkan Tekanan Darah Tinggi
Bayam memiliki tingkat mineral yang seimbang yaitu kaya akan kalium dan rendah sodium, hal ini sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi. Bayam juga mengandung folat yang membantu menurukan tekanan darah tinggi dan melemaskan pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lancar.
Bayam Dapat Mencegah Osteoporosis
Didalam satu cangkir daun bayam, akan memenuhi 200% kebutuhan harian anda akan vitamin K.  vitamin K sangat penting dalam menjaga tulang agar tidak keropos. Selain itu, kandungan lain di dalam bayam seperti magnesium, seng, tembaga dan fosfor akam membantu tulang anda menjadi lebih kuat.
Manfaat Bayam Mencegah Diabetes
Bayam jugamengandung magnesium, kandungan magnesium dalam bayam dapat ,membantu mencegah komplikasi yang terjadi setelah diabetes menyerang. Selain itu mengonsumsi bayam setiap hari secara rutin juga dapat ,menstabilkan gula darah dan mencegah fluktuasi terlalu banyak.

manfaat daun bayam untuk kecantikan

Anemia
Bayam kaya akan zat besi yang membantu meregenasi sel darah merah, dengan jumblah sel darah merah yang mencukupi kebutuhan tubuh, maka tubuh akan terhindar dari penyakit anemia.
Bayam Baik Untuk Pengelihatan
Bayam kaya akan vitamin A, sumber lutein, dan karanoid yang mampu melindungi mata terhadap penyakit contohnya katarak.
Bayam Mengobati Pendarahan Gusi
Manfaat daun bayam untuk kesehatan memang banyak, selain menggunakan daun bayam, mencampurkan jus bayam dan wortel akan membantu anda mengobati gusi berdarah yang di akibatkan karena kekurangan vitamin C dan penyebab lain seperti terlalu banyak mengonsumsi gula halus.
Bayam Mengurangi Kadar Gula Darah
Bayam memiliki serat yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu mengatur metabolisme karbohidrat.
Bayam Baik Untuk Ibu Hamil
Untuk menyehatkan janin di dalam kandungan, ibu harus banyak mengonsumsi bayam. Karena bayam mengandung asam folat untuk mencegah terjadinya kecacatan pada janin, selain itukandungan kalsium dan magnesiumnya dapat membantu menguatkan tulang dan gigi.
Tetapi tidak semua orang boleh mengonsumsi bayam, khususnya bagi anda penderita kadar asam urat yang tinggi, artitis da peradangan di saluran cerna sebaiknya tidak banyak mengonsumsi bayam. Selain itu cara memasak bayam jangan memotong bayam terlalu krcil atau tipis dan memasaknya pun jangan terlalu matang. Karena dapat menghilangkan kandungan nutisi penting di dalamnya. Begitulah manfaat daun bayam untuk kesehatan, banyak cara untuk sehat dengan cara yang alami. Terima kasih atas kunjungannya di blog kami perawatkulit.blogspot.com Semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top