Obat Herbal Pereda Nyeri Haid

Obat Herbal Pereda Nyeri Haid

Nyeri ketika datang bulan emang sering bikin keki. Apalagi, sakit di bagian bawah perut jadi kendala tersendiri untuk meneruskan aktivitas seperti biasa sehari-hari. Dismenorrhea atau nyeri haid yang ditandai dengan rasa sakit sampai pinggang dan paha biasanya diakibatban oleh kontraksi rahim. Meskipun dalam keadaan normal, nyeri yang biasa dirasakan ketika haid ini nggak berlangsung lama tetap saja membuat pekerjaan tertunda. Baca Juga : Tips Menjaga Kulit Saat Masa Menstruasi

Obat herbal nyeri haid

Obat herbal nyeri haid bisa menjadi solusi alternatif alami. Meski kebanyakan perempuan lebih memilih obat instan yang langsung meredakan rasa sakit, karena sakitnya pada perut yang memang menyiksa. Namun nggak ada salahnya menggunakan bahan alami yang bisa diracik sendiri. Berikut ini beberapa macam bahan alami yang bisa membantu mengobati nyeri haid normal.

Kunyit
Ketika nyeri haid datang, kamu bisa memanfaatkan kunyit yang dipercaya mampu meredakan nyeri haid. Kunyit memang mengandung zat anti peradangan yang mampu mengatasi nyeri, maka nggak heran kalau kunyit ini juga ada kemasan instan siap minum yang ditujukan untuk mengatasi nyeri haid. Di toko jamu, kunyit juga biasa disediakan dalam bentuk minuman.

Tapi kalau ingin lebih alami, kunyit secara langsung bisa dibuat sendiri dan digunakan untuk mengatasi dismenorrhea. Kunyit secukupnya diparut, lalu diperas airnya. Setelah itu tambahkan sedikit madu dan bisa langsung diminum.

Kunyit juga bisa dicampur dengan asam jawa, kencur dan juga jahe sebagai minuman pilihan selanjutnya. Kunyit, jahe dan kencur diparut dan diperas airnya. Setelah itu rebus dan tambahkan asam jawa serta gula merah. Kalau sudah mendidih, diamkan sampai cukup dingin lalu minum 2 kali sehari.

Bahan-bahan tersebut biasanya banyak terdapat di pasar tradisional, maka sebelum datang bulan kamu bisa menyempatkan membeli bahan-bahan tersebut untuk diracik di rumah sebagai obat herbal nyeri haid.

Teh chamomile
Pernah mendengar chamommile? Nama ini mungkin sedikit asing, namun juga cukup familiar. Chamomile sebagai tanaman yang kerap hidup di Eropa dan beberapa wilayah di Asia ini terbukti mampu mengatasi nyeri haid.

Efeknya cukup menenangkan dibandingkan dengan herbal lain yang biasanya membuat perut menjadi panas. Dengan meminum chamomile saat haid, nyeri yang biasa menyiksa perlahan akan reda dengan cara kerjanya yang menenangkan dan melepas ketegangan pada perut. Selain itu, chamomile juga punya manfaat lebih seperti khasiat yang bagus untuk kulit, karena kandungan zat antioksidannya. Baca Juga : Cara Pencegahan dan Mengobati gatel Pada Selangkangan
Obat herbal nyeri haid

Kompres air panas
Sakit yang begitu menyiksa kadang menyita waktu kita untuk melakukan hal-hal yang cukup berat, termasuk beli obat atau meracik bahan alami. Ketika tak ada pilihan lain dan sakit sudah cukup menyiksa, coba ambil botol minuman yang diisi air panas. Kemudian kompres perut dengan botol tersebut. Sembari mengompres, bisa juga dengan banyak minum air putih untuk meredakan sakitnya.
Itu tadi beberapa bahan alami untuk mengatasi nyeri haid atau dismenorrhea ketika datang bulan. Bahan-bahan tersebut bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit sehingga nyeri haid perlahan tak lagi menyiksa.

Namun, nyeri haid yang masih berlangsung dalam jangka panjang mungkin belum segera bisa diobati. Bisa saja nyeri haid tersebut akibat penyakit tertentu. Oleh karena itu sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapat pengobatan lebih lanjut. Karena dikhawatirkan terjadi masalah yang lebih serius. Demian artikel mengenai obat herbal nyeri haid kali ini, semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top