3 Obat Herbal Rematik yang Terbukti Ampuh

3 Obat Herbal Rematik yang Terbukti Ampuh

3 Obat Herbal Rematik - Tak hanya pada orang tua, rematik kini banyak menimpa kaum muda. Rematik merupakan salah satu wujud penyakit asam urat yang mungkin memang tidak mematikan seperti kanker, namun tentu saja kambuhnya penyakit ini menimbulkan nyeri yang teramat sangat sehingga cukup mengganggu. Nyeri rematik cukuplah beragam penyebab dan pengobatannya. Mulai dari pengobatan instan, hingga pengobatan alami dengan tanaman tradisional atau obat herbal rematik. Diantara penyebab rematik berupa pola hidup yang kurang sehat, yaitu penumpukan asam laktat akibat kurang tidur, penggunaan sendi berlebih sehingga terjadi peradangan kelebihan asam urat pada jaringan maupun persendian akibat salah makan, hingga aktivitas fisik berupa sering naik-turun tangga atau jongkok-berdiri.

Obat Herbal Rematik
Singkong Obat Herbal Rematik

Meski rematik belum bisa disembuhkan total, namun beberapa obat herbal rematik dapat mengurangi rasa nyeri dan mengatasi berbagai masalah seputar rematik lainnya. Di samping itu rematik dapat diobati menggunakan obat-obatan kimia yang bisa bekerja secara langsung. Akan tetapi sebagian obat kerap kali menimbulkan efek samping, bahkan beberapa rematik tertentu membutuhkan operasi atau fisioterapi. Sehingga tanaman obat lebih diyakini mengatasi rematik secara alami. Diantara tanaman yang paling terkenal ampuh ialah singkong, jahe, bandotan, brotowali, meniran, sidaguri, sambiloto dan sebagainya. Namun pada pembahasan kali ini hanya beberapa yang akan dikupas pembahasannya.

Berikut obat herbal rematik yang efektif bekerja secara alami mengatasinya:


Singkong
Cukup mudah ditemukan terutama di kampung maupun pedesaan, singkong  ternyata merupakan obat herbal rematik yang telah teruji dan dipercaya ampuh. Efek farmakologis dari tanaman rakyat ini ialah sebagai antitumor, antikanker, antioksidan serta penambah nafsu makan. Untuk mengobati rematik, Anda bisa menggunakan daun dan umbinya. Pada pengobatan luar, siapkan 5 lembar daun singkong, 15 gram jahe merah serta kapur sirih secukupnya. Haluskan ketiganya, lalu tambahkan air sedikit. Ramuan tersebut campur lalu oleskan pada bagian tubuh yang sakit.

Sedangkan untuk obat herbal rematik luar, tetap gunakan campuran jahe yang manfaatnya bisa Anda baca di poin selanjutnya. 2 batang singkong besar, sebatang sereh dan 15 gram jahe direbus dalam 5 gelas air. Tunggu sampau mendidih dan tersisa 2 gelas, kemudian saring dan minum airnya pada pagi dan sore hari.

Jahe
Efeknya yang hangat membuat jahe menjadi tanaman tradisional yang banyak digunakan untuk mengobati beberapa penyakit, termasuk nyeri rematik. Rimpang jahe mengandung minyak asiri dan gingerol yang terbukti memiliki sifat antiinflamasi dan analgetik, salah satunya sebagai obat herbal rematik yang juga mampu meningkatkan daya imun tubuh. Dari sebuah penelitian, jahe mempunyai anxiolytic effect yang bisa menghilangkan kecemasan atau sebagai zat penenang. Di sisi lain, jahe sebenarnya tidak dianjurkaan bagi pemilik gangguan lambung sebab dapat mengakibatkan iritasi. Pengolahan jahe menjadi obat herbal rematik dari luar maupun dalam telah disebutkan dengan campuran singkong di atas.

Brotowali
Memiliki rasa khas yang teramat pahit, brotowali merupakan salah satu tanaman yang mampu meredakan nyeri sendi rematik. Batang brotowali memiliki kemampuan antiinflamasi yang mampu melawan peradangan, sehingga dapat digunakan sebagai obat herbal rematik. Kandungan zat berberin dalam brotowali juga bersifat antibakteri. Pada sebuah percobaan hewan, batang brotowali bahkan diketahui memiliki sifat analgetik meski belum terungkap mekanismenya. Untuk mengolah brotowali sebagai obat herbal rematik dari luar, caranya cuci bersih batang brotowali lalu haluskan dan oleskan pada bagian yang terkena nyeri atau rematik.

Obat Herbal Rematik
Brotowali Obat Herbal Rematik

Demikian informasi seputar tanaman obat untuk mengatasi rematik. Semoga bermanfaat dengan obat herbal rematik.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top