Berat Badan Turun Saat Puasa, Ini Dia Tipsnya

Berat Badan Turun Saat Puasa, Ini Dia Tipsnya

Pernahkah kita berpikir bahwa saat sedang berpuasa, berat badan kita juga bisa turun? Saat sedang berpuasa, tubuh kita memang bisa melakukan diet alias proses mengecilkan berat badan. Meskipun demikian ada juga yang beranggapan bahwa hal tersebut nggak sepenuhnya benar, karena masih banyak orang yang tubuhnya tetap gemuk dan justru bertambah berat badannya ketika puasa. Well, hal itu bisa saja terjadi karena pola makan yang salah terutama saat berbuka puasa. Baca Juga : 8 Cara Menghilangkan Bau mulut Saat Puasa

Tips diet puasa

Tips diet puasa kali ini akan membantumu mengecilkan berat badan sekaligus tetap sehat selama puasa. Perlu kamu ketahui bahwa ketika seseorang sedang berpuasa, tubuhnya memang tidak mendapat asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 12 jam. Namun dibalik itu, sistem metabolisme tubuh nggak akan berhenti bekerja dan akan tetap melakukan tugasnya dengan baik, salah satunya membuang zat-zat tak berguna dalam tubuh atau yang disebut dengan detoksifikasi. Selain melakukan detoksifikasi, tubuh juga melakukan regenerasi yang membuat berat badan tubuh turun secara signifikan. Hal ini tentunya diimbangi dengan cara diet yang benar. Baca Juga : Manfaat puasa Untuk Kecantikan Kulit

Ketika sedang berpuasa, secara nggak langsung kita sudah mengontrol dan mengatur pola makan. Selain itu, puasa juga membuat organ tubuh kita bekerja lebih teratur dan maksimal. Karena baru waktu yang diatur, pola makan diet selanjutnya perlu diatur dengan beberapa tips berikut ini.

Perbanyak makanan sehat, kurangi masakan rasa asin
Saat sahur, konsumsi makanan yang mengandung banyak serat dan nggak mengandung lemak seperti sayuran dan buah-buahan. Selain sehat, hal itu juga akan membantu tubuhmu mengurangi kalori yang membuat badan bertambah gemuk. Kurangi juga minum kopi dan teh, baik saat sahur atau berbuka. Sebagai pelengkap, alangkah lebih baik kalau makanan yang kamu konsumsi tidak terlalu banyak menggunakan penyedap masakan, msg atau bahan lain yang membuatnya asin.

Setelah sahur jangan langsung tidur
Jangan langsung berbaring selepas sahur, apalagi kalau saat terdengar imsak kamu sudah bersiap-siap melanjutkan mimpi alias tidur. Langsung tidur setelah makan memang memberikan dampak yang kurang baik bagi tubuh. Setidaknya tahan kantukmu sampai adzan subuh menjelang, sehingga kamu juga tidak akan melewatkan sholat subuh. Ibadah puasamu juga lebih optimal, kan?

Jangan langsung makan dengan porsi besar
Salah satu tips diet puasa yang baik adalah makan dengan porsi sedang. Jangan keburu makan dengan porsi besar alias banyak. Mentang-mentang seharian perut nggak terisi, bukan berarti kamu harus ‘membalas dendam’ dengan melahap semua makanan sekaligus. Makanlah dengan porsi sedang secara berseling yang diimbangi dengan makanan bernutrisi. Kurangi mengemil jika ingin tubuhmu langsing, apalagi jika cemilannya kurang sehat.

Tips diet puasa

Hindari soda dan kurangi makanan manis
Tubuhmu bakal sulit turun berat badannya kalau masih minum soda dan terlalu banyak makanan manis seperti gula. Lebih baik berbuka puasa dengan minum air putih terlebih dahulu, lalu disusul dengan makanan ringan. Baru setelah itu kamu bisa makan nasi atau roti. Hindari pula makanan pedas baik saat berbuka maupun makan sahur. Baca Juga : 4 Manfaat Apel Untuk Diet Puasa

Itu tadi ulasan mengenai tips diet puasa yang bisa kamu lakukan. Meski banyak manfaat atau faedah dibaliknya -termasuk mengecilkan berat badan- puasa tetaplah salah satu  yang niatnya harus tetap diutamakan untuk menjalankan ibadah. Anggap saja berat badan yang turun adalah bonus. Semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top