3 Tanaman Herbal Untuk Obati TBC

3 Tanaman Herbal Untuk Obati TBC

Batuk yang tak kunjung sembuh bisa jadi merupakan gejala TBC. Selain itu, TBC juga ditandai dengan gejala seperti batuk yang disertai darah, berat badan yang makin berkurang setiap hari, suhu badan yang naik apalagi saat malam, serta suara yang menjadi parau.

Obat herbal TBC baru-baru ini dipercaya menjadi solusi alternatif yang cukup ampuh daripada obat standar. Sebab, penyakit TBC yang terus menyebar dipengaruhi oleh berkembangnya resistensi virus mikobakterium tubersulosis terhadap obat-obatan standar. Sehingga, pemilihan obat herbal dirasa lebih baik dan lebih alami untuk menyembuhkan TBC. Baca Juga: 4 Resep Herbal Untuk Mengatasi Diare

Obat herbal TBC

Penyakit ini perlu diwaspadai karena TBC merupakan penyakit menahun dan mematikan. Apalagi, TBC adalah penyebab kematian nomor tiga setelah penyakit kardiovaskuler dan infeksi saluran pernapasan, serta menduduki peringkat pertama pada kelas penyakit infeksi.

Lingkungan yang kurang sehat bisa menjadi faktor utama penyebab penyebaran virus TBC. Makanan yang kurang bergizi dan kurangnya kesadaran akan kebersihan lingkungan juga menjadi penyebab penyakit ini. Bakteri mikobakteria tuberkolosis adalah penyebab penyakit TBC, yang secara umum berbeda dari kuman lainnya.

Pegagan
Daun pegagan atau yang disebut dengan centella asiatica atau daun kaki kuda adalah salah satu tanaman obat yang dipercaya mampu mengatasi TBC. Pegagan memiliki banyak nama lain di berbagai daerah, dan tumbuh liar di dataran rendah. Baca Juga : 7 Cara Mengobati Wasir Dengan Alami

Pegagan dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit dan mampu berfungsi sebagai anti-infeksi, anti-rematik, obat luka, tonik, diuretik serta mempercepat penyembuhan, termasuk TBC. Kandungan senyawa-senyawa dalam pegagan telah diteliti mampu membunuh bakteri penyebab infeksi pada saluran pernapasan dan melawan bakteri tuberculosis, sehingga daun ini bermanfaat sebagai obat herbal TBC. Bahkan senyawa asiaticoside tak hanya menghambat pertumbuhan bakteri tuberculosis, namun juga meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk mengkonsumsi daun ini, yang dibutuhkan adalah 30 sampai 60 gr pegagan segar yang direbus dalam air sebanyak 3 gelas. Rebus hingga mendidih, kira-kira tersisa 1 gelas untuk diminum 3 kali sehari.

Daun sirsak
Penyakit TBC akan menyerang sistem imunitas manusia, sehingga membuat penderitanya menjadi lemas. Oleh sebab itu, daun sirsak akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh penderita TBC. Tak hanya itu, sirsak juga mampu menghancurkan sel-sel kanker.

Daun sirsak memiliki kemampuan lebih kuat untuk melawan bakteri TBC dari tanaman lainnya. Senyawa dalam daun sirsak seperti kalsium, fosfor, lemak, zat besi, vitamin B, vitamin A, protein serya fruktosa memiliki khasiat yang baik untuk menyembuhkan sakit termasuk TBC. Sirsak sendiri juga memiliki kandungan senyawa golongan alkaloida, tannin, fitosteril dan acetogenin. Tanaman ini mampu melawan dan melumpuhkan bakteri penyebab TBC, yakni bakteri mikobakterium oleh kandungan zat acetogeninsnya. Baca Juga : Perawatan Kulit Cantik Dengan Bahan Murah Meriah

Obat herbal TBC

Kulit manggis
Seperti halnya daun sirsak, kulit manggis juga memiliki kemampuan lebih kuat untuk melawan bakteri TBC. Kandungan zat antioksidan yang cukup tinggi pada kulit buah manggis memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, termasuk mengobati penyakit TBC. Apalagi, kulit manggis mampi menghambat dan membunuh bakteri serta jamur, termasuk menghambat virus TBC yang terdapat pada paru-paru.

Kulit manggis kini telah banyak beredar dalam kemasan, yang dijual di beberapa toko obat herbal maupun toko obat lainnya. Selain mengkonsumsi kulit manggis secara instan, kulit manggis juga bisa dikonsumsi secara langsung dengan dijadikan jus. Itu tadi 3 obat herbal tbc yang berkhasiat menyembuhkan. Semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top