7 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Merawatnya

7 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Merawatnya


Penyebab Rambut Rontok – Kerontokan rambut pada wanita dan pria biasanya menjadi penyebab stress. Apa yang anda rasakan ketikm Melihat rambut yang biasa menghiasi kepala satu per satu rontok dan jatuh ke tanah? Kebanyakan orang akan menghindar menyisir rambut yang menjadi langkah tidak cerdas karena akan kerontokan lebih parah. Menyisir rambut memperlancar peredaran darah di area kepala. Jadi apa iya membiarkan rambut khusus dan gimbal karena takut melihatnya rontok?
Penyebab rambut rontok bisa bervariasi tergantung siapa yang mengalami. Misal saja ibu hamil. Ibu hamil mengalami rambut rontok akibat perubahan fisik karena adanya bayi yang dikandung. Selain itu perubahan hormon juga menjadi penyumbang terbesar rambut rontok. Bagi penderita diabetes juga mengalami rambut rontok. untuk mengetahui apa saja penyebab rambut rontok simak penjelasan berikut ini:

Penyebab Rambut Rontok parah

Penyebab Rambut Rontok


1. Mengindap Panyakit Tertentu
Rambut rontok bisa diakibatkan karena mengindap penyakit tertentu, misalnya kanker. Penderita kanker mengalami kerontokan rambut parah bahkan sampai botak dan rambut tidak akan tumbuh sebelum sel sel kanker dilumpuhkan. Penderita penyakit lupus juga mengalami kerontokan rambut. Lupus adalah penyakit dinama imun tubuh menyerang darah sehat. Kelainan imun ini sulit terdeteksi dan seperti kanker lupus belum ditemukan obatnya. Penderita penyakit diabetes juga mengalami kerontokan rambut.
2. Infeksi Pada Kulit Kepala
Rambut rontok juga bisa disebabkan karena infeksi pada kulit kepala, seperti kurap, borok dan infeksi jamur lainnya. Untuk rambut rontok yang disebabkan oleh infeksi jamur ini bisa diobati dengan terapi obat untuk membunuh jamur. Jamur harus diatasi dengan benar sehingga bisa hilang permanen bila tidak akan jamur akan kembali menginfeksi kepala. Rambut akan tetap rontok bila jamur kembali.
3. Menggunakan Banyak Bahan Kimia
Perawatan rambut yang banyak mengandung bahan kimia membuat kerontokan rambut karena paparan xat zat kimia. Perawatan rambut seperti pelurusan, keriting rambut dan pewarnaan menggunakan bahan bahan kimia kuat. Jika rambut terlalu sering diubah stylenya akan mengakibatkan rambut rontok. Sebaiknya kurangi melakukan perawatan rambut yang disebutkan di atas untuk mencegah dampak buruk lebih lama.
4. Hamil
Rambut rontok bisa disebabkan karena hamil. Saat hamil hormon mengalami perubahan. Ibu hamil juga kerap stress karena perubahan hormon dan fisik yang terjadi. Kondisi inilah yang mengakibatkan rambut rontok pada ibu hamil. Kerontokan akan terus terjadi selama kehamilan berlangsung dan berhenti sendiri setelah melahirkan. Jadi tenanglah bila rambut mengalami kerontokan saat hamil karena kondisi ini akan pulih sendiri.
5. Akibat Radikal Bebas di Udara
Rambut rontok bisa diakibatkan karena radikal bebas yang ada di udara. Radikal bebas menyebabkan penuaan dini, kanker, timbulnya keriput, timbulnya bintik bintik hitam pada wajah dan rambut rontok. Radikal bebas bisa diperoleh dari zat zat beracun yang terdapat di dalam asap dan polusi yang ada di udara. Radikal bebas mempengaruhi imunitas tubuh sehingga lebih mudah terserang penyakit.
6. Mengikat Rambut Dengan Kuat
Kebiasaan mengikat rambut dengan kuat menggunakan karet menyebabkan kerontokan rambut. Akar rambut akan tertarik saat mengikat rambut dengan kuat sehingga membuatnya tegang selama beberapa waktu. Saat ikatan dibuka maka keadaan tidak bisa kembali seperti semula. Kondisi inilah yang menyebabkan kerontokan rambut. Sebaiknya gunakan gelang rambut yang lembut dan jika suka uraikan saja rambut sehingga akar rambut bisa bebas.
7. Mengalami Stress
Stress bisa mengakibatkan kerontokan rambut. Kondisi yang tertekan ini menyebabkan hormon dalam tubuh naik turun tidak stabil. Rambut rontok hanyalah salah satu akibat dari stress.
Mengalami masalah rambut rontok memerlukan kesabaran dalam merawat sampai rambut kuat kembali. Perawatan rambut untuk mengatasi kerontokan rambut yang lebih cepat bisa dilakukan di salon salon perawatan rambut. Misalnya saja dengan rutin mencuci rambut paling tidak seminggu tiga kali sehingga kulit kepala bersih dari sisa sisa sel kulit mati dan kotoran yang menempel. Berikut ini adalah cara merawat rambut rontok yang bisa dipraktekkan.

Penyebab Rambut Rontok beruban


Cara Merawat Rambut Rontok



1. Keramas menggunakan air dingin bisa mengurangi rambut rontok. Air dingin bisa mempertahankan kelembaban pada kulit kepala sehingga tidak kering. Kulit kepala yang kering bisa berakibat pada rasa gatal dan penumpukan sel sel kulit mati yang mengakibatkan ketombe.
2. Mencuci rambut dua hari sekali dengan menggunakan shampo dan konditioner. Rajin mencuci rambut akan membersihkan kulit kepala dan rambut dari kotoran yang menempel, radikal bebas dan sel sel kulit mati yang berada di kulit kepala. Konditioner melembutkan rambut sehingga lebih mudah ditata.
3. Lakukan creambath sebulan sekali untuk menutrisi rambut dan mengurangi kerontokan rambut. Creambath memperlancar peredaran darah di kepala sehingga rambut bisa tumbuh dan menyerap nutrisi yang ada.
4. Lakukan masker rambut seminggu sekali. Masker rambut bisa dibuat dari bahan bahan alami, seperti minyak zaitun, santan, lidah buaya, air perasan lemon dan masih banyak lagi. Bahan bahan alami menutrisi rambut lebih baik. Gunakan handuk hangat untuk membungkus rambut setelah membalurkan masker ke rambut.
5. Potong rambut dnegan teratur. Rajin memotong rambut bisa membuat rambut tumbuh lebih cepat. Jangan terlalu panjang memelihara rambut karena akar akar rambut panjang lebih rapuh.
Bahasan penyebab rambut rontok dan cara merawat rambut rontok di atas semoga bermanfaat untuk kita semua, terima kasih sudah bersedia mengunjungi blog kami perawatkulit.blogspot.com


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top