Herbal Ampuh untuk Radang Tenggorokan

Herbal Ampuh untuk Radang Tenggorokan

Tenggorokan yang terasa sakit, gatal bahkan bikin suara serak biasanya adalah gejala radang tenggorokan dimana tenggorokan kita sedang terinfeksi oleh bakteri. Hal itu menyebabkan tenggorokan mengalami iritasi, peradangan, batuk, gatal, sakit saat menelan hingga membuat suara menjadi serak. Kalau seraknya bikin suara terdengar lebih syahdu dan nggak berlangsung lama sih mungkin nggak masalah. Tapi batuk dan rasa gatal yang cukup menyiksa tenggorokan, itu yang jadi masalah dan perlu segera diatasi. Baca Juga : Atasi Batuk Dengan Resep Herbal Rumahan

Obat herbal radang tenggorokan

Obat herbal radang tenggorokan bisa menjadi alternatif yang lebih aman ketika kamu nggak menghendaki pergi ke apotek untuk membeli obat kimia. Radang tenggorokan yang menyerang mungkin saja terjadi akibat alergi, akibat terkena bahan kimia atau menurunnya kekebalan tubuh. Berikut ini beberapa obat herbal atau bahan alami yang mampu mengatasi sakit di tenggorokan.

Minum teh jahe
Segelas teh jahe hangat bisa mengurangi rasa sakit pada tenggorokan. Cara membuatnya cukup mudah, yakni dengan mengambil jahe secukupnya yang telah dibersihkan. Kemudian, jahe direbus. Sembari menunggunya mendidih, buatlah minuman teh. Setelah jahe mendidih, lalu campurkan air jahe beserta jahenya dengan teh yang sudah dibuat. Minuman tersebut siap diminum untuk menghangatkan tenggorokan. Kalau cukup kerepotan, kamu bisa membelinya di angkringan atau warung makan terdekat yang menyediakan minuman tersebut.

Minum campuran madu dan lemon
Campuran madu dan lemon beserta air hangat dipercaya ampuh meredakan rasa sakit pada tenggorokan. Madu memang punya khasiat sebagai antibiotik alami, maka nggak heran kalau madu kerap dijadikan obat herbal yang mampu mengatasi beberapa penyakit. Untuk membuat minuman ini, satu sendok makan madu dicampur dengan satu sendok makan perasan lemon lalu ditambah dengan air hangat. Minum selagi hangat untuk mengobati radang tenggorokan yang mengganggu.

Makan sup ayam
Kabar baik bagi kamu yang doyan makan sup, apalagi ayam. Selain mengenyangkan, sup ayam juga bisa menjadi obat herbal radang tenggorokan. Banyak ahli kesehatan yang punya pendapat kalau kaldu ayam mengandung sodium yang berfungsi sebagai zat anti-inflamasi, sehingga mampu mempercepat penyembuhan radang tenggorokan. Sup ayam yang kamu makan selagi masih hangat akan membantu meredakan rasa sakit sekaligus menjadikan tenggorokan terasa hangat.

Makan bawang putih
Rada aneh dan cukup nggak lazim memang, tapi mengunyah dan menelan bawang putih secara langsung ternyata mampu mengobati sakit radang tenggorokan, lho. Pasalnya, bawang putih memiliki senyawa allicin yang mampu membuhuh bakteri, termasuk bakteri di tenggorokan yang menyebabkannya radang. Jadi, dengan mengunyah bawang putih secukupnya akan membuat tenggorokanmu terasa lebih baik. Baca Juga : Cara Tepat Atasi Batuk Akut

Obat herbal radang tenggorokan

Kumur air garam
Kalau kamu sedang kesulitan di kosan dan nggak bisa menemukan bahan-bahan di atas, berkumur dengan air garam bisa menjadi cara yang cukup ampuh untuk mengatasi radang tenggorokan. Segelas air hangat yang dicampur dengan satu sendok teh garam bisa kamu pakai untuk berkumur-kumur.
Itu tadi beberapa tips alami untuk mengatasi radang tenggorokan. Selain itu, istirahat yang cukup dan banyak minum air putih akan membantu penyembuhan sakit tenggorokanmu. Bila radang tenggorokan masih terasa juga, periksakan ke dokter karena mungkin tenggorokanmu memang sedang mengalami penyakit tertentu seperti amandel.

Selain dengan obat herbal radang tenggorokan tersebut, hindari pula makanan pedas, gorengan dan makanan renyah yang dapat membuat tenggorokan semakin sakit. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top