Tips Untuk Ibu Hamil - Agar Ibu dan Bayi Tetap Sehat

Tips Untuk Ibu Hamil - Agar Ibu dan Bayi Tetap Sehat

Hamil adalah momen yang berkesan bagi calon ibu yang mendambakan buah hati. Minggu-minggu awal pada masa kehamilan juga merupakan masa-masa yang cukup rawan dan sensitif, sehingga ibu hamil atau bumil perlu berhati-hati selama masa kehamilan, apalagi jika usia kandungan masih cukup muda. Jika tidak berhati-hati, janin dalam kandungan bisa gugur karena caon ibu kurang menjaga kehamilannya. Oleh karena itu ibu hamil muda perlu berhati-hati dalam menjaga sang buah hati dalam kandungannya. Artikel Lainnya : Tips Untuk Ibu hamil Muda

Tips ibu hamil muda yang efektif berikut ini dapat membantu ibu hamil dalam menjaga sang buah hati:
Tips ibu hamil muda


1. Ibu hamil perlu menghindari aktivitas berat
Ibu hamil muda cukup sensitif dengan aktivitas-aktivitas berat dan mudah mengalami kelelahan. Tekanan darah yang rendah juga kerap membuat ibu hamil muda pingsan. Sebaiknya, hindari berdiri terlalu lama dan juga duduk terlalu lama. Istirahatkan tubuh dengan baik serta jangan memaksakan diri untuk melakukan aktivitas berat. Meski ibu hamil memerlukan istirahat yang cukup, namun bukan berarti harus berdiam diri terlalu lama karena membuat badan justru menjadi tidak enak.

2. Ibu hamil sebaiknya menghindari rokok dan obat-obatan tertentu
Hindari rokok, alkohol serta zat-zat yang dapat membahayakan tubuh terutama saat kehamilan. Alkohol dan juga rokok mengandung zat berbahaya dan dapat mengakibatkan penyakit pada tubuh, apalagi pada ibu hamil. Alkohol maupun rokok bisa menghambat perkembangan janin, sehingga terjadi kemungkinan bayi yang lahir tidak sempurna. Selain itu alkohol dan rokok juga menimbulkan masalah lainnya.

3. Ibu hamil perlu menjaga asupan nutrisi dalam tubuh
Saat hamil, ibu perlu menjaga asupan nutrisi dalam tubuh dengan makanan 4 sehat 5 sempurna seperti sayuran, buah-buahan, protein (ayam, sapi, telurm tahu dan tempe), susu, serta karbohidrat yang terdapat pada nasi, roti, kentang maupun oatmeal. Perlu diperhatikan bahwa porsi sayur dan buah-buahan diutamakan agar lebih besar daripada porsi karbohidrat. Baca Juga : 4 Manfaat Coklat Untuk Ibu hamil dan Janin

Waktu yang dianjurkan untuk makan adalah 5 kali dalam sehari, dengan rincian: sarapan, makan siang, makan malam dan diselingi dengan makan camilan pada waktu di antara ketiganya.
Ibu hamil juga harus memenuhi cairan dalam tubuh, yakni dengan menjaga konsumsi air putih yang cukup sebanyak 8 gelas perhari. Selain air putih, cairan tubuh juga didapat dari susu atau jus buah.
Tips ibu hamil muda lainnya ialah menghindari mayones karena mengandung telur mentah, telur yang kurang matang, daging yang kurang matang dan seafood dengan kandungan merkuri yang tinggi . Batasi konsumsi kafein dalam kopi, alangkah lebih baik jika menghindarinya selama kehamilan.

Tips ibu hamil muda


4. Ibu hamil dianjurkan mengelola emosi dengan baik
Pada masa kehamilan yang masih muda, ibu hamil cenderung memiliki emosi yang mudah naik turun. Hal ini disebabkan oleh pengaruh hormon yang tidak seimbang saat masa kehamilan. Pengelolaan emosi yang baik perlu dilakukan untuk mengindari masalah lain saat kehamilan, salah satunya hipertensi. Pandai-pandailah mencari cara untuk menenangkan diri sebelum kehamilan untuk dapat menjaga emosi dengan baik saat masa kehamilan.

5. Ibu hamil tetap harus berkonsultasi dengan dokter
Jangan lupa untuk tetap berkonsultasi pada doket kandungan atau bidan. Perubahan normal dan abnormal saat kehamilan kadang cukup sulit dibedakan. Segera konsultasi dengan dokter saat terjadi masalah pada tubuh Anda. Demikian artikel mengenai tips ibu hamil muda yang efektif. Semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top