Herbal Penurun Kolesterol Yang Efektif

Herbal Penurun Kolesterol Yang Efektif

Sejatinya, tubuh memerlukan kolesterol yang cukup agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Namun, kelebihan kolesterol dan lemak jenuh membuat kolesterol jahat atau yang disebut dengan LDL (low density lipoprotein) meningkat. Kolesterol jahat inilah yang menyebabkan plak berkumpul di arteri dan menyebabkan beberapa penyakit berbahaya. Disamping itu, terdapat kolesterol baik atau HDL yang dapat membersihkan LDL dari darah dalam tubuh. Baca Juga : 8 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kecantikan

Obat herbal penurun kolesterol berikut ini meliputi makanan-makanan sehat yang bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik tanpa efek samping. Karena biasanya LDL atau lemak jahat disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu, oleh sebab itu ganti konsumsi harian dengan makanan-makanan sehat berikut ini:

obat herbal penurun kolesterol

Alpukat
Buah alpukat biasanya dikhawatirkan karena mitos kandungan lemaknya. Padahal, lemak yang terkandung dalam buah alpukat adalah lemak baik yang menyehatkan, yakni lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Selain itu, kandungan betakaroten dan likopen dalam buah alpukat mampu menurunkan LDL atau kolesterol jahat. Lemak tak jenuh dalam alpukat berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat menjaga pembuluh darah dari kerusakan arteri akibat penumpukan kolesterol jahat. Selain menurunkan kolesterol, buah alpukat juga sangat bermenfaat bagi penderita penyakit jantung dan diabetes.

Kacang-kacangan
Kacang juga mengandung lemak yang tinggi, namun lemak tersebut adalah lemak baik yang mampu memperbaiki kadar kolesterol dalam darah dan menurunkan resiko hipertensi. Jenis kacang tanah, hazelnut, almond, walnut dan jenis kacang lainnya mampu menurunkan kolesterol jahat dan mengurangu resiko penyakit jantung, asalkan tidak menggunakan garam atau gula sehingga baik untuk obat herbal penurun kolesterol dalam darah. Baca Juga : Kacang Almond Cemilan Sehat 

Buah tomat
Kandungannya yang kaya akan vitamin C memberikan sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan. Tomat termasuk obat herbal penurun kolesterol yang paling ampuh, yang dibuktikan dengan hasil sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa tomat yang dimasak memiliki khasiat yang hampir sama dengan obat kimia yang berfungsi menurunkan kolesterol seperti statin atau obat gangguan jantung. Hebatnya, buah tomat tidak memiliki efek samping yang biasa ditimbulkan obat kimia seperti sakit pada oto, lemas ataupun kerusakan pada syaraf.

Kandungan likopen dalam tomatlah yang memberikan warna merah sebagai zat antioksidan yang juga berkhasiat mengurangi resiko penyakit stroke dan jantung. Kalium dan vitamin B dalam tomat juga mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Tomat justru dapat berfungsi dengan baik jika dimasak terlebih dahulu.

Anggur merah
Buah anggur yang segar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk menjadi penurun kolesterol yang efektif. Kandungan serat, flavonoid dan zat catechin dalam anggur memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga baik sebagai obat herbal penurun kolesterol jahat. Baca Juga : Manfaat Buah Anggur Untuk Lebih Cantik

obat herbal penurun kolesterol

Delima
Delima memang kurang familiar dalam daftar buah-buahan yang biasa dikonsumsi, sehingga beberapa orang masih mengkonsumsi delima dalam bentuk jus kemasan yang instan. Sebenarnya, lebih baik jika mengkonsumsi jus dari buah delima secara langsung. Sebuah penelitian mengatakan bahwa jus delima dapat membantu meningkatkan produksi oksida nitrat intuk mengurangi timbunan plak pada arteri. Kandungan antioksidan pada buah delima bahkan lebih banyak tiga kali lipat daripada buah anggur merah.

Apel
Makan buah apel adalah salah satu cara jitu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa makan apel 2 buah setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah hingga  40% lebih efektif daripada obat-obatan kimia. Selain itu, apel juga mengandung banyak beta glucan yang mampe mengontrol produksi dan penyerapan kolesterol dalam tubuh, sehingga menjadi paket yang ampuh sebagai obat herbal penurun kolesterol.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top