Merawat Kulit Sensitif Secara Alami

Merawat Kulit Sensitif Secara Alami

loading...
Kulit sensitif adalah kenis kulit yang nggak cukup bersahabat dengan terik matahari, parfum maupun kosmetik. Jika tiba-tiba kulitmu mudah gatal, terkelupas, bercak merah, iritasi atau bermasalah ketika terlalu lama berada dibawah sengatan matahari, tandanya kulitmu termasuk sensitif dan memerlukan perawatan yang khusus. Kulit berubah menjadi sensitif biasanya terjadi karena sistem imun tubuh yang berlebihan, sehingga sering menimbulkan reaksi pada kulit.
Perawatan kulit wajah sensitif memang diperlukan untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik, berikut ini tips dan ulasannya. Baca Juga : 4 Cara Lawan Flek dan Kulit Kusam

Tips menggunakan kosmetik
Saat menggunakan kosmetik, biasanya kulit sensitif memang sedikit rentan. Beberapa produk perawatan seperti pembersih maupun penyegar sebaiknya tidak mengandung alkohol, karena akan cukup reaktif dengan kulit sensitif. Selain itu, pilihlah produk yang hypoallergenic yang aman dan nggak bereaksi alergi. Sebagai alternatif lain, kamu bisa memilih produk berbahan lavender atau witch hazel. Selain itu, saat membersihkan makeup pakailah produk berbahan lembut (mild) dan tidak mengandung sabun (soap free).

Jika terkena iritasi
Saat kulitmu mengalami iritasi, gunakan air dan makeup remover wipes saat membersihkannya. Lebih baik gunakan makeup remover wipes berbentuk tisu daripada menggunakan waslap, karena waslap cukup keras untuk digunakan pada kulit sensitif. Pakailah air biasa, yakni bersuhu normal. Karena air dingin maupun hangat akibat suhu ekstrem bisa membuat iritasi kulit dengan cepat.
Sebagai pengobatan alami, gunakan lidah buaya untuk meredakan kulit yang iritasi karena terkena sengatan matahari.  Lidah buaya merupakan bahan efektif yang bisa mengatasi kulit sensitif, apalagi kulit yang memerah dan iritasi setelah terkena sengatan matahari. Oleskan daging lidah buaya pada kulit yang terkena iritasi.

Perawatan kulit wajah sensitif

Sedia Sun Protection saat bepergian
Penting untuk menjaga kulitmu yang sensitif ketika berada di luar ruangan, apalagi di bawah terik matahari. Pakailah tabir surya yang mengandung zinc atau titanium diokside yang bisa mencegah iritasi kulitmu akibat sengatan matahari. Baca Juga : 6 Gejala Kulit Yang Sensitif

Masker dari buah-buahan
Selain tips perawatan di atas, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan dengan menerapkannya secara mudah dan aman di rumah.

1. Buah kurma
Kurma tidak hanya berpahala saat dimakan untuk berbuka puasa. Buah manis ini bisa kamu gunakan sebagai perawatan kulit wajah sensitif dengan tambahan yoghurt. Kandungan vitamin B6 dan protein dalam kurma membantu mengatasi kulit sensitif dan membuatnya lebih halus bercahaya. Caranya, haluskan kurma menggunakan blender lalu tambahkan yoghurt yang dingin. Setelah siap, gunakan pada wajah dan diamkan beberapa saat. Jangan lupa bilas wajahmu setelah itu.

Perawatan kulit wajah sensitif

2. Mangga
Buah mangga nggak Cuma manis dan segar, tapi juga berkhasiat buat kulit sensitif. Saat musim mangga tiba, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat masker mangga di rumah. Caranya, haluskan mangga yang telah dikupas dan dipotong-potong, pastikan benar-benar halus. Jangan lupa campur dengan susu, madu dan oatmeal sebagai pelengkap. Sebelum mengoleskannya pada wajah, cuci terlebih dahulu wajahmu dengan air dingin, jangan lupa keringkan. Kemudian baru olesi wajah dengan masker tersebut dan diamkan beberapa menit sampai mengering. Kalau sudah selesai, bilas wajahmu dengan air dingin. Baca Juga : Cara Mengetahui Gejala Kulit Sensitif

3. Kuning telur
Campur kuning telur dengan yoghurt. Lebih bagus lagi jika tersedia madu di rumah, bisa kamu tambahkan sebagai pelengkap. Oleskan pada wajah dan tunggu selama 15 menit sampai 20 menit, kemudian bilas sampai bersih untuk perawatan kulit wajah sensitif.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top