Tips Ibu Hamil Muda yang Efektif

Tips Ibu Hamil Muda yang Efektif

loading...
Minggu-minggu awal pada ibu hamil sebenarnya merupakan masa-masa yang cukup rawan. Jika ibu hamil tidak berhati-hati bisa menimbulkan keguguran pada janin. Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan secara efektif. Berikut ini tips ibu hamil muda yang bisa anda ikuti.

Tips Ibu Hamil

1. Hindari aktivitas berat
Pada awal kehamilan biasanya bumil (ibu hamil) mudah kelelahan bahkan ada sebagian yang pingsan disebabkan oleh tekanan darah rendah. Saat hamil, jangan paksakan diri melakukan hal atau kegiatan yang cukup berat, misalnya berdiri atau duduk terlalu lama. Kerja berat juga berarti mengambil lebih waktu anda dalam melakukan aktivitas. Istirahatkan diri anda dengan cukup dan tetap melakukan aktivitas lain yang ringan dalam tempo waktu yang tidak terlalu lama sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga.

2. Perhatikan makanan anda
Bumil sangat perlu memperhatikan makanan serta asupan nutrisi dalam tubuhnya, meski saat-saat awal kehamilan biasanya bumil merasa sangat mual sampai nafsu makannya hilang. Makanlah dua kali yang lebih bergizi, bukan dua kali lebih banyak, terutama makanan 4 sehat 5 sempurna. Baca : 10 Makanan Penting Bagi Ibu Hamil Trimester Pertama

3. Atasi rasa mual dengan tips ibu hamil muda ini
Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa mual salah satunya adalah ketika bangun tidur, cobalah bangun secara perlahan. Makan crackers, roti bakar atau roti kering yang bisa mengatasi rasa mual. Saat makan, cobalah makan dalam porsi kecil namun sering. Hindari makanan berbau tajam yang akan memicu rasa mual. Jika masih mengalami mual, coba hindari minum jus asam, susu, kopi maupun teh. Mengunyah permen karet juga dapat mengurangi rasa mual.

4. Zat-zat dan makanan ini penting dihindari
Hindari kafein, alkohol, rokok, keju puti, mayones, makanan yang kurang atau belum matang, seafood dengan kandungan merkuri tinggi serta mayones. Mengapa mayones perlu dihindari? Sebab mayones mengandung telur mentah, dan makanan-makanan mentah lainnya seperti sushi, daging atau telur mentah bisa berakibat buruk  bagi ibu dan janin.

Rokok dan alkohol sangat membahayakan ibu hamil karena bisa menghambat perkembangan janin, bahkan mengakibatkan cacat saat bayi lahir. Kafein juga sebaiknya dihindari karena dapat mempengaruhi zat besi dalam darah dan menambah sakit anemia yang biasa menghinggapi ibu hamil. Konon, keju putih juga bisa mengakibatkan keguguran janin secara spontan.

Tips Ibu Hamil

5. Kelola emosi
Saat hamil muda biasanya kondisi mood ibu hamil naik turun alias tidak stabil. Ini disebabkan karena kondisi hormon yang juga tidak stabil oleh kehamilan. Hal ini perlu diperhatikan, karena jika ibu hamil stress, ia akan bisa membahayakan janin. Kelola emosi anda dengan baik, usahakan selalu rileks dan jangan gegabah ketika mendapati suatu hal yang mengganjal di hati anda. Utamakan yang terbaik bagi janin anda dan dekatkan hati pada Sang Pencipta untuk mendapatkan ketenangan yang sebenarnya. Baca : 4 Manfaat Manggis Untuk Ibu Hamil

6. Konsultasi dengan Dokter
Berkonsultasilah dengan dokter kandungan atau bidan jika mengalami permasalahan yang tak biasa, seperti adanya pendarahan pada vagina, mual muntah yang berlebihan, demam tinggi maupun keputihan.
Selamat menjaga sang jabang bayi, semoga tips ibu hamil muda ini bermanfaat.

Incoming Search Terms


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top