Diet Sehat Tanpa Kanker Serviks

Diet Sehat Tanpa Kanker Serviks

loading...
Penyakit kanker bisa terjadi pada siapa saja. Apalagi, perempuan perlu waspada dengan resiko kanker serviks yang bisa saja menimpa. Sebanyak 4.000 wanita diperkirakan meninggal setiap tahunnya karena kanker serviks. Virus HPV atau Human Papillomavirus yang ditularkan melalui kontak seksual bisa mengakibatkan kanker serviks, yang merupakan kanker mematikan nomor dua di dunia. Selain itu, kebiasaan merokok dan melahirkan banyak anak juga bisa mengakibatkan kanker serviks.
Tips diet hidup sehat tanpa kanker serviks bisa dilakukan agar tak menyesal di kemudian hari. Sembari menurunkan berat badan, tubuh akan terjaga dan tetap sehat tanpa kanker. Baca Juga : Hindari, Kesalahan Dalam Ber Diet

Tips diet hidup sehat

1. Kurangi protein berlebih
Dalam program diet yang dilakukan, usahakan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi protein berkadar tinggi. Makanan dengan kadar protein yang terlalu tinggi bisa membuat pankreas dalam tubuhmu bekerja lebih banyak. Hal ini akan memicu berkurangnya kemampuan tubuh untuk melawan kanker.

2. Hindari makanan dengan kandungan nitrat
Selain protein berlebih, kurangi pula produk olahan dalam makanan kaleng. Produk olahan yang mengandung nitrat seperti bakso, sosis, daging asap dan makanan kaleng lainnya dapat memicu kanker. Makanan-makanan tersebut jika sudah masuk dalam tubuh akan mengkonversi nitrat menjadi nitrit, dan berubah menjadi  nitrosamine. Nitrosamin inilah yang menjadi penyebab kanker pada tubuh. Baca Juga : Tips Menambah Berat Badan

3. Makanan mengandung vitamin C dan E
Jika ingin tubuhmu tetap langsing tanpa resiko kanker sekaligus menjadikan kulit cantik, makanan dengan kandungan vitamin C dan E wajib dikonsumsi. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, makanan yang mengandung vitamin C dan E dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Masukkan sayuran hijau berikut ini dalam daftar menu makanmu
Mengkonsumsi sayuran berupa kembang kol, brokoli, kubis dan sayuran-sayuran crucifera lainnya bisa mencegah kanker serviks. Sayuran merupakan makanan penting dalam tips diet hidup sehat, apalagi sayuran crucifera. Sayuran tersebut memiliki senyawa antikanker serviks yang bisa menghancurkan radikal bebas dan menghambat proses reproduksi sel kanker.

5. Kurkumin kurangi resiko kanker serviks
Selain sayuran hijau, masukkan pula jamu temulawak dan kunyit. Jangan malas minum jamu, apalagi kunyit dan temulawak yang mengandung kurkumin. Kurkumin mampu memerangi HPV dengan menonaktifkannya, sehingga resiko kanker serbiks bisa dikurangi dengan mengkonsumsi minuman ini.

6. Kurangi makan semangka dan melon
Kedua buah tersebut ternyata memiliki kadar GI yang tinggi. GI atau Glikemik Indeks yaitu kemampuan makanan yang mengandung karbohidrat untuk meningkatkan gula darah. Sebaiknya, konsumsi makanan yang memiliki kadar GI rendah dan kurangi banyak makanan manis seperti kue dan juga permen.

7. Kurangi asupan lemak hewan
Lemak hewan memang cukup berperan meningkatkan resiko kanker. Lemak hewan mengandung asam arakidonat yang bisa meningkatkan pertumbuhan kanker, bahkan memfasilitasi penyebarannya. Selain itu, asam arakidonat juga bisa merusak sel-sel kekebalan yang seharusnya melindungi tubuh. Sebaiknya, daripada terlalu sering daging, lebih baik kamu mengkonsumsi ikan yang banyak mengandung omega-3. Asam lemak omega-3 yang juga terdapat pada kenari mampu melindungi tubuh dari kanker serviks. Baca Juga : 6 Manfaat Air Putih Untuk Diet

Tips diet hidup sehat

8. Makan beri-berian
Asam ellagic yang terdapat pada buah stoberi, rasberi maupun ceri akan membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Sistem tersebut akan menghancurkan sel-sel kanker.Delima dan kacang walnut juga mengandung asam ellagic yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Konsumsi makanan tersebut sehingga tubuhmu dapat terhindar dari kanker apalagi kanker serviks
Demikian ulasan mengenai tips diet hidup sehat tanpa kanker serviks. Tetap jaga kesehatan dan semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top