Cara Mengatasi Rambut Rontok dari Penyebabnya

Cara Mengatasi Rambut Rontok dari Penyebabnya

loading...
Cara mengatasi rambut rontok – Kebanyakan orang secara sadar atau tidak, pernah mengalami kerontokan rambut. Rambut memiliki siklus tumbuh yang sama dengan siklus regenerasi kulit. Bila ada yang lepas, maka ada yang kembali tumbuh. Maka sebelum mengetahui cara mengatasi rambut rontok, terlebih dahulu kita mengetahui seluk beluk rambut rontok yang selama ini banyak dialami sebagian orang.
Baca Juga : 7 cara merawat rambut kering secara alami

Cara-mengatasi-rambut-rontok
Cara mengatasi rambut rontok


Terdapat fase-fase dalam pertumbuhan rambut, antara lain:

  1. Fase Anagen, dimana kondisi fase pertumbuhan rambut selama 2 hingga 8 tahun,
  2. Fase Katagen, dimana merupakan masa berhentinya pertumbuhan rambut, dan
  3. Fase Talagen, yakni fase pelepasan rambut.
Rambut rontok kerap terjadi pada mereka yang sering melakukan hair styling atau gonta ganti model rambut dengan menggunakan bahan-bahan kimia, maka cara mengatasi rambut rontok perlu menggunakan treatment alami. Umumnya, rambut rontok biasa disebabkan karena ketombe atau peradangan pada kulit kepala. Rambut rontok identik dengan penyakit, sebab rambut rontok juga kerap terjadi pada penderita penyakit berat yang mengharuskan untuk melakukan kemoterapi. Namun rambut rontok juga kerap disebabkan oleh diet yang berlebihan dan kurang nutrisi. Konsumsi obat-obatan dalam frekuensi yang sering juga bisa menjadi penyebabnya. Meskipun penyebabnya berbeda-beda, namun cara mengatasi rambut rontok bisa menggunakan bahan alami.

Rambut rontok apabila tidak terlalu banyak, sebenarnya tidak masalah. Akan tetapi bila rontoknya rambut sudah cukup banyak atau melebihi batas, maka hal itu sudah termasuk kerontokan rambut yang perlu diatasi. Batas tersebut bisa dilihat dari helaian rambut yang lepas setiap hari dari kepala. Setiap harinya, rambut bisa mengalami rontok dan cukup normal. Namun apabila melebihi 120 helai rambut yang rontok, maka lebih dari normal dan diperlukan cara mengatasi rambut rontok dengan metode dan bahan alami.

Seperti yang telah kita singgung tadi, rambut rontok juga dipengaruhi oleh kemoterapi bagi yang memiliki penyakit berat. Di samping itu, rambut yang rontok melebihi normal bisa saja merupakan gejala kondisi penyakit berbahaya seperti lupus. Sebab pada penyakit lupus, penderitanya akan mengalami kerontokan rambut sekitar 20% sampai 80%.

Mengatasi rambut rontok secara alami dengan air kelapa


Bagi Anda yang kerap mengalami kerontokan rambut karena sering melakukan hair styling, ketombe maupun lainnya, air kelapa bisa digunakan sebagai cara mengatasi rambut rontok yang alami dan cukup efektif diterapkan sendiri.

Berikut cara mengatasi rambut rontok yang alami dengan air kelapa :


  1. Kupas bagian atas kelapa yang utuh, lalu lubangi dan tetap simpan sisa kupasan tadi apabila sewaktu-waktu digunakan untuk menutup lagi
  2. Siapkan garam sebanyak 2 sdt dan masukkan ke dalam air kelapa. Aduk hingga merata lalu tutup lagi lubang atas kelapa
  3. Letakkan kelapa di luar rumah, tepatnya di tempat terbuka. Hal ini bertujuan untuk mengembunkannya selama semalam sebagai cara mengatasi rambut rontok.
  4. Keesokan harinya, tuang air kelapa yang telah didiamkan semalaman dalam sebuah wadah
  5. Celupkan kapas, lalu tempelkan pada kulit kepala
  6. Lilitkan kepala Anda dengan handuk hangat dan tutup dengan rapat, agar proses penyerapan bisa optimal
  7. Setelah mendiamkannya beberapa saat, cuci rambut atau keramaslah seperti biasa.

Cara-Mengatasi-Rambut-Rontok
Cara mengatasi rambut rontok


Itu tadi cara mengatasi rambut rontok menggunakan air kelapa. Apabila dalam seminggu rambut rontok masih saja ada, maka Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter karena bisa jadi kerontokan rambut disebabkan oleh hal yang lebih serius. Semoga bermanfaat cara mengatasi rambut rontok.

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top