Atasi Batuk dengan Herbal Rumahan

Atasi Batuk dengan Herbal Rumahan

loading...
Jika sudah terserang batuk, tubuh rasanya ogah-ogahan untuk melakukan aktivitas dengan baik. Apalagi kalau pilek ikut menyerang, hidung mampet kadang memaksamu membuka mulut untuk terus bernapas ketika hidung sedang tidak bisa diandalkan. Terlebih lagi jika tenggorokan rasanya cukup gatal. Ketiganya seolah menjadi paket komplit yang cukup mengganggu aktivitasmu.

Batuk memang proses alamiah sebagai pertahanan tubuh. Namun, batuk bisa bertambah parah kalau tidak segera diobati, baik itu batuk berdahak maupun batuk kering. Jika terdapat obat-obatan herbal seperti jahe merah, madu, lemon, jeruk nipis atau kunyit di rumahmu, kenapa tidak dimanfaatkan untuk meredakan batuk yang mengganggu? Garam atau minyak kayu putih juga bisa dimanfaatkan, kok. Tanpa harus keluar rumah untuk membeli obat batuk di apotek, kamu bisa membuat obat herbal sendiri yang pastinya lebih aman tanpa efek samping. Baca Juga : 4 Resep Obat Herbal Sinusitis

Obat herbal batuk

Obat herbal batuk yang efektif bisa kamu dapatkan bahannya dengan mudah dan dibuat sendiri di rumah.

Minum Rebusan Jahe merah
Khasiat jahe dengan aromanya yang khas mampu memberikan rasa hangat dan melegakan tenggorokan. Selain itu, jahe juga bisa mengobati masuk angin dan radang tenggorokan serta memperlancar metabolisme tubuh. Apalagi jahe merah lebih efektif melegakan tenggorokan. Jahe merah lebih banyak mengandung minyak atsiri yang baik untuk mengatasi batuk. Cara membuatnya cukup mudah. Parut jahe merah 1 rimpang saja, lalu rebus dengan segelas air. Jika 20 menit sudah berlalu, tambahkan gula aren atau gula pasir agar terasa manis. Berikan saja gula secukupnya sesuai selera. Baca Juga : Cara Menghilangkan Batuk Secara Alami

Madu untuk batuk kering maupun berdahak
Bila lebih suka yang manis, madu bisa menjadi pilihan tepat untuk mengatasi batuk. Madu mampu membunuh bakteri yang menjadi penyebab batuk, baik itu batuk kering atau berdahak. Untuk batuk berdahak, satu sendok madu murni dicampur dengan air jeruk nipis secukupnya. Minum minuman tersebut sebanyak 2 kali sehari yaitu pagi dan malam. Untuk batuk kering, madu bisa dicampur dengan lemon. Campuran keduanya dapat meredakan gatal di tenggorokan, apalagi jika diseduh dengan air hangat.

Mengunyah kencur
Obat herbal batuk efektif lainnya adalah kencur. Tamanam obat ini memiliki khasiat yang sama dengan jahe, yakni melegakan tenggorokan dan menghangatkan tubuh. Kencur yang sudah diparut dapat diseduh sebagai minuman atau dikunyah secara langsung. Tenggorokan akan terasa lega setelah meminum atau mengunyah kencur.

Uap minyak kayu putih
Selain minuman hangat, terapi dengan uap juga dapat mengatasi batuk berdahak dan pilek. Siapkan baskom atau wadah serupa mangkuk besar yang cukup dengan ukuran wajah. Tuangkan air panas ke dalamnya, lalu tetesi dengan minyak kayu putih. Dekatkan wajahmu untuk dapat menghirup uap yang dapat mengatasi dahak dan mengusir virus penyebab batuk. Baca Juga : Cara Mengobati Flu tanpa Obat Kimia

Obat herbal batuk

Usir dahak dengan kumur air garam
Kalau bahan-bahan di atas tidak juga kamu temukan, garam di dapur bisa diandalkan untuk mengobati sakit tenggorokan. Air garam adalah obat alami yang bisa menyembuhkan batuk berdahak. Memanfaatkan garam untuk menyembuhkan batuk bisa dilakukan dengan berkumur sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan malam. Bila rutin dilakukan, berkumur menggunakan air garam akan membunuh virus penyebab batuk dan mengusir dahak di tenggorokan.
Demikian artikel mengenai obat herbal batuk yang bisa dibuat sendiri di rumah. Jika batuk masih berlanjut, lebih baik periksakan diri ke dokter. Semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top