6 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Tubuh

loading...

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan – Bokoli adalah sayuran berwarna hijau dengan rasa sedikit manis apabila direbus. Brokoli sering dijadikan sayuran yang wajib hadir dalam menu diet. Manfaat brokoli untuk kesehatan tidak lepas dari kandungan mineral dan vitamin didalamnya. Penelitian membuktikan bahwa brokoli mengandung vitamin A, vitamin K, E, vitamin C, thamin, riboflavin, asam folat, pyrodoxin, niasin, asam panthitenic, mangan, serat, magnesium, zinc, kalsium, potasium, asam lemak omega-3, kalsium dan protein.

Kandungan vitamin yang lengkap juga mineralnya yang kaya membuat brokoli menjadi sayuran primadona. Banyak manfaat yang bisa diambil dengan mengkonsumsi brokoli secar rutin. Misalnya saja kandungan mangan pada brokoli bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Walau mengandung lemak, melak brokoli adalah lemak baik. Berikut ini adalah manfaat brokoli untuk kesehatan lebih lanjut.

Manfaat Brokoli bagi kesehatan

Manfaat brokoli Untuk Kesehatan


Asam Folat Bagus Untuk Janin
Kandungan asam folat pada brokoli bagus untuk perkembangan janin. Selain itu bagus juga untuk ibu hamil. Asam folat membantu pertumbuhan janin dalam membentuk sistem saraf pusat dan pertumbuhan otak. Saat dikonsumsi menjadi MP-ASI, asam folat membuat otak bayi berkembang lebih cepat. Dalam satu mangkuk brokoli terdapat 93.91 mikrogram asam folat.

Kalsium Untuk Kesehatan Tulang
Dalam satu mangkuk brokoli rebus terdapat sekitar 74 miliogram kalsium dan 102 miligram fosfor. Kalisum dan fosfor mempunyai peran untuk menguatkan tulang. Anda yang menginginkan jauh dari osteoporosis dan penyakit tulang lainnya sebaiknya mulai bersahabat dengan brokoli. Fosfor berperan dalam proses pembentukan tulang. Fosfor, bersama kalsium dan vitamin K menjaga tulang tubuh lebih sehat. Penyakit seperti osteoporosis pun bisa dihindari. [ Baca juga : Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan ]

Menjaga Kesehatan Jantung
Dalam brokoli terdapat mangan, magnesium dan potassium yang cukup tinggi. Kadarnya masing masing adalah 0,3 miligram, 39 miligram dan 504 miligram. Kandungan mangan menjaga kolesterol darah. Magnesium berfungsi untuk menjaga tekanan darah. Sehingga tekanan darah tinggi bisa diatasi. Potassium atau lebih dikenal sebagai kalium berfungsi menjaga tekanan darah, menguatkan otot jantung sehingga jantung lebih sehat.

Riboflavin dan Vitamin C Untuk Kekebalan Tubuh
Riboflavin bisa berfungsi sebagai anti oksidan. Sama dengan manfaat vitamin C pada untuk menangkal radikal bebas. Manfaat anti oksidan ini sangat bermanfaat untuk mencegah mutasi sel akibat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Berbagai jenis kanker, diabetes, kelainan jantung, penuaan dini mislanya bisa dicegah dengan makan brokoli minimal 300 gram sehari. Caranya adalah meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.

Manfaat Brokoli Untuk diet


Serat Untuk Pencernaan Sehat
Serat dalam brokoli dan banyak jenis sayuran lainnya bagus digunakan untuk melancarkan metabolisme. Serat diperlukan untuk memperlancar karena sifatnya seperti pelumas sehingga makanan yang dibawa melalui usus akan lebih mudah didorong masuk dan menuju daerah anus. Selain itu, serat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Bagi anda yang sedang dalam program diet maka serat dalam brokoli sangat membantu.

Anti Depresan Alami
Manfaat brokoli untuk kesehatan lainnya adalah sebagai anti depresan alami. Hal ini karena kandungan asam folat dan vitamin B kompleks dalam brokoli. Akibatnya brokoli bisa mengatasi daya ingatan buruk dan kelelahan.
Keterangan mengenai manfaat brokoli untuk kesehatan di atas semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya di perawatkulit.blogspot.com dan ikuti terus info berkitnya disini.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top