Hal-hal yang Wajib Dihindari oleh Ibu Hamil

Hal-hal yang Wajib Dihindari oleh Ibu Hamil

loading...
Menjadi seorang ibu adalah hal yang paling mendebarkan sekaligus membahagiakan bagi wanita. Sebab kehamilan adalah masa yang rentan, ibu hamil atau bumil perlu menerapkan langkah ekstra dalam menjaga kehamilan sekaligus melindungi buah hatinya.

Tips ibu hamil dan hal-hal apa saja yang harus dihindari, seperti makanan, minuman dan kebiasaan yang salah perlu diketahui untuk menjaga ibu beserta sang buah hati tetap terjaga hingga kelahirannya.  Berikut ini hal-hal berupa konsumsi atau kebiasaan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Baca Juga : Manfaat Habbatusauda Untuk Ibu Hamil

Tips ibu hamil

Merokok dan minum alkohol
Tanpa mengalami kondisi kehamilpun, merokok cukup berbahaya bagi diri sendiri dan orang di sekitar. Meski demikian, kini tidak jarang ditemukan banyak perempuan yang merokok. Bila bumil termasuk diantaranya, berhentilah dari kebiasaan tersebut sekarang juga. Bila bumil sayang buah hati dalam kandungan, bumil tidak akan menularkan sakit melalui rokok. Alkohol juga sebaiknya dihentikan, karena dapat mengakibatkan janin dalam kandungan kekurangan oksigen.

Posisi duduk yang salah
Posisi duduk yang salah amatlah berpengaruh pada kehamilan. Posisi duduk yang salah dan harus dihindari oleh ibu hamil salah satunya adalah duduk tanpa bersandar, yang akan membuat punggung menjadi tegang dan membuat kehamilan cukup rentan. Maka, carilah tempat duduk yang sekiranya memberikan sandaran yang mampu menahan punggung.

Duduk dengan kaki menggantung juga perlu dihindari oleh ibu hamil, karena akan menyebabkan aliran darah ke kaki meningkat sehingga akan terjadi pembengkakan kaki. Hal ini memang kerap terjadi pada ibu hamil, namun menghindarinya akan mengurangi resiko yang lebih besar.
Selain itu, posisi setengah duduk yang biasa dilakukan di atas tempat tidur juga sebaiknya dihindari. Posisi tersebut cukup rawan terhadap tulang sumsum belakang, yang akan berefek pada nyeri punggung.

Makanan
Tips ibu hamil yang terpenting adalah seputar makanan atau nutrisi yang masuk dalam perut bumil. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil amat menentukan kesehatan buah hati dalam kandungan. Makanan-makanan berikut ini perlu bumil dihindari untuk menjaga kesehatan bumil dan juga calon bayi, agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

1. Sushi
Sushi biasanya terbuat dari ikan mentah. Sedangkan, makanan-makanan mentah dan ikan laut amatlah menjadi pantangan bagi ibu hamil. Ikan yang mengandung merkuri akan membawa dampak buruk pada kehamilan. Pada makanan mentah biasanya juga terdapat parasit yang tertinggal di dalamnya,hal ini tentu wajib diwaspadai dan jika perlu ditinggalkan selama masa kehamilan. Oleh karena itu, mengkonsumsi ikan sebaiknya dipastikan dalam keadaan yang matang sehingga aman dikonsumsi. Baca Juga : Kebaikan Manfaat Dari Ikan Lele Bagi Ibu Hamil

Tips ibu hamil

2. Minuman kemasan
Minuman dalam kemasan apalagi minuman berkarbonasi atau soda sebaiknya dihindari oleh bumil.  Kafein dan teh, meskipun tidak dalam kemasan juga perlu dibatasi konsumsinya. Sebaiknya tidak berlebihan, karena akan berdampak buruk pada kehamilan

3. Suplemen
Suplemen sebenarnya tidak dianjurkan pada ibu hamil, sekalipun suplemen herbal. Sebaiknya konsultasikan ke dokter, obat-obatan atau suplemen jenis apa yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil.

4. Susu tanpa pasteurisasi
Susu yang tidak dipasteurisasi akan sensitif dan rentan terhadap bakteri monocytogenes. Bahayanya, bakteri tersebut dapat menyebabkan keguguran. Bumil tentu tak ingin terjadi hal-hal semacam itu. Oleh karenanya hindari konsumsi minuman tersebut. Demikianlah tips ibu hamil dengan pembahasan mengenai apa saja yang harus dihindari. Semoga bermanfaat bagi bumil dan calon buah hati.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top