3 Obat Herbal Nyeri Sendi Bahan Alami Efektif

3 Obat Herbal Nyeri Sendi Bahan Alami Efektif

loading...
3 Obat Herbal Nyeri Sendi Bahan Alami Efektif - Nyeri sendi atau penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kelebihan konsumsi makanan tertentu. Asam urat yang mengakibatkan rasa sakit pada persendian disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi zat purin. Purin ini biasanya berasal dari hewan, bahkan tak jarang dari sayur dan buah.

obat herbal nyeri sendi
obat herbal nyeri sendi 

Pada umumnya purin dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran, akan tetapi apabila metabolisme tubuh terganggu, ginjal tak mampu mengeluarkannya sehingga menyebabkan penumpukan zat purin yang mengakibatkan kadar asam urat berlebih. Pada akhirnya, terbentuk kriastal asam urat pada persendian dan mengakibatkannya nyeri.

Gejala awal yang terasa biasanya berupa kesemutan dan linu yang kerap dirasakan di pagi atau malam hari, kemudian tak lama disusul dengan warna kemerahan pada bagian tubuh yang terasa sakit. Maka sudah seharusnya penderita asam urat memperhatikan makanan yang dikonsumsi agar tidak menyebabkan kandungan purin berlebih dalam asupan makanannnya. Oleh karenanya, mengobati nyeri sendi dengan obat herbal nyeri sendi merupakan cara alami yang lebih aman dan minim efek samping. Apalagi sekarang ini, pengobatan secara alami memang banyak dilirik meskipun memakan waktu yang cukup lama. Sebab selain alami, obat herbal juga mudah ditemui dan diracik sendiri.

Selain mengurangi konsumsi makanan berpotensi zat purin seperti jeroan, makanan berlemak, gorengan, bersantan atau makanan tinggi protein, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi nyeri sendi atau penyakit asam urat.

Berikut obat herbal nyeri sendi yang dapat Anda terapkan :


Tanaman jahe

Salah satu obat tradisional ini memang kerap diandalkan untuk mengatasi penyakit tertentu secara alami, termasuk penyakit nyeri sendi atau asam urat. Sebagai pengobatan osteoarthritis atau radang sendi, jahe berperan melancarkan sirkulasi darah serta memiliki kemamouan anti-peradangan yang dapat menghilangkan zat-zat kimia inflamasi. Jahe dapat dikonsumsi dengan berbagai variasi untuk mengatasi nyeri sendi, seperti diseduh menggunakan tanaman aslinya, dicampur dengan teh atau dijadikan obat luar.

Buah ceri

Meski kelihatannya buah ceri tidaklah identik dengan herbal atau tradisional, akan tetapi buah ceri telah banyak dikenal sebagai obat herbal nyeri sendi. Magnesium yang terkandung di dalam buah ceri inilah yang mampu membunuh rasa sakit secara alami Tidak hanya sebagai pain killer, buah ceri juga mengandung kalium, antioksidan pphenolic dan anthocyanin tinggi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi. Buah ceri dapat dikonsumsi dengan langsung dimakan sebanyak 10 hingga 15 buah setiap hari untuk mengatasi nyeri sendi.

Cuka apel

Cuka apel memiliki kandungan berupa magnesium, kalsium, kalium serta fosfor yang ampuh untuk mengatasi radang nyeri sendi. Sehingga dengan demikian, cuka apel mampu mengurangi kaku pada sendi dan nyeri yang diakibatkannya. Cuka apel juga mengandung antioksidan yang baik untuk menjaga sel dan jaringan dalam tubuh dari dampak buruknya radikal bebas. Selain itu, kandungan lainnya berupa pektin, asetat serta asam malat dapat menyerap dan mereduksi tumpukan racun yang menumpuk pada pesendian. Untuk mengobati nyeri sendi secara alami, minum sesendok cuka apel bersama sesendok teh madu yang dicampur dengan segelas air hangat. Minum sebanyak dua kali dalam sehari.


obat herbal nyeri sendi
obat herbal nyeri sendi 

Nah, itu tadi beberapa bahan alami yang dapat Anda terapkan sebagai pengobatan alami yang minim efek samping. Semoga bermanfaat, sekian artikel mengenai obat herbal nyeri sendi.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top