Manfaat Asparagus bagi Kesehatan

Manfaat Asparagus bagi Kesehatan

loading...
Manfaat Asparagus bagi Kesehatan
Pernahkah Anda mendear nama asparagus? Ya benar, asparagus adalah sayuran yang memiliki setidaknya tiga varietas, yaitu yang berwarna ungu, hijau, dan putih. Menurut penelitian, asparagus mengandung vitamin yang terbilang lengkap mulai dari A, B1, B2, B3, B6, C, E, hingga K. Selain itu, sayuran ini juga diperkaya oleh berbagai macam mineral, seperti kalsium, asam folat, kalium, magnesium, seng, asam amino, fosfor, dan masih banyak lagi. Tak ayal membuat tanaman ini memiliki banyak sekali khasiat. Di antaranya bisa Anda ketahui pada daftar manfaat asparagus bagi kesehatan berikut ini.

1.Membantu organ pencernaan
Asparagus mengandung serat dan sifat pencahar yang dapat membantu proses jalannya makanan pada usus. Asparagus juga dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan secara keseluruhan. Hal tersebut membuat permasalahan pencernaan, seperti sembelit dan kembung dapat diatasi dengan baik. Selain itu, asparagus juga mengandung inulin, yaitu senyawa prebiotik yang tidak dipecah maupun dicerna sebelum mencapai usus besar.

2.Mencegah kanker
Kandungan antioksidan pada sayuran ini juga dapat membantu memecah karsinogen serta senyawa berbahaya lainnya, semisal radikal bebas. Hal tersebut membuat asparagus dapat mengurangi risiko berbagai jenis kanker, mulai dari kanker payudara, usus besar, paru-paru, laring, hingga tulang. Selain itu juga, asparagus kaya akan glutathione, yaitu senyawa detoksifikasi yang dapat membantu menghancurkan karsinogen. Dalam sebuah studi lainnya disebutkan bahwa asparagus dapat mempromosikan homeostasis sel normal.

3.Meningkatkan kesehatan jantung
Selain untuk kanker, antioksidan pada asparagus juga diteliti memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat bermanfaat bagi jantung. Asparagus juga kaya akan vitamin B yang dapat menjaga kadar homosisten tetap sehat, sehingga dapat membantu mencegah gangguan jantung yang serius. Menurut studi tahun 2005 yang diterbitkan oleh Circulation, disebutkan bila tingginya kadar homosisten dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit arteri dan gumpalan darah koroner di arteri serta vena.

4.Menjaga kesehatan tulang
Seperti disebutkan di awal, asparagus mengandung vitamin K. Itu berarti sayuran hijau ini dapat membantu menjaga kepadatan tulang. Bahkan, asparagus juga diteliti bisa memperbaiki kerusakan akibat aus pada sendi dan tulang. Sejalan dengan itu menjadikan asparagus obat herbal yang cocok untuk mengatasi berbagai masalah tulang, seperti osteoarthritis dan osteoporosis. Vitamin K pada asparagus juga dikaitkan dengan modulasi metabolisme tulang, keseimbangan kalsium, serta berkurangnya risiko patah tulang.

5.Mengatur tingkat gula darah
Gula darah yang tinggi adalah salah satu awal mula munculnya berbagai macam penyakit dan di sini manfaat asparagus bagi kesehatan selanjutnya adalah sebagai salah satu bahan makanan yang dapat menjaga kadar gula darah tetap dalam kontrol, sehingga masalah yang menyertainya, semisal diabetes dapat dikelola dengan baik. Asparagus juga mengandung vitamin B yang dapat meningkatkan produksi insulin, sehingga proses penyerapan glukosa akan lebih tinggi.

Itulah beberapa manfaat asparagus bagi kesehatan yang dapat anda ketahui, sebenarnya masih banyak manfaat lainnya. Semoga artikel kami dapat menambah pengetahuan anda.

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top