Fakta dan Cara Merawat Kulit Coklat atau Gelap

Fakta dan Cara Merawat Kulit Coklat atau Gelap

Cantik nggak melulu identik dengan kulit putih. Artis Indonesia dan internasional bahkan banyak yang menjadikan kulit gelap sebagai pesona tersendiri untuk menyempurnakan penampilannya, sebut saja artis cantik Prisia Nasuiton dan Titi Rajo Bintang. Mereka tetap cantik tanpa harus memiliki kulit berwarna putih. Keeksotisan tersebut memberikan ciri khas tersendiri sehingga membuatnya lebih cantik dan mudah dikenali.

Perawatan kulit gelap

Sebagian besar perempuan di Asia memang memiliki kulit coklat yang membuatnya terlihat gelap. Sebagian besar orang yang memiliki kulit berwarna putih mendapatkan kulit gelap dengan cara tanning yang cukup populer bagi orang-orang barat. Bagi kamu yang berkulit gelap, tidak perlu repot-repot melakukan tanning. Bersyukurlah karena kamu telah memiliki kulit berwarna coklat dan gelapmu justru menjadi pesona tersendiri. Apalagi, banyak pria bule ternyata mengincar perempuan berkulit coklat atau gelap. Baca Juga : Tips Melembutkan Tangan 

Perawatan kulit gelap dan fakta mengenai kulit coklat lebih lanjut dapat kamu simak pada ulasan poin-poin berikut ini.

Faktanya, kulit gelap menurunkan resiko kanker kulit
Kabar baik bagi kamu pemilik kulit gelap, karena kulit yang berwarna coklat atau gelap yang punya banyak melanin dari kulit berwarna putih lebih sedikit terkena resiko kanker. Sinar UV cukup berbahaya dan bisa menyebabkan kanker kulit, namun kulit gelap memiliki daya tahan yang tinggi terhadap sinar UV. Kulit putih akan lebih berpotensi mengalami sunburn, atau resiko sengatan sinar matahari.

Menghambat Radikal Bebas
Selain itu, kulit gelap juga dapat menghambat radikal bebas yang bisa mempengaruhi kesehatan. Melanin dapat mempengaruhi lemak yang menahan kelembaban di lapisan terluar epidermis. Maka, kulit akan menjadi pecah-pecah dan kering jika kehilangan kelembabannya. Melanin cukup berperan untuk mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas yang kini banyak dihadapi sebagai akibat dari menyebarnya kerusakan sel-sel manusia. Baca juga : 6 Manfaat Brokoli Bagi tubuh

Kulit gelap memiliki warna kulit yang lebih hangat
Orang berkulit gelap ternyata memiliki melanosit yang mampu menghasilkan melanin dalam jumlah yang banyak. Dengan meningkatnya melanin ini akan memberikan kulit warna yang lebih hangat.
Kulit gelap tetap harus dirawat, dengan cara yang tidak sembarangan pula

Perawatan kulit gelap

Karena warna kulit yang lebih gelap, merawatnyapun tidak bisa disamakan dengan perawatan kulit berwarna lain. Berikut ini perawatan kulit gelap yang bisa kamu terapkan.

1. Pakai produk kecantikan yang mencerahkan
Jangan gunakan krim yang berefek memutihkan. Menggunakan krim pemutih biasanya kurang memberikan hasil maksimal. Kulit gelap bukan berarti tidak bisa putih, namun bisa dijadikan agar lebih terlihat cerah sehingga membuatnya nampak bersinar dengan menggunakan produk kecantikan yang berefek mencerahkan, sehingga kulitmu tetap terawat dan tetap terlihat cantik.

2. Pakai sunblock saat keluar rumah
Mengoleskan sunblock itu penting meski kulitmu nggak banyak beresiko dengan sengatan sinar matahari. Setidaknya, kulitmu tidak akan terbakar dan bisa terlindungi dari teriknya sinar matahari.

3. Gunakan scrub seminggu sekali
Scrubbing juga bermanfaat untuk membuang sel-sel kulit mati, sehingga membuat kulitmu nampak lebih cerah. Kamu bisa melakukan scrubbing dengan bahan-bahan alami atau mempergunakan produk kecantikan yang bermanfaat untuk menjaga kulit.

4. Biasakan cuci muka
Biasakan mencuci muka dengan sabun yang memiliki pH balance dua kali dalam sehari. Jika kamu memiliki wajah yang berminyak, pakai produk perawatan yang bahannya oil-free sehingga nggak membuat wajahmu semakin berminyak. Tetap percaya diri dan jalani kebiasaan baik untuk menjaga kulitmu tetap sehat. Demikian tadi perawatan kulit coklat beserta faktanya, semoga bermanfaat. Baca juga : Perawatan Wajah Dengan Masker Tradisional


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top