Tips Dan Cara Perawatan Gigi Palsu Mudah

Tips Dan Cara Perawatan Gigi Palsu Mudah

loading...

Perawatan Gigi – banyaknya masalah gigi rusak membuat sebagian kalangan masyarakat menggunakan gigi tiruan untuk melengkapi bagian gigi yang telah tinggal dan tidak dapat tumbuh lagi.  Dalam tips perawatan gigi palsu atau buatan perlu diperhatikan dengan benar dan tepat, karena jika tidak melakukan perawatan gigi palsu akan menyebabkan infeksi sehingga kerusakan yang lebih parah pada gigi anda.

Penyebab gigi menjadi rusak adalah makanan dan kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Untuk menghindari kerusakan gigi yang mengakibatkan pemasangan gigi buatan harus benar menggosok gigi dengan disiplin waktu yang tepat dan rutin setiap hari. Perawatan gigi palsu juga harus di perhatikan agar tidak  menimbulkan celah di antara gigi palsu maka juga harus di bersihkan selayaknya gigi asli, perawatan gigi buatan yang tidak benar akan mengakibatkan bau mulut, untuk menghindari hal tersebut berikut bebera tips perawatan gigi palsu yang dapat di lakukan dengan mudah.
.

perawatan gigi dengan behel

Tips Perawatan Gigi Palsu


Pada awal pemasangan gigi palsu ada baiknya di pakai setiap malam termasuk saat tidur, karena dapat membantu mulut beradaptasi dengan keadaan gigi baru yang masuk dalam lingkungannya, bila sudah mulai beradaptasi, lepaslah, hal ini penting untuk memberikan kesempatan gusi untuk beristirahat dan bertujuan mencegah sisa makanan terperangkap, plat gigi tiruan akan menutupi gusi dan jaringan di bawahnya sehingga sisa makanan dapat terperangkap dan menjadi penyebab bau mulut.

Perawatan gigi buatan di anjurkan untuk kontrol ke dokter setelah memasuki 1 minggu setelah pemasangan. Jika anda mengalami keluhan setelah pemasangan gigi dapat di atasi dengan berbagai cara perawatan gigi yang di sarankan dokter.  { Baca Juga: Pentingnya Pearawatan Wajah Diusia Lanjut } 

Berlatihlah mengucapkan kata-kata sulit seperti huruf S dan T, untuk membiasakan lidah terhadap keberadaan gigi baru, gigit gigi tiruan dengan lembut, lakukan gerakan menelan untuk membantu menjaga posisi gigi saat bicara tertawa ataupun batuk.

Perawatan gigi buatan yang tepat akan di rasakan di hari ke 15 hingga 1 bulan setelah pemasangan, Produksi air liur sudah jauh berkurang. Tips perawatan gigi menganjurkan pemakaian sesering mungkin gigi buatan dalam segala aktifitas agar mudah beradaptasi.


perawatan gigi putih maksimal

Tips Mudah Perawatan Gigi Palsu

  1. Gunakan pembersih khusus gigi tiruan, bersihkan setiap hari dan perhatiakan celah gigi jangan sampai ada makanan yang masih tersangkut, di bagian ini orang sering mengabaikannya, padahal inilah penyebab bau mulut.
  2. Setelah beradaptasi, perawatan gigi tiruan harus di lepas setiap malam. Hal ini di lakukan karena jaringan yang tertekan oleh gigi tiruan itu pun juga membutuhkan waktu istirahat.
  3. Perawatan gigi palsu hanya cukup di sikat dengan air matang tanpa pasta gigi, jika ingin menggunakan pembersih, gunakan pembersih khusus. Dalam perawatan gigi buatan gunakan pembersih yang mengandung Sodium Polyphosphate yang bekerja sebagai deterjen, dapat membersihkan dan memecah kotoran.
  4. Khusus penderita penyakit sistemik seperti diabetes melistud dan osteoporosit, perawatan gigi palsu sebaiknya melakukan kontrol setiap 3 bulan sekali, sedangkan untuk yang bebas penyakit tersebut cukup 6 bulan sekali.
Perawatan gigi palsu disarankan dengan merendam gigi tiruan ke dalam larutan pembersih selama 5 menit dan di sikat lembut, bilas menggunakan air mengalir hingga bersih dan dapat di rendam ketika malam hari serta Jangan biarkan gigi tiruan kering. Salam.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top