Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan

Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan

Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan
Di berbagai negara, Ceri banyak digunakan sebagai buah pencuci mulut setelah makan. Rasa yang lezat dan mudah dikunyah membuat ceri disukai oleh semua kalangan. Lebih dari itu, tahukah Anda bahwa buah ini kaya akan nutrisi, mulai dari vitamin A dan C, hingga berbagai macam mineral, seperti kalium, protein, fosfor, zinc, zat besi, magnesium, dan kalium. Hal tersebut membuatnya cocok dijadikan makanan kesehatan. Agar lebih membuat Anda percaya, tidak ada salahnya Anda mengetahui beberapa manfaat buah ceri untuk kesehatan lebih detail di bawah ini.

1. Meningkatkan kualitas tidur
Kandungan melatonin pada buah ceri ternyata merupakan hormon yang dapat membantu mengatur siklus bangun dan tidurnya tubuh. Salah satu manfaatnya adalah dapat membuat Anda merasa mengantuk. Senyawa tersebut juga dipercaya bisa meningkatkan eksogen di dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan kualitas serta durasi tidur. Melatonin juga dikaitkan dengan kemampuannya membantu mengatasi jet lag.

2. Mengurangi lemak pada perut
Lemak yang paling sulit untuk disingkirkan ada di perut. Di sini, buah ceri dipercaya bisa membantu menyingkirkan lemak tersebut. Konsentrasi senyawa antioksidan yang tinggi pada ceri yaitu senyawa anthocyanin membuatnya dapat membantu mengatur gen yang terlibat dalam metabolisme glukosa dan lemak. Ceri juga memiliki senyawa serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Metabolisme tubuh juga meningkat karena ceri diperkaya oleh vitamin B6, thiamin, dan riboflovin.

3. Mendukung kesehatan jantung
Bagi Anda yang bermasalah pada kardiovaskular, maka ceri adalah cemilan yang cocok untuk sehari-hari. Antioksidan yang tinggi pada ceri sangat bermanfaat bagi jantung. Antioksidan bernama anthocyanin yang ada di buah ceri sudah dielaskan sebelumnya dapat membantu mengantur gen yang terlibat dalam proses pengolahan lemak dan glukosa. Hal ini membuat jantung dapat berfungsi lebih sehat. Ceri juga mengandung senyawa kalium yang tinggi, sehingga dapat membantu mengatur detak jantung serta mengurangi risiko hipertensi.

4. Meningkatkan daya ingat
Manfaat buah ceri untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk meningkakan fungsi memori atau daya ingat. Antioksidan pada buah ceri yang berperan dalam hal ini, karena antioksidan dapat berfungsi untuk meningkatkan memori, bahkan juga fungsi kognitif. Antioksidan dapat melindungi otak dari radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kesehatan jaringan.

5. Memperlambat proses penuaan
Antioksidan pada buah ceri seperti disebutkan sebelumnya merupakan senjata melawan radikal bebas, sedangkan kita ketahui bersama bahwa penuaan diakibatkan salah satunya oleh radikal bebal. Karena radikal bebas, elektron pada sel menghilang, sehingga membuat sel-sel yang sehat menjadi lemas, walhasil tanda-tanda penuaan muncul. Setidaknya konsumsi segelas jus ceri setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain manfaat buah ceri untuk kesehatan di atas, masih ada banyak lagi khasiat dari buah tersebut yang benar-benar penting bagi tubuh kita. Mulai dari menurunkan gula darah, mengobati asam urat, hingga mengurangi nyeri otot. Jadi, tidak salah bila ceri menjadi salah satu buah sehari-hari di rumah Anda.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top