Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan Tubuh



Manfaat Ubi Jalar - ubi jalar, ketela rambat atau Ipomoea Babatas L adalah tumbuhan yang memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Di afrika manfaat ubi jalar sudah dijadikan makanan pokok pengganti nasi. Di indonesia serta asia pemanfaatan tanaman ubi jalar mulai dari makanan pokok, tanaman hias dan manfaat ubi jalar untuk kesehatan. ubi jalar juga dapat dijadikan bahan makanan alternatif bagi pasien penyakit tertentu dalam bentuk gandum, harga gandum ubi jalar, lebih mahal dari gandum pada umumnya.

Segala manfaat ubi jalar ada dalam setiap nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dalam 100 g ubi jalar mengandung Karbohidrat 20.1 g, Energi 360kj, Pati 12.7 g, Gula 4.2 g, Serat 3.0 g, Lemak 0.1 g, Protein 1.6 g, vitamin A (betakarotin) 709 mg, vit B1 (thianin) 0.1 mg. vit B2 (riboflavin) 0.1 mg, vitamin B3 (niacin) 0.61 mg, asam pantotenat 0.8 mg, vitamin B6 0.2 mg, Kalsium 30.0 g, Bezi 0.6 g, magnesium 25 g, Fosfor 47 mg, Sodium 55 mg dan Seng 0.3 mg.

Berikut manfaat ubi jalar diantaranya.

manfaat ubi jalar untuk diet

Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan


Mengonsumsi ubi jalar baik untuk kesehatan dan mencegah beberapa penyakit, seperti :
• Menstabilkan gula darah
• Menghasilkan energi
• Mencegah keriput dari dalam
• Melawan stres.
• Mengontrol tekanan darah.
• Menjaga kesehatan jantung.
• Mengatur kadar kolesterol.
• Menguatkan tulang.
• Menjaga KEsehatan gigi dan gusi.
• Baik untuk mata.

Manfaat Ubi Jalar Untuk Diabetes
Pengidap diabetes di himbau untuk menghindari makanan manis. Namun sangat di anjurkan untuk mengonsumsi ubi jalar. Manfaat ubi jalar dapat meregulasi kadar gula darah dengan membantu skresi dan fungsi insulin. Kadar untuk mengonsumsi ubi jalar ini dengan mengganti asupan nasi atau karbohidrat dengan ubi jalar. { Baca juga: Manfaat Oatmeal Superfood Untuk Kesehatan }

Manfaat Ubi Jalar Untuk Arthritis
Betakarotin, magnesium, seng dan vitamin B komplek dalam ubi jalan dapat digunakan untuk mengatasi penyakit arthritis, hanya dengan mengoleskan air rebusan ubi jalar pada persendian untuk meredakan rasa sakit akibat penyakit arthritis.

Obat Demam Berdarah
Tidak hanya manfaat ubi jalar yang digunakan untuk pengobatan, bagian lain seperti pucuk daun ubi jalar juga dapat di gunakan untuk pembuatan obat demam berdarah. Hanya dengan siapkan 1 genggam sayur daun ubi jalar, rebus dengan air 1 liter sampai mendidih. lalu minum air ramuan sebagai pengganti air minum sehari.


manfaat ubi jalar untuk diet


Cara Mengolah Ubi Jalar
Selain di buat jus maupun di rebus, segala manfaat ubi jalar dapat di olah dengan berbagai cara. Salah satunya di buat puding. Cara membuatnya dengan menyiapkan bahan 1 : ubi jalar mera 300g, kukus dan haluskan. Margarin 1 sendok, telur 2 butir, gula 50gram, tepung terigu 25g, susu kental manis 3 sendok, biskuit 150g.

Bahan 2 : Siapkan juga susu 700ml, gula 150g dan agar – agar 1 bungkus. Cara membuatnya bahan 1 : uleni ubi yang telas di haluskan, tepung terigu dan margarin. Kocok gula dan telur hingga bebuin lalu campurkan ulenan ubi, tambahkan susu kental manis aduk rata kukus selama 30 menit. Lalu taruh dalam wadah dan susun biskuit di atas adonan ubi.

Bahan 2 : masak semua bahan 2 sampai mendidih, lalu tuangkan di atas adonan biskuit. Dan biarkan hingga mengeras. Selain puding disukai anak – anak, anda pun sekaligus mengambil segala manfaat ubi jalar untuk ibu hamil.

Salam.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top